Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efek Kurang Tidur Dalam Jangka Panjang

Efek Kurang Tidur Dalam Jangka Panjang

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang menjadi kebutuhan manusia, untuk mengembalikan energi serta memperbaiki atau meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Tidur sangat penting bagi kesehatan, tubuh yang lelah karena kesibukan seharian, harus beristirahat dengan cara tidur.

Kerja lembur atau begadang, memang hal yang wajar dilakukan semua orang. Tapi, jika hal tersebut terus dilakukan begitu saja bisa menyebabkan bahaya bagi kesehatan tubuh. Salah satunya bisa membuat jantung jadi bermasalah. 

Menurut analisis para ahli, baik durasi tidur yang lama maupun sebentar diketahui memiliki dampak negatif bagi kesehatan jantung. Lebih lanjut, kemungkinan terjadinya penyakit jantung koroner maupun stroke akan bertambah seiring dengan kurangnya waktu tidur.

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa mereka yang kurang tidur memiliki risiko lebih besar untuk mengalami penyakit jantung dan stroke jangka panjang. Kegagalan untuk mendapatkan tidur cukup dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan stroke.

Studi tersebut menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam perhari memiliki risiko dua kali lipat untuk meninggal akibat penyakit jantung dan stroke. Selain itu, mereka yang tidur kurang dari enam jam sehari juga memiliki risiko lebih besar untuk menderita diabetes, penyakit ginjal, dan penyakit paru-paru.

Secara umum, kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan stroke. Kegagalan untuk mendapatkan tidur cukup dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti yang telah diuraikan di atas.

Tidur yang cukup adalah hal penting bagi kesehatan. Orang yang tidur cukup akan merasa lebih segar dan lebih bersemangat di pagi hari. Tidur yang cukup juga dapat membantu meningkatkan produktivitas dan konsentrasi.

Sebagai orang yang sehat, Anda perlu mendapatkan tidur yang cukup untuk memastikan kesehatan Anda. Jika Anda merasa kurang tidur, cobalah untuk tidur lebih awal atau beristirahat sejenak di siang hari. Itulah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda mendapatkan tidur yang cukup.

Kebanyakan orang tahu bahwa kurang tidur dapat berdampak buruk pada tugas kehidupan sehari-hari.

Sebagian besar juga tahu bahwa beberapa jam tambahan tidur setiap malam dengan mudah mengatasi masalah ini.

Namun, banyak orang mengabaikan masalah tersebut dan terus tidur kurang dari tujuh jam setiap malam.

Mereka menganggap bahwa mereka akan baik-baik saja karena mereka merasa baik-baik saja ketika mereka sedang tidur.

Namun, masalah di masa depan lebih mungkin terjadi jika diabaikan begitu lama.*Menurut National Sleep Foundation, enam puluh persen orang dewasa di Amerika Serikat menderita kurang tidur kronis.

Banyak orang percaya bahwa mereka dapat berfungsi normal tanpa tidur yang cukup.

Ini tidak benar; kurang tidur memiliki efek kesehatan jangka panjang yang serius.

Plus, mudah untuk memanjakan diri sendiri dengan beberapa jam ekstra tidur setiap malam. Ketika kita tidur, tubuh dan pikiran kita memperbaiki diri dan memperkuat fungsi yang ada.

Yang terpenting, tidur membantu otak kita dengan fungsi memori sehari-hari, termasuk berpikir, bernalar, dan menilai.

Selain itu, tidur membuat tubuh kita sehat dengan membantu fungsi tubuh seperti pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

Orang dengan penyakit atau kesehatan yang buruk biasanya mengalami keadaan yang lebih buruk setelah membatasi tidurnya.

Bahkan serangan kurang tidur ringan mengakibatkan efek kesehatan negatif jangka panjang.#Selain manfaat fisik dan mental, kurang tidur menyebabkan beberapa masalah lain.

Mengkonsumsi kelebihan kalori menyebabkan penambahan berat badan karena otak gagal mengidentifikasi apa yang tubuh rasakan seperti makan.

Lebih lanjut, kurang tidur membuat emosi dan nafsu makan menjadi sulit dikendalikan.

Hal ini terbukti pada orang yang kehilangan kendali atas diet mereka setelah tidak cukup tidur.

Selain itu, individu yang kurang istirahat seringkali mengalami kesulitan dalam menyelartikelkan tugas sehari-hari.

Mereka sering kewalahan dengan banyaknya tanggung jawab dalam hidup mereka.#Kita membutuhkan setidaknya tujuh jam tidur berkualitas setiap malam agar berfungsi dengan baik setiap hari.

Kurang tidur ringan menyebabkan masalah yang lebih besar di kemudian hari.

Namun, mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kualitas tidur Kalian hanya membutuhkan waktu beberapa menit setiap malam.

Plus, memperbaiki kekurangan akan sangat meningkatkan kesehatan fisik dan mental Kalian dalam jangka panjang.

SELENGKAPNYA TONTON VIDEO INI
#Tag Artikel

  • efek kurang tidur dalam jangka panjang