Makanan Yang Dapat Memicu Batu Ginjal

Makanan Yang Dapat Memicu Batu Ginjal -  Batu ginjal merupakan salah satu penyakit berbahaya yang harus mendapatkan penanganan khusus. Penyakit batu ginjal tak boleh disepelekan, karena bisa berakibat fatal bagi penderitanya. Batu pada ginjal sendiri, muncul karena adanya penumpukan mineral dan garam di dalam ginjal.

Mineral dan garam yang menumpul pada ginjal, lama-kelamaan akan mengeras sehingga akan menjadi seperti batu. Hal tersebut tidak terjadi secara tiba-tiba, namun ada banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya batu ginjal, terutama faktor makanan. 

Nah, sahabat, banayak yang belu tahu, ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan batu ginjal. Makana-makanan tersebut memang lezat, namun harus dibatasi dalam mengkonsumsinya. Hal ini karena bisa berdampak fatal pada kesehatan ginjal. Nah, makanan apasaja yang dapat menyebabkan batu ginjal. Berikut Makanan Yang Dapat Memicu Batu Ginjal.
Makanan Yang Dapat Memicu Batu Ginjal
Makanan Yang Dapat Memicu Batu Ginjal

1. Makanan asin

Seperti yang telah dijelaskan diatas, batu ginjal terbentuk karena adanya penumpukan mineral dan garam pada ginjal. Oleh sebba itu, makanan asin atau makana yang banyak mengandung garam juga merupakan salah satu makanan penyebab munculnya batu ginjal. Tak hanya itu saja, makanan asin juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan masalah penyakit serius lainnya. Untuk itu, lebih baik anda hindari makanan asin, atau setidaknya batasi dalam mengkonsumsi makanan asin.

2. Telur

Telur merupakan makanan yang kaya akan sumber protein yang baik untuk kesehatan. Namun terlalu sering mengkonsumsi telur juga tak baik untuk kesehatan ginjal kita. Hal ini dikarenakan telur mengandung protein hewani yang umumnya akan dipecah menjadi urin dan hasil akhir dari proses metabolisme adalah asam urat. Kadar asam urat yang tinggi dalam urin akan membentuk batu asam urat di dalam organ ginjal. 

3. Daging

Sama halnya telur, daging juga makanan yang kaya akan kandungan nutrisi serta protein hewani. Sama halnya denga telur, protein hewani pada daging juga akan membantuk asam urat yang kemudian membantu batu asam pada ginjal yang akhirnya menyebabkan batu ginjal. Untuk mengkonsumsi dagin juga harus dibatasi.

4. Makanana yang tinggi oksalat

Makanan berikutnya yang dapat menyebabkan batu ginjal adalah makanan yag tinggi akan kandungan oksalat. Makanan tinggi oksalat diantaranya adalah bayam, ubi, bit, kacang kedelai, tempe, tahu dan lain sebagainya. Makanan tersebut sebenarnya makanan sehat, namun makanan tersebut mengandung oksalat yang cukup tinggi, sehingga jika dikonsunsumsi secara berlebihan akan berbahaya bagi kesehatan ginjal.

5. Teh hitam

Teh hitam merupakan teh sehat yang dapat menjaga kebugaran tubuh serta dapat mencegah penyakit kanker. Namun, teh hitam juga dapat memicu terjadinya batu ginjal. Hal ini dikarenakan teh hitam juga tinggi akan kandungan oksalat.

Demikianlah informasi tentang Makanan Yang Dapat Memicu Batu Ginjal. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef