Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efek Buruk Merokok Bagi Kesehatan Otak

Efek Buruk Merokok Bagi Kesehatan Otak - Merokok merupakan salah satu aktivitas sehari-hari kebanyakan masyarakat. Meskipun semua orang tahu merokok tak sehat, namun merokok sudah menjadi kebiasaan dan sulit dihilangkan karena merokok memberikan efek kecanduan. 

Rokok terbuat dari tembakau dan mengandung ribuan racun di dalamnya. Menurut WHO, merokok merupakan penyebab kematian no 1 di dunia yang sebenarnya dapat di hindari. Bahkan hal tersebut sudah tertulis jelas dalam setiap bungkus rokok seperti "Rokok membunuhmu" Dan berbagai peringatan keras lainnya.

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya hingga kematian. Menurut penelitian, orang yang terbiasa merokok mengalami kematian dini dibandingkan orang yang tidak merokok. Efek merokok langsung menyerang organ vital seperti jantung dan paru-paru. Tidak hanya itu saja, merokok juga dapat menyerang otak. Nah berikut Efek Buruk Merokok Bagi Kesehatan Otak.
Efek Buruk Merokok Bagi Kesehatan Otak
Efek Buruk Merokok Bagi Kesehatan Otak

1. Suplai oksigen ke otak menjadi terhambat

Dampak buruk pertama dari kebiasaan merokok adalah merokok menyebabkan suplai oksigen ke otak menjadi tersumbat. Hal ini dapat menyebabkan orang menjadi sulit berfikir. Oksigen pada otak yang berkurang akan meningkatkan kadar karbon dioksida sehingga mempengaruhi hemoglogin sehingga orang menjadi susah berfikir atau menyelesaikan masalah.

2. Sulit berkonsentrasi

Banyak orang tak bisa berfikir tanpa merokok. Hal tersebut tentu salah kaprah. Seperti yang telah dijelaskan pada point sebelumnya dimana merokok dapat menyebabkan suplai oksigen pada otak terhambat sehingga orang akan kesulitan berfikir atau berkonsentrasi. Hal ini menyebabkan orang yang kecanduan rokok menjadi agak bodoh.

3. Menyebabkan kecanduan

Semua orang pasti setuju jika merokok dapat menyebabkan kecanduan. Hal ini disebabkan kandungan nikotin dalam rokok dapat melesak pada reseptor-reseptor otak. Hal tersebut beedampak aktifnya area-area otak yang kemudian menciptakan perasaan senang atau bahagia. Hal inilah yang menyebabkan kecanduan, dimana orang yang tak merokok akan membuat orang merasa gelisah dan tak nyaman.

4. Beresiko terkena demensia

Demensia atau Alzheimer merupakan penyakit yang menyebabkan kemampuan berfikir otak. Kebiasaan merokok akan menyebabkan otak melemah dan mengerut, sehingga akan menurunkan kemampuan koognitif. Selain itu, merokok juga akan menyebabkan insomnia atau gangguan tidur. Untuk itu baiknya anda hentikan kebiasan merokok anda.

5. Stroke otak

Dampak paling mengerikan merokok pada otak adalah merokok akan menyebabkan stroke otak. Hal ini dikarenakan merokok akan menyebabkan darah menjadi kental, hal ini akan berdampak pada resiko pengendapan plak di arteri dan jika dibiarkan akan menyebabkan stroke otak.
Demikianlah informasi tentang Efek Buruk Merokok Bagi Kesehatan Otak. Selain berdampak buruk bagi otak, merokok juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya seperti kanker, serangan jantung dan penyakit mematikan lainnya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.