5 Efek Mengerikan Dari Kurang Tidur

Efek Mengerikan Dari Kurang Tidur - Tidur merupakan salah satu aktivitas yang menjadi kebutuhan manusia untuk mengembalikan energi serta memperbaiki atau meregenerasi sel-sel tubuh yag rusak. Tidur sangat penting bagi kesehatan, tubuh yang lelah karena kesibukan seharian, harus beristirahat dengan cara tidur.

Kerja lembur atau begadang, memang hal yang wajar dilakukan semua orang. Hal tersebut membuat orang kurag tidur, jika hal tersebut terjadi berulang kali tentu akan menyebabkan bahaya bagi kesehatan tubuh. Kurang tidur yang sering terjadi bahkan menjadi kebiasaan akan merusak sel-sel tubuh sehingga menyebabkan gangguan kesehatan. Nah berikut Efek Mengerikan Dari Kurang Tidur.
5 Efek Mengerikan Dari Kurang Tidur
5 Efek Mengerikan Dari Kurang Tidur

1. Merusak mood

Kurang tidur membuat tubuh kurang istirahat yang mana nantinya akan membuat emosi tak stabil. Tubuh yang lelah dan dipaksakan untuk beraktivitas, akibatnya adalah rusaknya suasana hati, mudah tersinggung dan lain sebagainya. Kebiasaan buruk ini bahkan bisa memicu depresi.

2. Mudah Lupa

Karena sel-sel otak tidak mendapatkan waktu istirahat yang dibutuhkan untuk meregenerasi sel-sel otak dan mengembalikan otak ke kondisi segar, maka ketika menjalankan aktivitas, kamu jadi sering lupa. Penelitian menemukan bahwa tidur penting bagi optimalnya proses menyimpan dan mengolah informasi dalam otak.

3. Risiko kanker meningkat

Kurang tidur bisa menurunkan imun tubuh dan membuat tubuh mudah terserang penyakit, termasuk kanker. Penelitian menemukan bahwa kurang tidur juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker prostat.

4. Jantung akan Mengalami Masalah

Menurut analisis para ahli, baik durasi tidur yang lama maupun sebentar diketahui memiliki dampak negatif bagi kesehatan jantung. Lebih lanjut, kemungkinan terjadinya penyakit jantung koroner maupun stroke akan bertambah seiring dengan kurangnya waktu tidur.

5. Risiko Terkena Diabetes Bertambah

Kurang tidur juga dapat meningkatkan resiko diabetes, mereka yang kekurangan tidur akan lebih rentan terkena diabetes. Para ahli merekomendasikan untuk tidur setidaknya tujuh sampai delapan jam untuk menghindari masalah insulin.

Demikianlah informasi tentang Efek Mengerikan Dari Kurang Tidur. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef