Syarat Sah Wajib Puasa Yang Harus Kita Pahami

Syarat Sah Wajib Puasa Yang Harus Kita Pahami - Tak terasa sebentar lagi kita akan memasuk bulan Ramadhan, yaitu bulan penuh berkah yang pastinya ditunggu-tunggu oleh umat islam sedunia. Dalamm bulan Ramadhan, tentu kita akan menjalaninya berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Di bulan Ramadhan kita semua umat islam diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh.

Berbicara tentang ibadah puasa, tentunya kita ingin puasa di bulan Ramadhan tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Agar ibadah berjalan sempurna dan kita tidak kehilangan pahala, tentunya kita harus paham betul akan syarat berpuasa. Tanpa mengetahui syarat ibadah puasa, bisa jadi puasa kita akan mendapatkan pahala.

Syarat-syarat puasa sendiri merupakan segala sesuatu yang harus dipenuhi sebelum menjalankan ibadah puasa. Maka, syarat-syarat puasa harus di tunaikan sebelum menjalani ibadah puasa. Lalu apa saja syarat puasa yang harus kita pahami. Berikut Syarat Sah Wajb Puasa Yang Harus Kita Pahami.
Syarat Sah Wajb Puasa Yang Harus Kita Pahami
Syarat Sah Wajb Puasa Yang Harus Kita Pahami

1. Islam

Syarat pertama orang diwajibkan puasa adalah orang yang beramaga islam. Jadi orang yang tidak beragama islam atau non muslim tidak berkewajiban berpuasa. 

2. Berakal atau Tamyiz

Syarat kedua yaitu berakal atau tamyiz. Maksutnya berakal ini adalah orang yang bisa membedakan antara yang baik dan buruk, atau disebut juga baligh. Berakal disini juga dimaksutkan orang yang masih memiliki akal dan pikiran yang normal atau tidak gila. Oleh sebab itu, orang yang tidak berakal seperti orang gila tidak diwajibka untuk berpuasa.

3. Suci dari hadats besar

Syarat sah puasa berikutnya yaitu anda harus suci dari hadats besar seperti haid dan nifas. Bagi wanita yang sedang haid atau nifas tidak diwajibkan untuk berpuasa, namun tetap diwajibkan untuk menggantinya dihari yang lain selain dibulan Ramadhan.

4. Mampu berpuasa

Syarat berikutnya yaitu mampu berpuasa. Mampu berpuasa maksutnya yaitu orang yang sehat, orang sakit tidak diwajibkan untuk berpuasa. Namun, mampu ini jangan salah diartikan ya. Karena banyak orang yang mengganggap dirinya tak mampu sehingga tak menjalankan ibadah puasa.

5. Puasa pada waktunya

Syarat terakhir adalah puasa pada waktunya. Hal ini memang ada beberapa hari yang tidak boleh ntuk berpuasa seperti hari Idul fitri, Idul adha dan hari tasrik. Untuk  itu, jika anda berpuasa sunah harus dilakukan sesuai dengan ketentuan syara'. Begitu juga dengan puasa Ramadah, harus sesuai dengan ketentuan syara'.

Demikianlah informasi tentang Syarat Sah Wajb Puasa Yang Harus Kita Pahami. Ramadhan sudah didepan mata, tak sabar kita menyambutnya. Semoga Ramadha tahun ini jauh lebih baik dan kita mendapatkan keberkahan bulan yang penuh berkah tersebut. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef