Tips Agar Luka Ceasar Cepat Sembuh Dan Kering

Tips Agar Luka Ceasar Cepat Sembuh Dan Kering - Luka ceasar atau luka yang terjadi dikarenakan proses persalinan memang sangat menganggu dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk cepat kering dan sembuh. Luka ceasar ini sering kali membuat para ibu kurang percaya diri. Dan agar luka ceasar cepat sembuh tentunya dibutuhka perawatan esktra.

Nah buat para ibu-ibu yang masih kebingungan merawat luka ceasar agar cepat sembuh. Nah berikut kami berikan beberapa tips merawat luka ceasar. Berikut Tips Agar Luka Ceasar Cepat Sembuh Dan Kering.
Tips Agar Luka Ceasar Cepat Sembuh Dan Kering
Tips Agar Luka Ceasar Cepat Sembuh Dan Kering

Istirahat

Hal yang harus ibu lakukan agar luka ceasar cepat sembuh adalah perbanyak istirahat dan jangan banyak bergerak. Ibu yang baru melahirkan dan megeluarkan banyak darah, perlu istirahat dan . menenangkan diri. Hindari melakukan aktivitas berat.

Menjaga kebersihan luka caesar

Hal yang sangat penting untuk ibu lakukan setelah melakukan operasi ceasar yaitu dengan menjaga luka ceasar agar cepat sembuh. Ketika sedang mandi, basuh dengan sedikit sabun dan dan keringkan dengan handuk lembut. Luka yang terjaga kebersihannya akan lebih cepat sembuh dan mengering.

Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran

Mengkonsumsi buah dan sayuran pasca operasi ceasar juga sangat disarankan. Selain baik untuk penyembuhan luka juga dapat membantu mencegah sembelit. Hal ini dikarenakan buah san sayuran kaya akan kandungan air, nutrisi serta serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

Kompres luka dengan air hangat

Hal berikutnya yang harus ibu lakukan adalah dengan mengompres luka ceasar dengan air hangat. Hal ini bertujuan agar rasa sakit pada luka dapat berkurang serta air hangat juga memberikan efek yang menenangkan.

Rutin mengkonsumsi obat

Agar luka ceasar cepat sembut, tentunya ibu yang baru melahirkan harus rutin mengkonsumsi obat dari dokter, terutama obat anti nyeri agar luka ceasar tidak sakit. 

Menggunakan pakean longgar

Selama luka ceasar belum sembuh, anda juga disarankan untuk menggunakan pakean yang longgar. Hal ini akan membuat sirkulasi udara lebih lancar sehingga luka bisa cepat sembuh.

Mengenali gejala infeksi

Hal yang tak kalah penting ketika memiliki luka ceasar adalah mengenali gejala infeksi luka ceasar. Ketika luka menunjukan gejala infeksi, segera pergi ke dokter sebelum hal buruk terjadi.

Berlatih berjalan

Setela luka mulai membaik, anda jugan disarankan untuk berlatih berjalan kembali. Hal ini penting, karena setelah melahirkan banyak otot yang melemah.

Demikianlah informasi tentang Tips Agar Luka Ceasar Cepat Sembuh Dan Kering. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef