Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Untuk Mengatasi Laptop Lemot Di Windows 8

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 8
Tips Untuk Mengatasi Laptop Lemot Di Windows 8

Windows 8 sebagai salah satu sistem operasi laptop yang paling banyak digunakan, memiliki beberapa kelemahan yang membuatnya menjadi lelet. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, seperti task manager yang sangat kecil, cara menonaktifkan touchscreen yang kurang praktis, dan lainnya. Berikut ini adalah cara mengatasi laptop lemot windows 8:

1.MENGGUNAKAN TASK MANAGER

Task manager merupakan cara untuk memperbaiki laptop lemot windows 8 yang paling mudah dan praktis.

Hal ini dikarenakan task manager memiliki ukuran yang cukup besar sehingga akan mempermudah Anda dalam mengontrol proses aplikasi yang berjalan di laptop.

Untuk menggunakannya, cukup klik tombol “Ctrl Alt Delete” pada keyboard dan pilih “Task Manager”.

Lalu, lihatlah daftar proses aplikasi yang berjalan dan matikan proses yang tidak diperlukan.

2. MENONAKTIFKAN TOUCHSCREEN

Touchscreen merupakan salah satu fitur yang membuat laptop lemot windows 8. Oleh karena itu, untuk mengatasi laptop lemot windows 8, Anda dapat menonaktifkannya. Untuk menonaktifkannya, cukup klik tombol “Windows C” pada keyboard dan pilih “Settings”. Lalu, pilih “PC and Devices” dan klik “Tablet Mode”. Matikan “Enable Tablet Mode” dan klik “OK”.

3. MENGATUR PENCAHAYAAN

Mengatur pencahayaan merupakan salah satu cara mengatasi laptop lemot windows 8 yang cukup efektif.

Hal ini dikarenakan laptop lemot windows 8 dapat disebabkan oleh cahaya yang terlalu terang.

Untuk mengatasinya, cukup klik tombol “Windows I” pada keyboard dan pilih “Settings”.

Lalu, pilih “System” dan klik “Display”.

Di sana, Anda dapat mengatur tingkat pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhan.

4. MENGATUR JARINGAN

Mengatur jaringan merupakan salah satu cara mengatasi laptop lemot windows 8 yang cukup efektif. Hal ini dikarenakan laptop lemot windows 8 dapat disebabkan oleh koneksi yang lambat. Untuk mengatasinya, cukup klik tombol “Windows I” pada keyboard dan pilih “Settings”. Lalu, pilih “Network

5. MENGHAPUS PROGRAM YANG TIDAK DIPERLUKAN

Program yang tidak diperlukan dapat menyebabkan laptop lemot windows 8. Oleh karena itu, untuk mengatasinya, cukup hapus program tersebut. Untuk menghapus program, cukup klik tombol “Start” dan pilih “Settings”. Lalu, pilih “System” dan klik “Apps

Laptop lemot saat menggunakan windows 8 tentu menjadi masalah tersendiri. Hal ini tentu mengganggu pekerjaan dan kegiatan lainnya. Meskipun demikian, masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba.

Pertama, pastikan laptop dalam kondisi prima. Sekadar membersihkan kotoran atau debu di sekitar kipas dan fans bisa membantu laptop untuk bekerja dengan lebih baik. Jika kipas dan fans sudah bersih, segera cabut power supply dan colokkan kembali. Lalu, tekan dan tahan tombol power selama beberapa detik hingga laptop hidup kembali.

Kedua, periksa konfigurasi graphic card.

Untuk laptop yang memiliki graphic card Nvidia, coba masuk ke menu “Application” > “Nvidia Control Panel”.

Lalu, pilih “3D Settings” > “Manage 3D Settings”.

Kemudian, ubah “Power Management Mode” menjadi “Prefer Maximum Performance”.

Jika laptop memiliki graphic card ATI, coba masuk ke “Catalyst Control Center”.

Pilih “Power” > “ATI Powerplay” > “Maximum Performance”.

Ketiga, matikan beberapa program yang tidak digunakan. Buka “Task Manager” dengan cara menekan tombol Ctrl Alt Delete secara bersamaan. Kemudian, klik “Processes” dan hapus program yang tidak digunakan dari daftar.

Keempat, cek setting “Windows Defender”. Buka “Settings” > “System” > “Windows Defender”. Lalu, pada “Settings”, pastikan “Real-time Protection” dan “Cloud-based Protection” telah aktif.

Kelima, cek setting “Task Scheduler”. Buka “Control Panel” > “System and Security” > “Task Scheduler”. Lalu, klik “Task Scheduler Library” di sebelah kiri dan cari file yang bernama “igfxTray”. Double klik pada file tersebut dan pada “Settings”, ubah “Enabled” menjadi “False”. Kemudian, klik “OK”.

Keenam, cek setting “Indexing Options”. Buka “Control Panel” > “System and Security” > “Indexing Options”. Lalu, pada tab “General”, klik “Advanced”. Kemudian, pada “File Types”, hapus semua file yang tidak diperlukan.

Tujuh, cek setting “System Protection”. Buka “System” > “System Protection”. Lalu, klik “Configure” di sebelah kanan dan pilih “Disable system protection”. Klik “OK” dan “Apply”. Kemudian, klik “Turn system protection back on” dan “Apply”.

Delapan, cek setting “Pencegahan Eksekusi Data”. Buka “Sistem” > “Pengaturan Sistem Lanjutan” > “Kinerja” > “Pengaturan”. Lalu, pada tab “Pencegahan Eksekusi Data”, klik “Aktifkan DEP untuk semua program dan layanan kecuali yang saya pilih

Startup komputer yang lambat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti software yang sudah usang atau sistem operasi yang berperforma rendah.

Untuk memperbaikinya, Kalian harus terlebih dahulu mengidentifikasi masalahnya- dan itu membutuhkan pengetahuan.

Misalnya, jika komputer Kalian melakukan booting dengan lambat di windows 7 daripada Kalian harus memutakhirkan sistem operasi Kalian ke windows 8.

Jika itu tidak membantu, jalankan pemindaian registri untuk mengidentifikasi komponen yang rusak dan menghapusnya.

Setelah itu, perbarui driver Kalian untuk komponen perangkat keras Kalian dan mulai ulang komputer Kalian.#menjalankan sistem operasi.

Untuk memperbaikinya, Kalian harus terlebih dahulu mengidentifikasi masalahnya- dan itu membutuhkan pengetahuan.

Misalnya, jika komputer Kalian melakukan booting dengan lambat di windows 7 daripada Kalian harus memutakhirkan sistem operasi Kalian ke windows 8.

Jika itu tidak membantu, jalankan pemindaian registri untuk mengidentifikasi komponen yang rusak dan menghapusnya.

Setelah itu, perbarui driver Kalian untuk komponen perangkat keras Kalian dan nyalakan kembali komputer Kalian.#Saat menggunakan komputer, waktu loading merupakan faktor penting yang harus diperhatikan.

Waktu yang dibutuhkan untuk memulai sistem operasi dan mengakses data yang diinginkan sangat penting dan membuat frustrasi pada saat yang bersamaan.

Beberapa orang telah menghadapi banyak masalah karena laptop windows 8 yang lemot.

Untuk mengatasi masalah ini, Kalian harus mengetahui cara mengatasi laptop windows 8 yang lemot.#Saat menggunakan komputer, waktu loading merupakan faktor penting yang harus diperhatikan.

Waktu yang dibutuhkan untuk memulai sistem operasi dan mengakses data yang diinginkan sangat penting dan membuat frustrasi pada saat yang bersamaan.

Beberapa orang menghadapi banyak masalah karena booting yang lambat di laptop mereka.

Untuk mengatasi masalah ini, Kamu harus mengetahui cara mengatasi laptop windows 8 yang lemot.Pendahuluan: Saat menggunakan komputer, waktu pemuatan merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan.

Waktu yang dibutuhkan untuk memulai sistem operasi dan mengakses data yang diinginkan sangat penting dan membuat frustrasi pada saat yang bersamaan.

Beberapa orang telah menghadapi banyak masalah karena laptop windows 8 yang lambat.

Untuk mengatasi masalah ini, Kalian harus mengetahui cara mengatasi laptop windows 8 yang lambat.

SELENGKAPNYA TONTON VIDEO INI
#Tag Artikel

  • cara mengatasi laptop lemot windows 8
  • cara mengatasi laptop lemot windows 8.1 pro
  • cara mengatasi laptop lemot windows 8.1