Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Uban Secara Alami Dan Cepat

Cara menghilangkan uban secara alami dan cepat - Uban merupakan masalah serius pada rambut, terlebih jika uban muncul ketika kita masih berusia muda. Hal ini tentu akan membuat rasa percaya diri kita menjadi hilang. Rambut uban sendiri merupakan rambut berwarna putih yang menandakan seseorang sudah tidak muda lagi. Namun rambut beruban kini tidak hanya muncul pada orang tua saja. Rambut beruban juga banyak tumbuh di rambut anak muda, bahkan anak remaja.

Untuk mengatasi masalah rambut beruban sebenarnya ada banyak cara, anda bisa mewarnai rambut dengan warna lain atau menyemirnya, anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan uban secara alami.

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara mengatasi masalah rambut beruban, kita cari tahu dulu penyebab rambut beruban, terutama kenapa rambut beruban bisa tumbuh pada mereka yang masih berusia muda. Ada banyak penyebab kenapa rambut putih atau ban bisa tumbuh. Berikut penyebab rambut beruban.
Cara Menghilangkan Uban Secara Alami Dan Cepat
Cara Menghilangkan Uban Secara Alami Dan Cepat

Penyebab rambut beruban

1. Faktor usia

Penyebab utama dari tumbuhnya uban adalah faktor usia, hal ini adalah hal yang alami dan semua orang pasti akan merasakannya ketika sudah berusia lanjut atau diatas 40 tahun. Faktor usia ini memang tak bisa diganggu gugat semua karena proses kehidupan.

2. Stress

Pemicu utama tumbuhnya uban diusia mudah adalah karena stres, beban pikiran yang berlebih atau karena depresi. Anda harus berhati-hati ketika dihadapkan dengan berbagai masalah, terlebih jika masalah datangnya secara bersamaan, karena jika anda tak bisa mengendalikan pikiran anda, anda akan mengalami stres. Nah stres akan menyebabkan macetnya produksi melanin yang merupakan pigmen pewarna rambut, akibatnya rambut akan berubah warna menjadi putih atau beruban.

Baca juga : Dampak buruk stres bagi kesehatan dan kecantikan

3. Faktor gen

Gen juga menjadi penyebab utama uban tumbuh diusia muda. Ketika anda memiliki orang tua atau kakek yang memiliki masalah rambut beruban, bisa jadi anda juga akan memiliki masalah rambut beruban. Rambut putih ini akan diturunkan orang tua kepada anaknya.

Baca juga : Cara atasi kulit kepala yang gatal

4. Gizi yang buruk

Bagaimanapun rambut juga membutuhkan nutrisi dan juga vitamin agar tetap sehat. Kurangnya nutrisi akan membuat rambut menjadi kering, tidak sehat dan juga menjadi putih atau beruban. Oleh sebab itu penuhilah nutrisi dan vitamin untuk rambut.

5. Merokok

Semua orang tahu jika meroko dapat menyebabkanah, berbagai gangguan kesehatan, merokok juga dapat menyebabkan penuaan dini, selain menyebabkan kulit keriput, merokok juga menyebabkan rambut beruban. Bagi anda para peroko baiknya anda kurangi atau berhenti dari merokok agar tubuh anda sehat dan anda tetap awet muda.

Baca juga : Cara agar rambut cepat panjang

6. Diet yang salah

Hati-hati bagi para wanita yang sedang menjalankan program diet. Hal ini karena diet yang salah dapat menyebabkan munculnya uban pada rambut. Diet bertujuan agar tubuh menjadi langsing dan indah, malah rambut uban yang anda dapat, tentunya anda tak maukan hal itu terjadi. Tubuh yang tidak mendapatkan suplai vitamin dan mineral yang tepat, maka fungsi tubuh tidak akan berjalan dengan baik, dan salah satu akibatnya rambut akan memutiha atau tumbuh uban.

Baca juga : Tips merawat rambut berjibab

7. Penggunaan hair dryer atau catok rambut yang berlebihan

Penggunaan hair dryer dan catok rambut yang berlebihan juga dapat menyebabkan rambut menjadi putih atau beruban. Suhu panas yang ditimbulkan dari kedua alat tersebut akan menyebabkan melemahnya melanin yang akhirnya berakibat pada munculnya rambut beruban.

8. Sering mewarnai rambut

Banyak anak muda yang rambutnya beruban karena sering mewarnai rambut.Sering mewarnai rambut dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Bahan kimia yang terdapat pada cat rambut akan merusak melanin sehingga rambut akan memutih.

Baca juga : Cara alami dan aman menghilangkan cat rambut

9. Kondisi kulit kepala yang sering kotor

Kulit kepala yang sering kotor juga menjadi pemicu munculnya rabut putih atau uban. Oleh sebab itu anda harus menjaga kebersihan kulit kepala anda.

10. Penyakit teroid

Penyakit teroid juga menjadi penyebab utama dari munculnya uban.  Penyakit teroid dapat mempengaruhi melanin pada rambut dan rambut akan menghasilak uban prematur. Untuk mengatasi hal ini anda pastikan untuk memeriksakan kadar teroid anda ketika muncul uban.

Cara menghilangkan uban secara alami dan cepat

Ada banyak cara untuk mengatasi uban, namun kami menyarankan untuk menggunakan bahan alami. Bahan alami jauh dari bahan kimia, jadi akan tetap aman meskipun sering dipakai dan tidak memberikan efek buruk pada rambut juga kesehatan tubuh, selain itu cara alami juga tidak membutuhkan banyak biaya, bisa anda lakukan sendiri dirumah tanpa bantuan orang lain. Berikut cara alami menghilangkan uban yang bisa anda coba dirumah.

Baca juga : Bahaya dan larangan mencabut uban menuret medis dan agama

1. Ampas teh

Bahan alami pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah uban adalah ampas teh. Ketika anda membuat teh, jangan anda buang ampasnya. Ampas teh dapat mengatasi uban secara alami. Caranya sangat mudah sekali yaitu Anda diamkan selama sehari ampas teh tersebut, kemudian dihari berikutnya anda gunakan ampas teh tesebut untuk menghilangkan uban, diamkan selama 1 jam baru anda bersihkan menggunakan sampo.

2. Kopi hitam

Seperti halnya ampas teh, kopi hitam juga dapat mengatasi masalah uban. Kopi hitam dapat mengembalikan warna hitam pada rambut. Caranya sangat mudah sekali yaitu anda buat adonan kopi tanpa gula setelah itu anda rendam rambut anda pada kopi atau gunakan kopi tersebut sebagai masker rambut dan diamkan selama 20 menit, basuh dengan air, lakukan cara ini secara teratur maka rambut anda akan menjadi hitam berkilau.

Baca juga : Masker rambut dan cara membuatnya

3. Kemiri

Kemiri juga bahan alami yang sering digunakan dalam perawatan rambut. Caranya sangat mudah sekali, anda tumbuk kemiri, nantinya kemiri akan mengeluarkan minyak dan minyak tersebutlah yang akan anda gunakan sebagai masker rambut.  Minyak kemiri ini sangat ampuh dalam mengatasi uban.

4. Lidah buaya

Berbicara tentang perawatan rambut, lidah buaya pasti tak akan pernah ketinggalan. Hal ini dikarenakan manfaat lidah buaya yang begitu banyak untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Anda gunakan gel lidah buaya sebagai masker rambut dan diamkan selama beberapa menit baru anda bersihkan hingga bersih.

5. Minyak zaitun

Sama halnya dengan lidah buaya, minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Oleskan minyak zaitun pada rambut hingga akar, diamkan selama beberapa menit kemudian anda basuh hingga bersih.

6. Minyak cem-ceman

Minyak cem-ceman merupakan minyak yang terbuat dari minyak kelapa dan daun orang-aring. Minyak ini ampun untuk menghitamkan rambut. Gunakan minyak ini sebagai masker rambut, Minyak ini juga ampuh untuk mengatasi rambut rontok.

7. Biji pepaya

Biji pepaya dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi kemedo, namun tidak hanya komedo saja, masalah rambut uban juga dapat diatasi dengan biji pepaya. Cara mengatasi uban dengan biji pepaya yaitu anda sangrai biji pepaya hingga menyerupai kopi, kemudian anda tumbuk hingga lembut, campurkan dengan minyak kelapa dan oleskan secara merata pada rambut anda.

8. Daun rambutan

Mungkin tidak banyak orang yang tahu jika daun rambutan mampu menghilangkan uban. Daun rambutan dapat mengatasi uban sekaligus membuta rambut menjadi hitam berkilau. Blender rambut rambutan hingga lembut, ambil sarinya dan gunakan sari tersebut sebagai masker rambut, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hangat.

Baca juga : Cara mengatasi rambut bercabang 

9. Putih telur

Cara berikutnya yaitu menggunakan putih telur, namun yang anda gunakan adalah putih telur ayam kampung. Caranya sangat mudah anda campurkan putih telur ayam kampung dengan sedikit air hangat dan garam, oleskan pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat, diamkan selama 2 jam baru anda bilas hingga bersih.


Baca juga : Manfaat telur untuk kesehatan dan kecantikan rambut

10.Yougurt

Yougurt merupakan minuman fermentasi, yogurt sering digunakan sebagai perawatan kulit, namun yougurt juga mengandung zat yang mampu menghitamkan rambut. Caranya sangat mudah sekali, anda gunakan yougurt sebagai masker rambut, anda juga bisa menambahkan lada hitam juga kopi hitam.

11. Daun sepatu

Daun sepatu mengandung flavonid yang dapat mengatasi uban. Cuci bersih daun sepatu kemudian anda haluskan, tambahkan sedikit air lalu simpan ke dalam botol. Gunakan air tersebut sebagai masker rambut, diamkan selama 30 menit varu anda bilas hingga bersih. Anda juga bisa menambahka air perasan jeruk nipis.

12. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Campurkan minyak kelapa dengan air jeruk nipis dan gunakan sebagai masker rambut. Diamkan selama 15 menit baru anda bilas hingga bersih.

Hal yang harus dihindari

Setelah kita tahu penyebab rambut beruban dan juga cara mengatasi rambut beruban. Kita juga harus menghindai beberapa hal dan menerapkan beberapa hal agar rambut tetap sehat dan terhindar dari uban. Berikut beberapa hal yang harus anda hindari.
1. Makan cepat saji
2. Sampo yang tidak biasa anda gunakan
3. Mencabut uban
4. Stres berkepanjangan
5. Pemakaian minyak rambut atau gel secara berlebihan
6. Menyemir rambut
7. Rebondhing atau smothing
8. Rokok
9. Alkohol
10. Kopi

Baca juga : Bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan dan kecantikan

Hal yang harus anda terapkan

1. Cukup istirahat
2. Menghindari stres
3. Makan makana sehat
4. Cukup minum air
5. Olah raga secara teratur
6. Merawat rambut dengan baik dan benar


Demikianlah informasi tentang penyebab rambut beruban dan cara mengatasinya. Cara diatas sudah terbukti dan banyak yang menggunakannya. Semoga tips diatas bermanfaat. Terimakasih.