Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Belakang Saat Haid

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Belakang Saat Haid
Cara Mengatasi Sakit Pinggang Belakang Saat Haid - istockphoto.com

Sakit pinggang belakang saat menstruasi, atau biasa disebut dengan sakit pinggang, adalah kondisi umum yang dialami wanita. Sekitar 80% wanita mengalami sakit pinggang saat menstruasi. Sakit pinggang biasanya terjadi akibat perubahan hormonal saat haid. Selain itu, beban berat, postur yang tidak benar, dan kehamilan juga dapat memicu terjadinya sakit pinggang saat menstruasi.

Gejala sakit pinggang belakang saat menstruasi meliputi nyeri di pinggang, punggung, atau perut; nyeri ketika berjalan atau bergerak; dan kelelahan. Selain itu, wanita sering merasa tidak nyaman dan enggan bergerak karena merasa nyeri. Untuk mengatasi sakit pinggang belakang saat menstruasi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, di antaranya adalah sebagai berikut.

Pertama, berolahraga secara teratur. Olahraga akan membantu memperkuat otot-otot pinggang dan punggung. Selain itu, olahraga juga akan membantu menurunkan tekanan darah dan berat badan, yang dapat memicu terjadinya sakit pinggang saat menstruasi.

Kedua, istirahat yang cukup. Istirahat akan membuat tubuh lebih relaks dan tidak tegang, yang dapat memicu terjadinya sakit pinggang saat menstruasi.

Ketiga, rutin melakukan pemeriksaan ke dokter. Jika sakit pinggang belakang saat menstruasi tidak hilang dengan cara di atas, sebaiknya wanita tersebut melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Dokter akan mengukur tekanan darah dan memeriksa kondisi organ dalam tubuh wanita tersebut.

Keempat, konsumsi obat penghilang rasa sakit. Obat penghilang rasa sakit dapat membantu mengurangi nyeri yang dirasakan wanita saat menstruasi.

Kelima, hidrasi yang cukup. Cukupi cairan yang masuk ke dalam tubuh wanita selama menstruasi. Minum air putih atau cairan lainnya akan membantu menurunkan nyeri saat menstruasi.

Sakit pinggang belakang saat menstruasi dapat diatasi dengan berbagai cara di atas. Jika sakit pinggang belakang saat menstruasi tidak hilang dengan cara di atas, sebaiknya wanita tersebut melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

BEBERAPA WANITA TELAH MELAPORKAN BAHWA KOMPRES ES YANG DITEMPELKAN PADA TULANG BELAKANG MEREKA DAPAT MEREDAKAN SAKIT PUNGGUNG MEREKA SELAMA MENSTRUASI.

Ternyata, dingin menyebabkan otot menjadi rileks dan mengurangi peradangan pada tubuh.

Selain itu, mengoleskan panas ke tulang belakang Kamu melalui botol air panas juga tampaknya bekerja dengan baik untuk beberapa wanita.

Metode ini membutuhkan pemberian panas atau dingin langsung ke tulang belakang Kamu; jangan mencoba menggunakan bantalan pemanas atau air es di punggung Kamu tanpa bimbingan profesional.

Menderita nyeri haid yang parah memang tidak pernah menyenangkan, tetapi mengikuti tips ini dapat membuatnya sedikit lebih tidak sengsara. Kram haid cenderung sangat menyakitkan bagi wanita setiap bulannya.

Namun nyeri saat haid dapat dihindari dengan istirahat yang baik dan makan makanan yang seimbang.

Selain itu, mengoleskan kompres es atau bantalan pemanas langsung pada tulang belakang juga dapat membantu mengatasi nyeri saat menstruasi.

Terlepas dari apa yang Kalian lakukan, tetap aktif secara fisik selama siklus menstruasi membantu Kalian tetap lentur dan sehat di setiap siklus.* Ketika seorang wanita berhenti menstruasi, indung telur atau rahimnya masing-masing berhenti memproduksi sel telur atau kehamilan.

Ini menyebabkan tubuh merespons dengan mengontraksi otot dan mengeluarkan organ dalam untuk mengurangi berat badan.

Namun, otot yang berkontraksi dan peningkatan metabolisme dapat menyebabkan nyeri punggung saat menstruasi jika tidak ditangani dengan benar.

Untuk menghindarinya, mengikuti beberapa anjuran dapat membantu meredakan nyeri haid.*Nyeri haid adalah masalah umum bagi banyak wanita.

Hal ini disebabkan oleh respon tubuh terhadap pengangkatan indung telur atau rahim saat menstruasi.

Selain kram dan rasa tidak nyaman, nyeri saat menstruasi dapat menyebabkan sakit berkepanjangan dan penurunan kinerja fisik dan mental.

Meskipun nyeri haid sangat umum, bisa sangat menyakitkan jika parah.

Untungnya, ada beberapa solusi untuk nyeri haid.*Hal pertama yang harus dilakukan saat menderita sakit punggung saat haid adalah istirahat sebanyak mungkin.

Duduk atau berdiri dalam waktu lama akan sangat memperburuk kram menstruasi.

Selain itu, makan makanan seimbang dengan banyak protein dan serat akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan selama ini.

Diet seimbang akan memberi tubuh Kalian cukup energi untuk berfungsi secara normal sekaligus mengurangi stres pada otot Kalian.

Tidur setidaknya delapan jam setiap malam akan memungkinkan tubuh Kalian pulih di antara waktu makan dan mengurangi risiko kelelahan saat Kalian sedang makan.

SELENGKAPNYA TONTON VIDEO INI
#Tag Artikel

  • cara mengatasi sakit pinggang belakang saat haid