Waktu Paling Mustajab Untuk Berdoa Dibulan Ramadhan

Waktu Paling Mustajab Untuk Berdoa Dibulan Ramadhan - Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, dimana pada bulan Ramadhan semua amal ibadah akan dikali lipatkan pahalanya. Untk itu kita semua disunahkan untuk memperbanyak amal ibadah dan berlomba-lomba untuk melakukan berbagai kebaikan.

Selain dilipat gandakan pahala amal ibadah, dibulan suci Ramadhan juga merupakan bulan dimana doa-doa kita akan sangat mudah untuk dikabulkan. Memang kita bisa berdoa kapan saja, terlebih saat bulan Ramadhan. Namun, ada waktu-waktu tertentu yang sangat mustajab dan doa kita mendapat prioritas untuk diterima dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Nah, berbicara tentang kapan waktu yang mustajab untuk berdoa, mungkin sahabat pada penasaran, kapan ya waktu yang paling mustajab. Nah, berikut kami berikan informasi tentang waktu yang mustajab untuk berdoa.
Waktu Paling Mustajab Untuk Berdoa Dibulan Ramadhan
Waktu Paling Mustajab Untuk Berdoa Dibulan Ramadhan

1. Waktu sepertiga malam

Waktu yang paling mustajab untuk berdoa adalah waktu sepertiga malam. Hal ini sudah bukan rahasia lagi. Waktu sepertiga malam yaitu sekitar jam 3 pagi, dimana pada waktu itu semua orang sedang tidur pulas, kita disuruh untuk bangun dan berdoa. Memang hal tersebut sangat berat. Namun jika kita bisa melakukannya dengan iklas dan senang hati, pasti semua doa kita akan dikabulkan oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda "Tuhan turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir, dan berfirmanlah Dia "Siapa yang berdoa kepadaKu, maka Kuperkenankan doanya, siapa yang meminta ampun kepada Ku, maka Aku ampuni dia ". (Hr. Bukhori dan Muslim)

2. Sesudah sholat wajib

Sesudah sholat wajib juga merupakan salah satu waktu paling mustajab untuk berdoa. Nah tak heran jika banyak Ulama' yang menyuruh kita untuk memperbanyak berzikir dan berdoa setelah sholat wajib.

3. Antara waktu azan dan iqomah

Waktu mustajab untuk berdoa berikutnya yaitu waktu diantara azan dan iqomah. Rasulullah SAW bersabda "Tidak akan ditolak, suatu doa yang dipanjatkan antara azan dan iqomah" (Hr. Tirmidzi).

4. Ketika sedang sujud

Doa yang paling mustajab adalah doa yang dilakukan dengan bersujud. Rasulullah SAW bersabda "Saat paling dekat antara hamba dan Tuhannya adalah ketika sedang sujud, karena itu perbanyaklah doa pada saat itu " (Hr Muslim, Abu Daud, Dan Nasa'I, Abu Hurairah)

5. Saat turun hujan

Saat turun hujan juga merupakan waktu paling mustajab untuk berdoa, hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah "Berdoalah pada waktu-waktu yang diperkenankan Tuhan, yakni pada saat berjumpa dengan pasukan musuh, ketika akan melaksanakan sholat, dan ketika turun hujan"(Hr. Asy-Syafi'i)

6. Waktu lain

Waktu lain yang mustajab untuk berdoa adalah waktu mengelilingi Ka'ah atau towah, Antara sholat Dhuhur dan Ashar, Antara Sholat Magrib dan Isya', Sepanjang hari Jum'at, Setelah menghatamkan 30 juz Al-Qur'an dan menjelang waktu sholat dan sesudahnya.

Demikianlah informasi tentang Waktu Paling Mustajab Untuk Berdoa Dibulan Ramadhan. Waktu-waktu tersebut sangat mustajab untuk berdoa, maka perbanyaklah berdoa pada waktu tersebut dan berbanyak juga amal ibadah agar doa kita mudah untuk dikabulkan Allah SWT. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef