Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keistimewaan Ramadan Dibanding Bulan Lainnya

Ramadan merupakan bulan suci di mana pada bulan tersebut banyak keberkahan yang didapat. Tidak hanya itu saja, di bulan Ramadan kita semua sebagai umat Islam juga diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.

Keistimewaan Ramadan Dibanding Bulan Lainnya
Keistimewaan Ramadan Dibanding Bulan Lainnya

Banyak para ulama' mengatakan bahwa, Ramadan merupakan bulan yang berbeda dari bulan lainnya. Ramadan adalah bulan yang paling istimewa, istimewa selain dikarenakan kita diwajibkan berpuasa, ternyata ada banyak keistimewaan lainnya yang kita dapat.

Dengan mengetahui keistimewaan bulan Ramadan, tentu akan membuat kita lebih semangat dan rajin untuk beribadah kepada Allah SWT. Lalu, apa sajakah keistimewaan dari bulan Ramadan itu sendiri?

Bulan Pertama kai diturunkannya Al quran

Pada bulan Ramadhan, Al Qur’an diturunkan hal ini sesuai dengan firman allah dalam surat Al Baqarah: 185 yang berbunyi :

"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur."

Dibukanya pintu surga

Pintu surga dibuka seluas langit dan bumi serta pintu neraka ditutup dan setan-setanpun dibelenggu (HR. Bukhari)

Malaikat menyeru kebaikan

Di bulan itu ada malaikat yang menyeru, “Wahai orang yang menginginkan kebaikan, bergembiralah! Wahai orang yang menginginkan keburukan, berhentilah!.” (HR. Ahmad dan Nasa’i, sanadnya jayyid)

Bulan Penuh Ampunan dosa

Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari)

Amal saleh di bulan Ramadhan dilipatgandakan pahalanya. Contohnya berumrah di bulan Ramadhan sana seperti berhajji bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Bau mulut lebih harum dari minyak kasturi

Bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada harumnya minyak kesturi (HR. Bukhari)

Adanya malam Lailatul Qodar

Di bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik daripada seribu bulan, yaitu Lailatul Qadr (lih. Surat Al Qadr).

Dan keutamaan lainnya yang begitu banyak. Demikian Keistimewaan Ramadan Dibanding Bulan Lainnya, semoga bermanfaat terima kasih.