Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi bibir hitam secara alami dan cepat

Cara mengatasi bibir hitam secara alami dan cepat - Memiliki bibir hitam membuat kita menjadi tidak percaya diri. Hal  ini dikarenakan sebagian besar orang menganggap bibir merupakan salah satu bagian wajah yang paling diperhatikan. Baik itu pria maupun wanita. Bayangkan jika bibir anda berwarna hitam dan gelap, bukan hanya dinilai kurang tampan atau kurang cantik. Tapi anda juga akan kehilangan rasa percaya diri anda ketika berada di tempat umum atau tempat yang banyak orangnya.

Penyebab bibir menghitam itu bermacam-macam. Bagi pria, bibir yang hitam biasanya terjadi karena kecanduan dengan rokok yang bisa menyebabkan pigmen melanin bibir menebal dan gelap, atau juga bisa disebabkan karena kondisi fisik seorang pria. Jika untuk wanita, biasanya bibir yang hitam itu terjadi karena ketergantungan menggunakan lipstik. Lipstik mengandung parafin dan logam berat yang bisa menyebabkan iritasi pada bibir.

Untuk mengatasi bibir anda yang menghitam. Anda perlu menggunakan cara alami dan juga menggunakan bahan alami sebagai obatnya. Selain mudah didapat, bahan-bahan alami sangat aman dan efektif mengatasi bibir yang hitam. Berikut ini beberapa obat alami yang bisa anda coba untuk mengembalikan kemerahan serta kesehatan bibir:

Cara mengatasi bibir hitam secara alami dan cepat
Cara mengatasi bibir hitam secara alami dan cepat

1. Lemon

Lemon mengandung zat alpha hydroxy acid yang dapat mengangkat sel kulit mati pada kulit. Dan juga kandungan vitamin C yang mampu mencerahkan bibir. Caranya mudah, anda cukup menggunakan air perasan lemon, lalu usapkan pada bibir anda secara merata.

2. Madu

Jika bibir anda mudah terkena iritasi, anda bisa mencampurkan lemon dengan madu, kemudian oleskan pada bibir anda secara merata. Selain manfaat lemon yang mencerahkan, anda juga mendapatkan manfaat dari madu yang bisa melembabkan kulit bibir anda.

Baca juga : Khasiat madu untuk bibir

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung omega 3 dan antioksidan yang dapat melembabkan dan mengangkat sel kulit mati pada bibir anda. Caranya, oleskan minyak zaitu pada bibir anda secara rata. Selain melembabkan bibir, minyak zaitun juga dapat mencerahkan bibir anda secara alami.

4. Lidah buaya

Lidah buaya bukan hanya baik untuk rambut, tapi juga baik untuk kesehatan bibir anda. Gel lidah buaya mampu melembabkan dan mengurangi warna hitam pada bibir anda. Caranya, oleskan gel lidah buaya pada bibir anda. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Wortel

Wortel mengandung nutrisi yang mampu mengatasi bibir yang kering, dan juga mampu mengembalikan warna alami bibir anda. Caranya, blender wortel, lalu minumlah jus wortel itu tanpa ampasnya. Gunakan ampasnya untuk perawatan, yaitu dengan menempelkan pada bibir anda dan tunggu beberapa saat.

6. Gula pasir dan jeruk limau

Gula pasir dan jeruk limau mampu melembabkan bibir dan juga mengangkat sel kulit mati pada bibir. Caranya, Belah jeruk limau menjadi dua bagian, lalu taburi gula pasir pada bagian tengah jeruk. Oleskan jeruk yang sudah ditaburi gula pasir pada bibir anda secara merata. Jangan gunakan cara ini pada bibir yang sedang sariawan atau terluka.

7. Air putih

Air sangatlah penting untuk memenuhi cairan dalam tubuh. Jika cairan dalam tubuh tidak terpenuhi, bibir akan mengering dan menghitam. Untuk itu perbanyaklah minum air putih minimal 8 gelas. Agar tubuh anda terhidrasi dan bibir pun menjadi lebih cerah.

8. Gliserin

Untuk mencerahkan bibir anda, gunakan gliserin dengan megoleskannya pada bibir anda secara merata sebelum anda tidur setiap malam. Perawatan menggunakan gliserin juga dapat membuat bibir anda menjadi lebih lembab dan mengurangi warna hitam bibir.

9. Buah bit

Buah bit mampu menghilangkan tan dan juga memerahkan bibir anda secara alami. Caranya. simpan irisan buah bit kedalam kulkas. Gunakan irisan buah bit untuk mengoleskan pada bibir anda secara merata. Gunakan secara teratur untuk menghasilkan bibir yang sehat.

10. Jus mentimun

Mentimun memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wajah dan kelembaban bibir. Cara memanfaatkan mentimun, anda hanya perlu sering-sering minum jus mentimun. Selain menyehatkan, anda juga akan mendapatkan bibir lembab dan juga sehat.

11. Buah alpukat

Alpukat kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Anda bisa memanfaatkan alpukat untuk mendapatkan bibir merah secara alami. Caranya, campurkan buah alpukat yang sudah masak dengan madu dan minyak zaitun, aduk hingga rata. Aplikasikan pada bibir anda. Tunggu 5-10 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

12. Jeruk nipis

Tidak diragukan lagi manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan. Jeruk nipis mampu mencerahkan kulit, baik itu kulit wajah, tubuh, maupun bibir. Caranya, campurkan perasan jeruk nipis dengan air mendidih secukupnya saja. Lalu oleskan pada bibir anda merata. Anda akan mendapatkan bibir merah dan cerah alami.

Tips bibir tetap merah alami

Setelah anda berhasil membuat bibir anda menjadi lebih lembab, merah, halus, dan juga sehat. Anda perlu menjaganya agar tetap sehat dan terjaga kelembaban serta kemerahannya. Pertahankan keindahan bibir anda dengan tips perawatan berikut ini:
1. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.
2. Gunakan lipstik yang mengandung pelembab dan jangan berlebihan.
3. Ketika menjelang tidur, bersihkan bibir dari lipstik agar terhindar dari pengaruh bahan kimianya.
4. Jangan sering menjilat bibir, karena akan membuat bibir semakin kering.
5. Di siang hari, gunakan pelembab bibir yang mengandung tabir surya.
6. Oleskan pelembab bibir tanpa warna sebelum tidur.
7. Segeralah berhenti merokok.

Demikianlah cara alami mengatasi bibir hitam. Dengan cara tersebut bibir anda akan kembali merah merona dan cantik alami. Semoga tips diatas bermanfaat. Terimakasih. Baca juga cara alami menipiskan bibir.