Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Dan Cara Mengurangi Uban Di Usia Muda

Penyebab Dan Cara Mengurangi Uban Di Usia Muda - Uban merupakan rambut putih yang biasa tumbuh pada orang yang telah memiliki usia lanjut. Namun sekarang ini uban tidak hanya muncul pada orang yang sudah berusia lanjut saja, bahkan anak muda atau anak remaja saja sudah banyak yang memiliki uban. Tentu hal ini akan sangat mengganggu penampilan.

Selain karena faktor usia yang telah lanjut, kemunculan uban juga bisa disebabkan oleh faktor lain. Dan hal inilah yang memjadikan anak muda banyak yang sudah beruban, hal ini semakin diperparah dengan gaya hidup anak muda jaman sekarang yang jauh dari kesan sehat.

Nah sahabat, berbicara tentang masalah munculnya uban diusia muda. Kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai penyebab munculnya uban diusia muda. Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya uban diusia muda.
Penyebab Muncul Uban Di Usia Muda Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Muncul Uban Di Usia Muda Dan Cara Mengatasinya

Penyebab muncul uban diusia muda

1. Stress

Kenapa banyak anak muda sekarang memiliki rambut putih atau beruban, salah satu penyebab utamanya yaitu karena stres. Berbeda dengan pemuda jaman dulu, anak muda jaman sekarang memiliki banyak tekanan seperti pelajaran kuliah, pekerjaan, kebutuhan, ekonomi, sulitnya mencari pekerjaan dan lain sebagainya. Stres tersebut akan menyebabkan macetnya produksi melanin yang merupakan pigmen alami pewarna rambut. Melanin tersebut dihasilkan oleh sel melanosit, dan jika melanin ini terganggu akan menyebabkan rambut berubah warna menjadi putih atau beruban.
Baca juga : Dampak buruk stres bagi kesehatan dan kecantikan

2. Faktor keturunan

Faktor keturunan atau genetik juga sangat berpengaruh sekali terhadap munculnya uban diusia muda. Rambut putih yang tumbuh tersimpan kromosom yang diwariskan oleh orang tua kepada anaknya. Ini artinya jika orang tua memiliki rambut putih atau uban, besar kemungkinan hal itu akan diturunkan kepada anaknya.

3. Gizi buruk

Kurangnya gizi dan nutrisi untuk rambut juga dapat membuat rambut menjadi putih atau beruban. Asupan gizi yang tak seimbang sangat berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan rambut. Tidak hanya rambut saja, gizi buruk juga akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan demikian, kita juga harus memperhatikan asupan gizi yang masuk kedalam tubuh kita.

4. Makanan

Selain karena asupan gizi yang tak seimbang, ada juga beberapa makanan yang dapat mempercepat tumbuhnya uban atau rambut putih. Makanan tersebut selain tak baik untuk kesehatan dan kecantikan rambut, juga tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama sistem penceraan. Beberapa makanan tersebut diantaranya adalah makanan olahan, daging olahan, junk food, garam, gula, minuman bersoda, keju dan lain sebagainya. Baiknya mulai dari sekarang untuk menghindari beberapa makanan tersebut untuk menjaga kecantikan rambut dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga : Bahaya junk food bagi kesehatan

5. Sering mewarnai rambut

Mewarnai rambut memang akan membuat rambut terlihat menjadi lebih cantik. Namun dibalik kecantikan rambut diwarnai tersebut justru membuat rambut menjadi rusak. Pewarna rambut mengandung bahan kimia yang tentu tak baik untuk rambut. Bahan kimia tersebut akan merusak melanin rambut. Sering mewarnai rambut akan membuat rambut menjadi rusak seperti rambut rontok, bercabang hingga muncul uban.
Baca juga : Cara aman menghilangkan cat rambut

6. Gaya hidup

Gaya hudup orang jaman sekarang memang sangat memprihatikan. Hal ini karena gaya hidup orang jaman sekarang sangat jauh dari kesan sehat. Kebiasaan merokok, alkohol, jarang berolah raga dan lebih banyak duduk didepan komputer membuat kesehatan tubuh mudah terganggu. Tidak hanya kesehatan tubuh saja, kesehatan dan kecantikan rambut juga akan terganggu. Kebiaaan gaya hidup sehat ini akan membuat rambut rusak dan muncul uban. Hal ini akan semaki  diperparah dengan polusi.

7. Kekurangan vitamin B12, C dan E

Vitamin B12, C dan E sangat berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan rambut. Vitamin B12 berperan dalam memberi makan atau menutrisi rambut. Dan jika kekurangan vitamin C dan E dapat membuat rambut menjadi abu-abu dan putih. Hal ini dikarenakan kekurangan kedua vitamin tersebut akan membuat produksi melanin menjadi berkurang.

8. Kondisi kulit kepala yang sering kotor

Kulit kepala yang sering kotor dan jarang dibersihkan juga menjadi penyebab utama munculnya uban. Tidak hanya uban saja, kulit kepala yang kotor juga akan menyebabkan muncul ketombe dan menyebabkan bau tak sedap pada rambut. Oleh sebab itu selalu bersihkan rambut anda dengan rajin keramas.
Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi bau tak sedap pada rambut

9. Salah dalam menggunakan sampo

Produk kecantikan rambut seperti sampo, kondisioner dan lain sebagainya memang bermanfaat untuk menutrisi serta membuat rambut menjadi cantik alami. Namun menggunakan produk kecantikan rambut yang tidak sesuai justru dapar membuat rambut menjadi rusak. Salah satu akibatnya yaitu rambut menjadi putih atau beruban. Gunakanlah sampo atau kondisioner yang cocok dengan kulit kepala dan rambut anda agar tak merusak rambut anda.

10. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok selain dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti kanker, stroke hingga serangan jantung. Kebiasaan merokok juga menjadi salah satu penyebab munculnya uban. Rokok merupakan radikal bebas yang akan mengganggu dan murusak melanin, dan jika terus dibiarkan rambut akan menjadi putih atau beruban.
Baca juga : Dampak buruk rokok bagi kesehatan dan kecantikan

11. Penyakit tiroid

Salah satu penyebab munculnya uban dirambut adalah penyakit tiroid. Tiroid yang kurang atau terlalu aktif dapat mempengaruhi produksi melanin dan menghasilkan uban prematur. Jadi ketika tiba-tiba muncul uban dirambut anda, coba anda periksakan kadar teroid anda.

Tips mengatasi uban diusia muda

Ada banyak cara untuk mengatasi masala uban diusia muda. Nah berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah uban.
- Menggunakan gel lidah buaya
- Menggunakan minyak kemiri
- Menggunakan Minyak zaitun
- Menggunakan Minyak kelapa
- Menggunakan biji pepaya
- Menggunakan daun rambutan
- Menggunakan bunga sepatu
- Menggunakan masker putih telur
- Dan lain sebagainya

Untuk lebih jelanya dalam mengatasi masalah uban, anda lebih baik membaca artikel yang berjudul "Cara alami menghilangkan uban secara efektif". Demikianlah informasi penyebab munculnya uban diusia muda. Uban tidak hanya muncul diusia tua saja, namun uban juga muncul diusia muda, dan hal ini tentu sangat mengganggu penampilan. Semoga dengan adanya informasi tentang penyebab munculnya uban diusia muda ini dapat meminimalisir munculnya uban pada rambut kita. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.