Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Puasa Tidak Lemas

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Puasa Tidak Lemas - Ramadhan telah tiba, tentu hati bergembira. Dibulan Ramadhan yang penuh berkah ini, kita semua umat islam akan menjalankan ibadah puasa. Dalam menjalankan ibadah puasa, kita tak hanya menahan lapar dan haus saja, namun juga menata kembali pola makan kita.

Dengan jam makan yang cukup jaug antara sahur dan berbuka, tentu kita harus bisa mengkondisikan tubuh agar mendapatkan asupan nutrisi dan energi yang cukup agar puasa berjalan dengan lancar dan tidak lemas. Dalam hal ini makanan yang kita konsumsi saat sahur sangat berpengaruh sekali dalam menjalankan ibadah puasa selama seharian.

Memang di awal-awal puasa tubuh kita akan terasa lemas, karena belum tersebiasa. Namun jika kita bisa memilih makanan yang baik ketika sahur, maka tubuh kita akan lemas meskipun berpuasa seharian, tak hanya itu saja, makanan yang baik serta  menjalankan ibadah puasa juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. 

Dalam makan sahur, bukan porsi banyak yang diutamakan, namun kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan yang kita pentingkan. Kita dianjurkan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan protein. Selain itu kita juga disarankan menghindari beberapa makanan yang dapat membuat puasa menjadi lemas. 

Nah berbicara tentang makanan yang baiknya dihindari saat sahur. Berikut Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Puasa Tidak Lemas.
Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Puasa Tidak Lemas
Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Puasa Tidak Lemas

1. Makanan berminyak

Makanan pertama yang harus anda hindari saat sahur agar puasa tak lemas adalah makanan berminyak seperti gorengan. Makanan berminyak harus anda hindari dikarenakan makanan berminyak akan membuat sistem pencernaan bekerja esktras untuk mencerana makanan. Hal ini akan berdampak pada tubuh sehingga tubuh menjadi mudah capek.

2. Makanan yang mengandung lemak jenuh

Makanan berikutnya yang wajib anda hindari saat sahur adalah makanan yang mengandung lemak jenuh. Sebagai gantinya baiknya anda konsumsi makanan yang mengandung protein dan lemak sehat seperti telur ikan, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

3. Makanan atau minuman manis

Saat berbuka puasa memang kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan -makanan manis, namun ketika sahur sebaiknya anda hindari makanan manis. Hal ini dikarenakan makanan manis akan membuat anda cepat lelah dan haus. Tentu ini akan membuat tubuh anda lemas ketika berpuasa. 

4. Makanan yang dapat memicu gas

Makanan berikutnya yang harus anda hindari saat sahur adalah makanan yang dapat memicu gas. Makanan yang dapat memicu gas diantaranya adalah buah nangka, durian, minuman bersoda dan lain sebagainya. Makanan pemicu gas akan membuat perut kembung dan sakit perut. Tentu hal tersebut akan mengganggu puasa anda.

5. Makanan yang memicu asam lambung

Makanan terakhir yang harus anda hindari saat sahur adalah makanan yang memicu asam lambung. Makan ini diantaranya adalah makanan pedas dan kafein. Makanan ini akan menyebabkan asam lambung dan hal ini sangat berbahaya, karena ketika berpuasa lambung kita dalam keadaan kosong. Untuk itu baiknya anda hindari makanan-makanan yang dapat menyebabkan asam lambung.

Demikianlah informasi tentang Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Puasa Tidak Lemas. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef