Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Alasan Kenapa DiLarang Menggunakan Ponsel Di SPBU

Setiap kita masuk ke SPBU kita pasti melihat tanda-tanda larangan sperti larangan merokok atau larangan menggunakan ponsel. Kalua untuk larangan merokok sudah semua orang juga tahu, merokok di SPBU bisa menyebabkan kebakaran. Namun apa pengaruhnya ponsel bagi SPBU, ox ponsel ikutan dilarang? Itulah pertanyaan yang sering muncul di pikiran beberapa orang.

Nahh ternyata dampak ponsel terhadap SPBU yang sedang mengisi bahan bakar sangatlah berbahaya. Bukan hanyalah rokok saja yang bisa membuat Pom bensin atau SPBU ter bakar, ternyata ponsel juga bisa menyebabkan kebakaran di SPBU.

Inilah Alasan Kenapa DiLarang Menggunakan Ponsel Di SPBU

Dalam satu Unit Ponsel dapat mengeluarkan frekuensi yang cukup tinggi. Setiap Handphone juga mengeluarkan bunga api berukura satu mikron, atau setara dengan seper seratus milimeter. Percikan ini kerap keluar dari HP di antena koil akibat perbedaan yang cukup tinggi.

Tak hanya sekedar itu saja. Ligh Emitting Diode atau sering disingkat LED pada ponsel berbeda dengan LED pada umumnya. LED pada ponsel dipasang telanjang sehingga bersentuhan dengan udara bebas. LED tersebut terhubung dengan tabung dari plastik sehingga filamennya terlindung. Oleh sebab itu ketika ponsel di nyalakan  akan menimbulkan pijar, pijar tersebutlah yang menimbulkan percikan api dari koil tersebut.

Percikan api tersebut memang tidaklah besar dan tidak mampu menyulut uap bensin dalam udara terbuka dan bebas. Namun beda halnya jika udara yang ada di sekitarnya sudah jenuh sekali dengan uap bensin. Percikan api  yang sangat kecil tersebut bisa menyebabkan ledakan yang dasyat dan yang pasti akan memakan korban banyak.

Karena efek yang disebabkan itu cukup besar, maka banyak kita menemui himbauan-himbauan di tempat-tempat strategis di SPBU. Guna mendukung himbauan tersebut banyak berbagai vidio di Youtube yang mengungkap kejadian nyata kebakaran SPBU akibat menggunakan ponsel saat mengisi bahan bakar.

Demikianlah alasan mengapa kita di himbau tidak boleh menggunakan ponsel di SPBU. Setelah mengetahui alasan tersebut apakah sahabat masih berani main HP saat mengisi bahan bakar di SPBU? Semoga artikel tersebut bermanfaat dan terimakasih.