Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan untuk Menurunkan Asam Urat Tinggi

Daftar makanan untuk menurunkan asam urat - Anda pernah mengalami sakit pada bagian sendi, terutama pada bagian jari, baik itu jari tangan maupun kaki? Jika iya, itu adalah salah satu tanda bahwa anda mengalami asam urat. Namun biasanya disertai dengan bengkak pada bagian yang nyeri tersebut.

Berbicara mengenai asam urat, biasanya penyakit ini disebabkan karena adanya pengkristalan zat natrium di dalam sendi sehingga menyebabkan radang sendi. Gejala yang akan dirasakan oleh orang yang mengalam iasam urat, yaitu akan merasakan sakit dan nyeri secara tiba-tiba di bagian sendi dan akan berlangsung hingga sebulan lamanya. Rasa sakit tersebut akan memuncak setelah 6-24 jam sesudah serangan pertamanya.

Memang penyakit asam urat setelah tiga puluh hari biasanya akan hilang dengan sendirinya, namun rasa sakit yang sebelumnya pernah dirasakan kemungkinan bisa kembali lagi dikemudian hari dalam waktu yang tidak bisa ditentukan. Nah, untuk mengatasinya, anda perlu mengkonsumsi makanan yang dapat membantu menurunkan asam urat. Berikut ini beberapa daftar makanan untuk menurunkan asam urat:
Daftar Makanan untuk Menurunkan Asam Urat
Daftar Makanan untuk Menurunkan Asam Urat

1. Makanan berserat tinggi

Untuk menurunkan asam urat anda bisa mengkonsumsi segala jenis makanan yang memiliki kandungan serat tinggi. Apa saja makanan yang mengandunga serat tinggi? Anda bisa memilih sayuran seperti brokoli, seledri, oats, kale, sawi, tomat, wortel, dan kubis. Anda bisa mengolahnya dengan cara yang sehat.

2. Sayuran

Berdasarkan penelitian, sayuran memang terbukti dapat membantu menurunkan asam urat dalam tubuh. Bahkan bagi yang orang sehat, resiko terkenanya asam urat akan menurun pesat apabila rajin mengkonsumsi sayuran. Selain masalah asam urat, sayuran juga dapat mengatasi masalah kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

3. Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan penelitian, kandungan tersebut dapat membantu menurunkan asam urat dalam tubuh. Sangat dianjurkan mengkonsumsi air perasan jeruk nipis 2 gelas dalam sehari. Bukan hanya jeruk nipis, dianjurkan juga mengkonsumsi buah-buahan lain yang mengandung vitamin C.

Baca juga : Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan

4. Air dan teh hijau

Jika anda mengalami masalah asam urat yang tinggi. Anda bisa memanfaatkan air Air dan teh hijau sebagai bahan alami untuk menurunkan asam urat dan kolesterol dalam tubuh. Air akan membantu tubuh dalam mengalirkan kadar asam urat yang tinggi melalui saluran urin. Sementara teh hijau akan membantu tubuh mengeluarkan semua limbah dan kotoran dalam tubuh yang bisa memicu kadar asam urat tinggi. Anda bisa meminumnya setidaknya dua cangkir teh hijau setiap hari secara rutin.

5. Alpukat

Salah satu jenis buah yang dapat membantu menurunkan asam urat yaitu buah alpukat. Buah yang satu ini memang memiliki kadar gula yang sangat rendah dan juga bisa meningkatkan kadar basa yang bisa memerangi kadar asam dalam tubuh. Selain itu, alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kolesterol buruk dalam tubuh. Lebih lengkapnya, alpukat akan membantu menurunkan berat badan sebab berat badan berlebih memiliki resiko tinggi terhadap asam urat yang tinggi juga. Konsumsilah alpukat dijadikan jus atau dengan campuran salad sayur dan buah.

Baca juga : Manfaat buah alpukat untuk kesehatan

6. Pisang

Pisang memiliki kandungan gula yang rendah, kadar alkali yang cukup tinggi dan merupakan sumber kalium yang bisa menurunkan kadar asam urat. Kalium akan membantu mencairkan asam dalam tubuh dan kemudian keluar dari tubuh lewat saluran urin. Namun tetap perlu diingat, jangan mengkonsumsinya berlebihan karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Baca juga : Manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan

7. Buah Ceri

Suka dengan buah ceri? Sebenarnya bukan hanya buah aslinya saja yang baik dikonsumsi, buah ceri bentuk kalengan juga sangat baik untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Konsumsi buah ceri setiap hari bisa menurunkan asam urat yang tinggi. Selain itu, buah ceri juga dapat membantu menghilangkan lemak dalam tubuh, menurunkan kolesterol dan mengurangi beberapa resiko penyakit stroke dan serangan jantung. Konsumsilah secara rutin.

8. Minyak biji rami

Pernah mendengar atau melihat biji rami? Minyak dari biji tersebut bisa anda manfaatkan untuk mengatasi masalah asam urat. Anda bisa mendapatkan minyak tersebut dengan mudah di toko obat atau toko kesehatan. Minyak dari biji rami ini sudah terkenal bisa menyerap kadar asam urat di dalam tubuh. Di dalam minyak biji rami setidaknya terdapat 45% sera, 55% asam lemak dan omega 3.

9. Buah apel

Buah apel selain enak dimakan juga memiliki manfaat yang baik bagi para penderita asam urat. Buah apel mengandung zat asam malat yang bisa membantu menetralkan kandungan asam urat di dalam tubuh. Buah ini juga dapat anda manfaatkan untuk menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya dapat membantu menangkal radikal bebas dan mencegah munculnya berbagai jenis penyakit di dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin.

Baca juga : Manfaat apel hijau untuk kesehatan

10. Ikan salmon

Ikan salmon memiliki kadar gizi dan nutrisi yang tinggi, dan kadar purinnya pun rendah, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kandungan lemak tak jenuh dan omega 3 yang sangat tinggi dalam ikan salmon juga baik bagi anda yang menderita penyakit kolestrol serta komplikasi dari penyakit kolestrol lainnya seperti jantung dan stroke. Namun ingat, jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Baca juga : Manfaat ikan salmon untuk kesehatan

11. Susu rendah lemak

Anda juga bisa memilih susu yang rendah kandungan lemaknya. Susu tersebut sangat baik untuk penderita asam urat. Dengan mengkonsumsi susu secara rutin akan membantu menurunkan asam urat dalam tubuh. Selain itu, susu ini juga rendah akan kandungan purinnya, dan juga memiliki kandungan lemak yang cukup untuk energi, sehingga tidak membuat orang mudah sakit setelah mengkonsumsinya.

12. Beras merah

Beras merah mengandung karbohidrat tinggi namun memiliki kadar gula serta kalori rendah sehingga dapat anda manfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain menyehatkan, beras merah juga dapat memberikan energi yang tinggi bagi anda para penderita asam urat. Jika anda tidak suka dengan tekstur dari beras merah ini, anda bisa mencampurkannya dengan beras putih agar teksturnya lebih enak dan sehat.

Baca juga : Manfaat beras merah untuk kesehatan

Demikianlah informasi tentang Daftar Makanan untuk Menurunkan Asam Urat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.