Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tanda Penyakit Ginjal Yang Tak Boleh Anda Abaikan

Tanda Penyakit Ginjal Yang Tak Boleh Anda Abaikan - Ginjal merupakan organ dalam tubuh yang memiliki peranan sangat penting yaitu menyaring darah dan kotoran yang kemudian akan dibuag ke luar tubuh melalui urine. Bisa kita bayangkan seandainya ginjal kita bermasalah atau tidak bekerja dengan baik, maka racun didalam tubuh tidak bisa tersaring, akibatnya akan menyebar keseluruh tubuh yang menyebabkan berbagai masala kesehatan.

Ginjal adalah organ dalam yang tentunya tidak bisa kita lihat begitu saja. Tidak mudah untuk bisa mengetahui apakah ginjal kita bermasalah atau tidak. Namun, ginjal akan memberikan sinyal atau tanda-tanda ketika ginjal mengalami masalah. Meskipun demikian, tak banyak orang yang tahu atau menyadari jika dirinya mengidap penyakit ginjal, hal ini tentu sangat berbahaya sekali.

Nah, penting bagi kita semua untuk mengetahui akan kondisi ginjal kita. Dengan mengetahui kondisi ginjal, kita akan lebih mudah dalam melakukan penangana ketika ginjal kita bermasalah. Ada beberapa tanda yang ditujukan ketika ginjal bermasalah. Berikut Tanda Penyakit Ginjal Yang Tak Boleh Anda Abaikan.
7 Tanda Penyakit Ginjal Yang Tak Boleh Anda Abaikan
7 Tanda Penyakit Ginjal Yang Tak Boleh Anda Abaikan

1. Rasa logam dimulut

Tanda pertama yang menunjukan ginjal anda bermasalah adalah adanya rasa logam di mulut anda. Hal ini dikarenakan terjadinya penumpukan racun pada aliran darah sehingga membuat mulut terasa tak nyaman seperti terasa logam  ketika anda mengkosumsi makanan dan bau mulut yang tak sedap. Jika anda mengalami hal demikian, baiknya anda waspada dan periksalah ke dokter sebelum keadaan semakin buruk.

2. Ruam atau gatal yang tak biasa

Munculnya ruma serta gatal-gatal memang merupakan masalah kulit yang umum terjadi. Namun jika ruam dan gatal tersebut terjadi seperti tak biasa, hal tersebut bisa menjadi salah satu pertanda ginjal bermasalah. Salah satu fungsi ginjal yaitu membuang limbah, dan menjaga sistem peredaran darah yang dilengkapi dengan keseimbangan nutrisi dan meniral, jika ginjal bermasalah, maka nutrisi dan mineral akan terganggu, akibatnya akan berpengaruh pada kulit, kulit akan menjadi gatal-gatal dan beruam.

3. Buang air kecil yang tidak normal

Ginjal akan menyaring darah dan akan membuang racun bersama urin, jadi ginjal sangat erat kaitannya dengan urine. Oleh sebab itu, kondisi urin dapat menjadi patokan akan kesehatan ginjal kita. Orang yang mengalami gangguan ginjal juga akan mengalami gangguan urin atau buang air besar. Beberapa orang mengalami dorongan palsu untuk buang air kecil, beberapa orang juga mengalami buang air kecil dalam jumlah banyak sehingga sangat mengganggu, terutama dimalam hari yang mengganggu tidur anda. Jika hal tersebut terjadi, baiknya anda segera cek kesehatan di dokter.

4. Perubahan urin

Jika pada point sebelumnya masalah ginjal ditandai dengan frekuensi buang air kecil, pada point ini masalah ginjal juga ditandai dengan perubahan urin, terutama warna urine. Ketika ginjal bermasalah, warna urine akan berubah, biasanya menjadi gelap seperti bercampur dengan darah. Hal tersebut juga bisa muncul buih atau busa. Jika hal tersebut terjadi pada urine anda segeralah periksa ke dokter.

5. Mual dan muntah

Mual dan muntah juga merupakan salah satu masalah kesehatan yang sangat umum dialami semua orang. Mual dan muntah bisa menjadi pertanda berbagai penyakit salah satunya masalah pada ginjal. Ginjal bermanfaat untuk membuang limbah dan racun dari dalam tubuh, ketika ginjal bermasalah, maka racun dan juga limbah akan menetap di dalam tubuh, akibatnya perut akan terasa mual dan muntah. Hal ini juga akan berdampak pada penurunan nafsu makan serta penurunan berat badan dalam waktu yang cukup lama.

6. Mudah lelah

Ginjal yang bermasalah juga akan menyebabkan anda menjadi sangat mudah lelah. Penderita penyakit ginjal biasanya akan mengalami anemia baik ringan maupun berat. Hal ini dikarenakan gangguan pada fungsi ginjal yang memantau jumah sel darah merah, akibatnya tubuh akan menjadi mudah lelah, mudah pusing, mudah kedinginan dan sering kehabisan nafas.

7. Terjadi pembengkakan pada kaki dan wajah

Tanda terakhir dari masalah ginjal yang wajib anda waspadai adalah munculnya pembengkakan pada kaki dan wajah. Hal ini dikarenakan fungsi ginjal dalam membuang cairan tubuh bermasalah, akibatnya cairan akan menumpuk pada kulit wajah, kaki dan bagian tubuh lainnya yang menyebabkan pembengkakan.

Demikianlah informasi tentang Tanda Penyakit Ginjal Yang Tak Boleh Anda Abaikan. Jika tanda-tanda tersebut di alami anda atau  keluarga anda, baiknya anda segera pergi ke dokter. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.