Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Cat Rambut

Cara menghilangkan cat rambut - Akhir-akhir ini mewarnai atau mengecat rambut menjadi trens bagi kalangan anak muda maupun orang dewasa. Keinginan untuk tampil beda atau ingin meniru artis idola menjadi penyebab anak muda mewarnai atau mengecat rambut. Namun ada juga orang yang mengecat rambutnya dikarenakan pada rambutnya sudah muncul uban yang membuatnya menjadi tidak percaya diri.

Mengecat rambut boleh-boleh saja, asalkan menggunaka cat rambut yang aman untuk kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan banyak car rambut yang justru membuat rambut menjadi rusak, rontok atau bahkan muncul uban. Cat rambut juga akan semakin berdampak buruk jika rambut sering gonta-ganti cat.

Cat rambut memang dapat membuat rambut menjadi lebih indah dan menarik, namun jika anda salah dalam memilih warna, pastinya rambut anda akan terlihat norak. Untuk mengatasi hal itu anda pasti akan menghilangkan cat rambut tersebut. Nah untuk hal ini, kami akan memberikan beberapa tips aman untuk menghilangkan car rambut. Cara ini juga bisa digunakan untuk anda yang suka bergonta-ganti warna rambut. Berikut beberapa cara aman untuk menghilangkan cat rambut.
Cara Aman Dan Alami Untuk Menghilangkan Cat Rambut
Cara Aman Dan Alami Untuk Menghilangkan Cat Rambut

1. Baking soda

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan cat rambut adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda cukup ampuhn untuk menghilangkan cat rambut. Caranya yaitu anda cuci bersih terlebih dulu rambut anda. Campurkan 2 sendok makan baking soda dengan sampo anti ketombe, oleskan pada rambut secara merata dan diamkan selama 10 menit. Bilas hingga bersih, setelah bersih anda disarankan untuk keramas menggunakan sampo, lalu anda gunakan kondisioner.

Baca juga : Manfaat dan efek samping baking soda

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak sehat yang menyehatkan. Minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Nah dalam hal ini minyak zaitu juga dapat membantu menghapsu warna rambut. Caranya yaitu anda oleskan minyak zaitu pada rambut secara merata, kemudian anda tutup dengan plastik atau topi, diamkan selama 1 jam. Kemudian anda bilas dengan air hingga bersih. 

Baca juga : Cara alami menghilangkan rambut bercabang

3 Minyak kelapa

Sama halnya dengan minyak zaitun, minyak kelapa juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, terlebih untuk kecantikan rambut. Nah jika anda ingin menghilangkan cat rambut, anda bisa menggunakan minyak kelapa. Caranya yaitu panaskan minyak kelapa, terus anda oleskan pada rambut anda secara merata diamkan selama beberapa menit baru anda bilas hingga bersih. Lakukan cara ini berulang kali hingga hasil yang anda inginkan.

4. Jus lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang sangat baik sekali untuk mencerahkan warna rambut. Jus lemon juga ampuh untuk menghilangkan cat pada rambut. Caranya yaitu oleskan jus lemon pada rambut anda secara merata. Tutupi rambut dengan topi atau plastik, diamkan selama beberapa menit. Setelah itu anda bersihkan dengan cara keramas.

5. Minyak almond

Cara berikutnya untuk menghilangkan cat rambut yaitu dengan menggunakan minyak almond. Hampir sama dengan minyak kelapa, caranya yaitu anda panaskan minyak almond, kemudian anda oleskan pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat hingga meresap, diamkan selama beberapa menit dan bilas hingga bersih. Minyak almond bahkan bisa menghilangkan cat rambut yang membandel sekalipun.

Baca juga : Sejuta manfaat minyak almond untuk kesehatan dan kecantikan

6. Menggunakan sampo dan gel

Menggunakan sampo dan gel secara teratur juga dapat memudarkan cat rambut. Nah gunakan sampo dan gel secara teratur untuk menghilankan cat rambut anda.

Baca juga : Cara alami atasi rambut rontok

7. Air garam

Air garam juga ampuh untuk menghilangkan cat rambut. Air garam mengandung natrium bicarbonate dan garam epsom untuk menghilangkan warna rambut yang tidak diinginkan. Caranya yaitu anda rendam rambut anda pada air yang telah dicampur dengan garam, diamkan selama mungkin, dan akan kelihatan pewarna rambut yang merembas keluar. Air garam merupakan cara murah dan paling ampuh untuk menghilangkan cat rambut.

Baca juga : Manfaat luar biasa garam untuk kecantikan

8. Perawatan vitamin C

Metode ini cukup ampuh untuk menghilangkan cat rambut yang semi permanent. Anda cukup mencampurkan tablet vitamin C effervencent (tablet yang berbuih) dengan sampo. Gunakan 1 atau 2 tablet yang masing-masing 1000mg, anda juga bisa menggunakan 1 atau 2 gram serbuk vitamin C. Gerus tablet vitamin C tersebut, oleskan pada rambut secara merata dan diamkan selama 20 menit baru anda bilas hingga bersih.

9. Penghilang warna

Penghilang warna bisa anda dapatkan di toko-toko kosmetik, salon atau apotek terdekat. Produk ini sangat ampuh untuk menghilangkan cat rambut yang permanent sekalipun. Ada 2 jenis penghilang warna atau color remove yaitu color reducer atau pengurang warna, dan color stripper (pengelupas warna). Namun penghilang warna ini dapat merusak rambut, lebih baik anda gunakan color reducer karena akan lebih sedikit dalam merusak rambut ketibang color stripper.

Baca juga : Masker rambut dan cara membuatnya

10. Bleach

Metode bleaching merupakan metode penghilang cat rambut paling keras. Hal ini dikarenakan cara ini dapat merusak rambut. Baiknya anda gunakan cara ini sebagai pilihan terakhir. Anda juga tidak bisa melakukan cara sendiri karena dapat berdampak buruk pada rambut anda, baiknya anda minta bantuan pakar rambut peofesinal seperti di salon-salon tertentu.

Demikianlah cara aman dan alami untuk menghilangkan cat rambut. Bagaimanapun cat rambut dapat merusak rambut, jadi lebih baik biarkan rambut anda berwarna alami tanpa harus dicat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.