Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Saat Hamil

Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Saat Hamil
Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Saat Hamil - istockphoto.com

Gigi berlubang saat hamil adalah sesuatu yang umum dialami oleh wanita hamil. Hal ini biasanya terjadi akibat penurunan kandungan hormon estrogen yang terjadi selama kehamilan. Gigi berlubang saat hamil biasanya tidak menimbulkan rasa sakit atau nyeri, namun dapat menyebabkan keputihan dan bau mulut yang tidak sedap.

BERIKUT BEBERAPA CARA MENGATASI GIGI BERLUBANG SAAT HAMIL:

1. HINDARI MAKANAN YANG MENGANDUNG CUKUP BANYAK GARAM.

HAL INI KARENA GARAM DAPAT MEMBUAT GIGI BERLUBANG SEMAKIN NYERI.

2. GUNAKAN PASTA GIGI YANG MENGANDUNG FLUORIDE.

Pasta gigi yang mengandung fluoride dapat membantu mencegah terjadinya gigi berlubang.

3. GUNAKAN PERMEN KARET YANG MENGANDUNG FLUORIDE.

Permen karet yang mengandung fluoride dapat membantu mencegah terjadinya gigi berlubang.

4. HINDARI MAKANAN YANG MENGANDUNG KIMIA BERBAHAYA.

Makanan yang mengandung kimia berbahaya dapat memperparah gigi berlubang.

5. BERSIHKAN GIGI DENGAN BAIK DAN SELALU KUMUR-KUMUR DENGAN AIR GARAM.

Bersihkan gigi dengan baik dan selalu kumur-kumur dengan air garam dapat membantu mencegah gigi berlubang.

Terakhir, penting untuk dicatat bahwa obat pencegah gigi berlubang dapat berbahaya bagi wanita hamil dan anak-anak di bawah usia enam tahun selama trimester pertama kehamilan mereka.

Reaksi pengobatan ini dapat menyebabkan masalah pernapasan dan bahkan kematian pada anak di bawah enam tahun dan pada wanita hamil.

Meskipun demikian, jika Kalian atau anak di bawah enam tahun mengalami reaksi obat yang serupa saat mengunjungi dokter gigi, beri tahu manajer atau pemilik kantor gigi agar ia dapat melakukan prosedur yang lebih aman untuk staf giginya saat bekerja dengan pasien yang sedang hamil atau memiliki anak.

anak-anak yang hadir di kantor gigi bersama mereka.# Menurut American Pregnancy Association, wanita hamil mengalami peningkatan kerusakan gigi sebesar 30-70 persen.

Ini karena kehamilan mengurangi sistem kekebalan tubuh, membuatnya kurang siap untuk melawan penyakit.

Selain itu, ibu hamil cenderung lebih banyak mengonsumsi karbohidrat dan makanan manis dibandingkan saat tidak hamil.

Ini menciptakan lingkungan yang tidak menguntungkan untuk kerusakan gigi dan masalah gusi.

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Kamu lakukan untuk melindungi gigi saat hamil.#Banyak wanita mengalami kerusakan gigi dan masalah gusi selama kehamilan.

Gigi berlubang adalah masalah gigi umum yang harus dihadapi wanita hamil.

Alasan utamanya adalah tubuh ibu hamil mengalami kerusakan enamel gigi lebih cepat dari biasanya.

Namun, ada cara untuk mencegah, mengobati, dan bahkan mencegah gusi turun selama kehamilan. Melindungi gigi Kalian saat hamil tidak selalu mudah, tetapi itu pasti mungkin- pastikan Kalian melakukan tindakan pencegahan yang tercantum di atas! Dengan cara itu Kalian akan memiliki gigi dan gusi yang lebih sehat tanpa khawatir tentang bagaimana gigi berlubang membuat Kalian merasa atau mempengaruhi senyum Kalian!Cara hebat lainnya untuk melindungi gigi Kamu saat hamil adalah dengan membatasi seberapa sering Kamu mengunjungi dokter gigi.

The American Dental Association merekomendasikan agar semua orang dewasa Amerika pergi ke dokter gigi dua kali setahun untuk pemeriksaan dan pembersihan rutin.

Namun, wanita hamil disarankan mengunjungi dokter gigi lebih sering dari waktu tersebut karena meningkatnya faktor risiko masalah gigi selama kehamilan.

Selain itu, jika dokter gigi Kamu tidak profesional, ia mungkin mencabut tambalan atau fiksasi gigi yang tidak perlu tanpa persetujuan Kamu.

Mengambil tindakan pencegahan ini dapat membantu Kamu melindungi gigi Kamu pada pemeriksaan gigi yang optimal selama kehamilan.Salah satu cara terbaik untuk mencegah gigi berlubang saat hamil adalah dengan menyikat gigi secara teratur.

Menyikat gigi menghilangkan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi.

Plus, melakukan ini secara teratur membantu gusi Kalian tetap sehat serta membantu Kalian bernafas lebih baik.

Kalian juga dapat menghindari makan terlalu banyak gula dan makanan asam - ini cenderung semakin melemahkan gigi dan gusi Kalian.

Pada dasarnya, melakukan apapun yang Kalian bisa untuk menjaga mulut Kalian sebersih mungkin saat hamil akan memberi Kalian kesempatan terbaik untuk melindungi gigi Kalian.

SELENGKAPNYA TONTON VIDEO INI
#Tag Artikel

  • cara mengatasi sakit gigi berlubang saat hamil