Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Dampak Buruk Kurang Olah Raga Bagi Kesehatan Tubuh

Dampak Buruk Kurang Olah Raga Bagi Kesehatan Tubuh - Olah raga merupakan aktivitas yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Hal tersebut memang benar adanya, Tubuh yang sering berolah raga akan menjadi sehat dan bugar serta berumur panjang. Memang penyakit dan umur tak ada yang tahu, namun dengan berolah raga, tubuh akan menjadi sehat dan tak mudah terserang penyakit.

Untuk melakukan aktivitas olah sendiri, ada banyak jenis olah raga yang bisa kita lakukan. Kita bisa memilih olah raga yang kita sukai seperti lari, sepak bola, bulu tangkis, renang, bersepeda dan lain sebagainya. Olah raga akan membantu  membakar lemak tubuh serta membuat aliran darah menjadi lancar sehingga jantung dan tubuh secara keseluruhan menjadi sehat. Selain itu, olah raga juga sangat baik untuk kecantikan. Rajin olah raga akan membuat kulit menjadi kencang dan awet muda.

Dari tadi kita membicarakan manfaat dari olah raga, lalu apa dampak buruknya dari kurang berolah raga? Nah, berikut Dampak Buruk Kurang Olah Raga Bagi Kesehatan Tubuh.
7 Dampak Buruk Kurang Olah Raga Bagi Kesehatan Tubuh
7 Dampak Buruk Kurang Olah Raga Bagi Kesehatan Tubuh

1. Tubuh menjadi kurang fit dan mudah capek

Dampak buruk pertama yang disebabkan karena kurang berolah raga yaitu tubuh menjadi kurang fit dan mudah capek. Hal ini terasa ketika anda jalan-jalan keliling halaman atau ketika melakukan aktivitas berat. Anda akan sangat mudah sekali capek. Tubuh yang jarang berolah raga atau jarang berlatih akan membuat tubuh menjadi kehilangan tenaga dan kekuatan fisik akan terus berkurang. Berbeda dengan orang yang rajin berolah raga, tubuhnya kekar, kuat dan bertenaga.

2. Tulang rapuh 

Selain menyebabkan tubub lemah dan mudah capek, kurang berolah raga juga akan menyebabkan tulang menjadi rapuh atau osteoporosis. Hal ini dikarenakan tulang yang jarang digunakan untuk berlatih akan kehilangan banyak mineral, sehingga kepadatan tulang menjadi berkurang.

3. Dorongan untuk makan makanan tak sehat

Orang yang jarang berolah raga juga akan cenderung mengkonsumsi makanan tak sehat. Mereka lebih memilih makanan yang mudah seperti makanan-makanan instan dan junk food. Hal ini sangat berbeda jauh dengan orang yang rajin berolah raga, mereka akan sangat memilih makanan sehat karena adanya dorongan untuk hidup sehat.

4. Gampang stres dan marah

Orang yang kurang berolah raga juga akan mudah stres dan marah. Hal ini dikarenakan olah raga dapat mengeluarkan energi negatif. Orang yang jarang berolah raga, sulit untuk mengeluarkan energi negatif, akibatnya mudah emosi, marah dan stres. Selain itu olah raga juga akan melepaskan hormon serotonin dan dopamin yang membuat orang menjadi bahagia. 

5. Susah tidur

Anda sering mengalami susah tidur, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena anda kurang olah raga. Bahkan sudah tidurpu anda akan tetap merasa capek atau lesu. Untuk itu anda wajib mengatur jadwal anda untuk berolah raga.

6. Perut buncit dan obesitas

Efek buruk berikutnya dari kurang berolah raga yaitu perut buncit, kenaikan berat badan dan obesitas. Hal ini disebabkan karena tumpukan lemak di dalam tubuh yang terus bertambah. Berbeda ketika rajin berolah raga, olah raga akan membakar lemak di tubuh sehingga tubuh menjadi langsing dan sehat.

7. Penyakit berbahaya hingga kematian

Dampak paling buruk dari kurang berolah raga adalah tubuh mudah terserang berbagai penyakit termasuk penyakit mematikan seperti takanan darah tinggi, kolesterol, serangan jantung dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi tentang Dampak Buruk Kurang Olah Raga Bagi Kesehatan Tubuh. Mengetahui akan bahaya dari kurang berolah raga, maka dari itu kita wajib luangkan waktu untuk berolah raga. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.