Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Demam

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Demam
Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Demam - istockphoto.com

Demam adalah gejala infeksi yang sering terjadi pada anak-anak. Selain mengeluarkan demam, anak biasanya juga mengalami sakit kepala, nyeri otot, dan pegal-pegal. Apakah makanan yang boleh dimakan saat demam? Berikut adalah daftar makanan yang tidak boleh dimakan saat demam:

SUSU

Susu bersifat panas dan akan mempercepat proses peningkatan suhu tubuh. Selain itu, susu juga tidak baik untuk tubuh karena mengandung kolesterol tinggi.

MAKANAN BERLEMAK

Makanan berlemak seperti gorengan, makanan berat, dan minuman beralkohol tidak baik untuk tubuh saat demam. Makanan ini akan membuat tubuh menjadi lemas dan perut kembung.

MAKANAN PEDAS

Makanan yang pedas seperti cabai, merica, dan lada akan membuat tubuh menjadi lebih panas. Selain itu, makanan ini juga akan mempercepat proses peningkatan suhu tubuh.

SAYURAN BERDAUN HIJAU

Sayuran berdaun hijau seperti seledri, kangkung, daun singkong, dan daun bawang memiliki sifat dingin dan akan memperlambat proses peningkatan suhu tubuh. Selain itu, sayuran ini juga kaya akan vitamin dan mineral.

MAKANAN YANG MANIS

Makanan yang manis seperti gula, madu, dan sirup akan membuat tubuh menjadi lemas dan lebih cepat lelah. Selain itu, makanan ini juga akan mempercepat proses peningkatan suhu tubuh.

Demam adalah suatu gejala yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Selain itu, demam dapat disebabkan oleh berbagai penyakit lain, seperti tumor, infeksi paru-paru (pneumonia), dan lain-lain. Gejala yang umumnya dijumpai pada penderita demam adalah panas tinggi, sakit kepala, mual, muntah, dan nyeri otot.

Makanan yang tidak boleh dimakan saat demam adalah makanan yang dapat memperburuk gejala yang timbul akibat demam tersebut. Beberapa contohnya adalah makanan yang berlemak dan berminyak, makanan yang berbumbu pedas, dan makanan yang berasal dari hewani. Selain itu, penderita demam juga tidak boleh memakan makanan yang berlendir dan berjamur.

Makanan yang tidak boleh dimakan saat demam dapat memperburuk gejala yang timbul akibat demam tersebut. Oleh karena itu, penderita demam sebaiknya menghindari makanan yang berlemak dan berminyak, makanan yang berbumbu pedas, dan makanan yang berasal dari hewani. Selain itu, penderita demam juga tidak boleh memakan makanan yang berlendir dan berjamur.

Banyak pasien demam makan makanan apapun yang mereka inginkan.

Namun, ada baiknya untuk tidak makan apa pun selama beberapa hari selama demam.

Jika Kalian demam, hindari makanan dingin, pedas, dan berlemak karena dapat meningkatkan suhu tubuh Kalian.

Selain itu, hindari sayuran mentah karena dapat membuat Kalian sakit lagi jika memakannya setelah masuk angin.

Sebagai gantinya, makanlah makanan hangat dan kering seperti roti atau sereal.

Juga, minum banyak air untuk tetap terhidrasi.

Minum air akan mengurangi intensitas demam Kalian dan membantu Kalian merasa lebih baik dengan cepat.Selama demam, penting untuk membatasi asupan makanan agar tidak membuat diri Kamu semakin sakit.

Kamu harus membatasi diri pada makanan kering seperti kerupuk atau sereal saat demam.

Juga minum banyak air karena dehidrasi meningkatkan intensitas demam.

Hindari makanan berlemak karena menaikkan suhu tubuh dan makanan dingin dan pedas karena membuat Kamu lebih dingin.

Juga, hindari makan makanan mentah karena dapat meracuni Kamu serta membuat Kamu lebih sakit.

Merawat diri sendiri selama demam akan membantu meredakan gejala dan membantu Kamu merasa lebih baik lebih cepat daripada jika Kamu mengabaikan kondisi Kamu.*Selama demam, mekanisme pertahanan alami tubuh Kalian diaktifkan, menaikkan suhu tubuh dan membuat Kalian sakit.

Untuk menaikkan suhu tubuh, sel darah putih menyerang sel dan organ sehat di tubuh Kalian.

Makanan yang meningkatkan suhu tubuh termasuk es batu, minuman dingin, dan hidangan dingin - bahkan dalam jumlah sedang.

Ini juga meningkatkan nafsu makan Kalian karena respons alami tubuh Kalian untuk mencoba mendinginkan diri.

Kalian juga harus menghindari makanan panas atau pedas karena ini juga meningkatkan suhu tubuh Kalian.

Makanan yang kaya lemak, seperti daging berlemak, mayones, dan mentega, juga dapat meningkatkan demam Kalian.

Buah dan sayuran yang mengandung gula alami juga dapat meningkatkan demam Kalian karena tubuh Kalian bereaksi terhadap gula tersebut dengan menaikkan suhunya.

Kalian juga harus menghindari makan makanan mentah karena bakteri dalam makanan mentah dapat masuk ke tubuh Kalian dan menyebabkan berbagai penyakit; ini disebut keracunan ptomaine.#Menyebutkan demam berdarah saja sudah cukup membuat orang menggigil ketakutan; penyakit virus yang mematikan telah menanamkan ketakutan dan kebencian di benak banyak orang.

Tidak ada ahli medis yang akan menyarankan untuk tidak melawan virus mematikan ini, tetapi melawan balik bisa sulit jika seseorang tidak berpengalaman dalam melawan demam.

Gagal mengatasi penyebab demam dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius, jadi apa yang harus dilakukan ketika seseorang menderita demam tanpa menyadarinya?# Sebaiknya jangan memperparah kondisi virus yang sudah ada seperti demam berdarah karena hal itu dapat memperburuk keadaan.

Namun, seseorang harus makan sehat jika sudah makan sehat saat demam.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan yang tidak sehat dan minum banyak cairan saat sakit.

Melakukan hal itu akan membantu Kamu tetap terhidrasi, meningkatkan pergerakan usus yang sehat, dan menjaga demam Kamu.#Selanjutnya, orang harus menghindari alkohol, minuman berkafein dan minuman ringan berkarbonasi karena dapat meningkatkan tekanan darah dan berkontribusi terhadap kerusakan kapiler.

Plus, makan makanan yang mudah dicerna seperti roti putih, kentang, nasi dan mie akan memperlambat laju penyerapan makanan ke dalam darah.

Tingkat penyerapan yang lebih lambat menyebabkan pembuangan darah yang lebih lambat dari unsur-unsur berbahaya.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan ini selama demam. Orang tidak boleh makan makanan berminyak atau pedas selama demam.

Makanan berminyak mengentalkan darah dan memudahkan penyebaran penyakit.

Makanan pedas meningkatkan tekanan darah dan selanjutnya dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada tubuh.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang meningkatkan volume darah dapat menurunkan jumlah darah yang mengalir ke seluruh tubuh, sehingga menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan ini selama demam.

SELENGKAPNYA TONTON VIDEO INI
#Tag Artikel

  • makanan yang tidak boleh dimakan saat demam
  • makanan yang tidak boleh dimakan saat demam berdarah
  • makanan yang tidak boleh dimakan saat anak demam
  • makanan apa yang tidak boleh dimakan saat demam