Tradisi Unik Masyarakat Indonesia Menjelang Ramadhan

Tradisi Unik Masyarakat Indonesia Menjelang Ramadhan - Ramadhan sudah didepan mata, tentu semua orang muslim didunia sangat bahagia menyambut bulan yang penuh berkah tersebut, todak terkecuali masyarakan Indonesia yang notabene sebagai negara dengan jumlah pemeluk agama islam terbesar di Dunia.

Dengan rasa gembiranya menyambut datangnya bulan penuh berkah, banyak masyarakat yang mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut bulan puasa. Tidak hanya itu saja, bahkan ada banyak tradisi unik yang dilakukan masyarakat menjelang bulan Ramadhan. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki tradisi unik tersendiri untuk menyambut bulan Ramadhan. Nah berikut beberapa Tradisi Unik Masyarakat Indonesia Menjelang Ramadhan.

1. Dugderan

Dugderan
Dugderan

Tradisi unik yang pertama menjelang bulan suci Ramadhan adalah Dugderan. Dugduren biasa dilakukan masyarakat Semarang terutama Kaliwungu yaitu sehari menjelang bulan Ramadhan. Dugderan ini merupakan acara rakyat yang sangat meriah yang menampilkan tarian, karnaval, arak-arakan, berbagai menu makanan hingga tabuh bedug. Tradisi dugderan sendiri sudah berlangsung sejak abad ke 19 hingga sekarang. Masyarakat selalu antusias untuk meramaikan acara dugderan sehari sebelum Ramadhan.

2. Megengan

Megengan
Megengan
Tradisi unik menjelang bulan Ramadhan berikutnya yaitu magengan. Jika dugderan biasa dilakukan masyarakat Semarang, jika Megengan biasa dilakukan oleh masyarakat Jawa Timur. Tradisi Megengan sendiri merupakan acara makan bersama dengan para tetangga dan saudara di tempat ibadah seperti musola atau langgar. Hal ini juga biasanya diikuti dengan bagi-bagi makanan kepada kerabat dan para tetangga. Tradisi ini merupakan ucapan rasa syukur akan hadirnya bulan suci Ramadhan.

3. Balimau

Balimau
Balimau

Tradisi unik menjelang Ramadhan berikutnya yaitu acara Balimau. Tradisi Balimau merupakan tradisi mandi dengan menggunakan jeruk nipis yang dilakukan disungai atau tempat pemandian. Tradisi unik ini biasa dilakukan masyarakat Minangkabau Sumatra Barat. Mandi disungai ini diibaratkan untuk membersihkan diri lahir batin sebelum bertemu dengan bulan suci Ramadhan.

4. Perlon Unggahan

Perlon Unggahan
Perlon Unggahan

Perlon unggahan merupakan tradisi unik menjelang bulan suci Ramadhan yang dilakukan oleh masyarakat Banyu Mas Jawa Tengah. Tradisi Perlon Unggahan merupakan Tradisi masyakat berziarah ke makam Bonokeling tanpa alas kaki sambil mengusung nasing ambeng. Tradisi unik ini sudah berlangsung selama beberapa abad silam.

Demikianlah informasi tentang Tradisi Unik Masyarakat Indonesia Menjelang Ramadhan. Setiap daerah pastinya memiliki tradisi unik tersendiri menjelang Ramadhan. Apa tradisi unik di daerah anda? Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef