Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Makanan sehat untuk menjaga kesehatan jantung - Jantung adalah salah satu organ tubuh yang paling penting dalam tubuh manusia. Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Ini sebabnya bila jantung tidak terjaga kesehatannya maka akan mengalami penurunan fungsi dan mengalami gangguan.

Untuk menjaga kesehatan jantung anda bisa melakukan banyak cara. Cara yang paling umum pada intinya adalah dengan menjaga pola hidup sehat dan juga pola makan yang terartur. Cara itulah yang mampu menjaga kesehatan jantung dan juga kesehatan tubuh anda lainnya. Berbicara tentang makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung. Ada banyak makanan yang bisa anda pilih. Beberapa makanan itu bisa anda gunakan untuk menjaga jantung anda agar tetap sehat.

Memang sekarang banyak makanan cepat saji yang kurang sehat dan ternyata mampu mengalahkan makanan rumahan yang lebih sehat. Mengapa orang malah lebih memilih makanan cepat saji? Karena mungkin pengaruh dunia yang serba instan. Lalu makanan apa saja yang dapat menjaga kesehatan jantung? Berikut ini lima makanan sehat untuk menjaga jantung anda agar tetap sehat:

5 Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Jantung
Makanan Sehat untuk Menjaga Kesehatan Jantung

1. Buah berry

Berbagaia macam buah beri seperti strowberi, cranberi, blueberi, blackberi, dan lain sebagainya, ternyata memiliki kandungan antioksidan yang mampu meningkatkan fungsi jantung anda. Buah beri juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Sangat baik bagi anda yang ingin menjaga jantung tetap sehat sepanjang masa.

2. Yogurt

Yigurt merupakan makanan yang memiliki tekstur lembut dan memiliki rasa gurih. Yogurt sangat efektif melindungi kesehatan jantung anda. Bukan hanya itu, yogurt juga melindungi kesehatan gusi yang juga berkontribusi menyebabkan penyakit jantung. Karena gusi yang tidak sehat juga menandakan jantung mengalami masalah. Ini sebabnya anda perlu mengkonsumsi yogurt.

3. Semangka

Buah yang memiliki kandungan air melimpah ini ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kandungan vitamin A, C, magnesium, serat, dan kalium ini sangat membantu anda dalam menjaga kesehatan jantung. Semangka juga merupakan sumber antioksidan dan rendah kalori. Sehingga sangat baik untuk pencegahan penyakit jantung dan kanker.

4. Melon kuning

Melon yang berwarna kuning ini kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan itulah yang mampu menurunkan resiko tubuh anda terserang penyakit jantung koroner. Hal ini dikarenakan vitamin C bersifat antioksidan yang mampu memperbaiki sel rusak dalam tubuh. Kandungan vitamin A, B, K, magnesium, dan folat ini juga dapat sel anda dari radikal bebas.

5. Alpukat

Alpukat memiliki warna yang mampu menggoda selera setiap orang. Ini sebabnya alpukat banyak disukai orang. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal, kalium, mineral, vitamin C, serat, karotenoid dalam alpukat mampu mengendalikan tekanan darah dan juga mampu menurunkan resiko kematian akibat penakit kardiovaskular.

Demikianlah 5 makanan sehat untuk menjaga kesehatan jantung anda. Jantung merupakan organ vital kehidupan yang harus kita jaga, lindungi kesehatan jantung dengan kelima makanan tersebut. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.