Tips Sederhana Menjaga Ketajaman Otak Hingga Usia Lanjut

Tips Sederhana Menjaga Ketajaman Otak Hingga Usia Lanjut - Otak merupakan organ yang sangat penting dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan otak merupakan pusat dari segala macam sistem tubuh termasuk untuk berfikir, mengingat dan lain sebagainya. Bisa dibayangkan jika otak tak bisa bekerja dengan baik, tentu semua sistem anggota tubuh akan menjadi kacau, akibatnya kita menjadi sulit berfikir dan yang lebih parahnya lagi yaitu mengalami stroke, atau sistem tubuh yang tak berfungsi sempurna.

Diusia muda, sel orak akan berkembang dengan pesat, itu mengalami kita diwajibkan rajin belajar diusia muda agar menjadi pintar dan cerdas. Namun dengan bertambahnya usia, sel-sel otak juga akan mengalami penuaan serta penuruna fungsi secara bertahap. Hal ini tentu bertampak pada pemikiran orang tua, yaitu menjadi muda lupa atau pikun.

Meskipun demikian, anda tak boleh membiarkan otak anda mengalami penuaan begitu saja. Anda harus tetap berusaha untuk menjaga ketajaman otak anda meskipun sudah berusia tua. Hal tersebut bisa anda lakukan dari sekarang, yaitu ketika anda masih berusia muda. 

Lalu bagaimana cara menjaga kejamana otak agar otak tetap tajam hingga usia tua? Berikut Tips Sederhana Menjaga Ketajaman Otak Hingga Usia Lanjut.
Tips Sederhana Menjaga Ketajaman Otak Hingga Usia Lanjut
Tips Sederhana Menjaga Ketajaman Otak Hingga Usia Lanjut

1. Mengkonsumsi makanan-makanan sehat

Hal yang paling penting dalam kesehatan, baik kesehatan tubuh dan juga otak, makanan adalah faktor utama. Makanan memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan, begiu juga dengan kesehatan otak. Makanan yang baik untuk kesehatan otak akan membuat otak menjadi cerdas. Makanan ini bisa berupa buah, sayuran, ikan, susu dan lain sebagainya. Selain itu anda juga perbanyak minum air putih untuk menjaga cairan didalam tubuh dan otak. Sebab kurang cairan juga akan menurunkan konsentras dan kemampuan otak dalam berfikir.

2. Aktif secara sosial dan intelektual

Tips berikutnya yaitu anda juga harus aktif. Aktif disini adalah aktif secara sosial dan intelektua. Anda harus bersosialisasi dengan masyarakat untuk bisa mendapatkan kabar terbaru. Selain itu anda juga harus melatif intelektual anda dengan rajin membaca, tak perlu membaca yang berat-berat, anda bisa membaca hal-hal sepele seperti koran, berita dan lain sebagainya. Cara ini sangat efektif untuk mencegah penuaan pada otak anda, sehingga otak akan tetap tajam meskipun anda sudah berusia lanjut.

3. Aktif secara fisik

Aktif secara fisik seperti rajin berolah raga dan bergerak selain baik untuk kesehatan juga sangat baik untuk otak. Hal ini dikarenakan aktif fisik akan memperlancar aliran darah ke otak sehingga otak bisa bekerja secara maksimal. 

4. Istirahat yang cukup

Untuk menjaga otak tetap tajam anda juga wajib mengatur jadwal istirahat anda. Istirahat atau tidur cukup sangat penting bagi kesehatan dan kecerdasan otak. Tidur akan memperbaiki suasana hati, meningkatkan imunitas, serta mengurangi penumpukan protein abnormal pada otak yang disebut dengan Beta-Amyloid Plaque.

5. Mendengarkan musik

Mendengarka musik selain dapat meningkatkan suasana hati dan menghilangkan stres juga sangat baik untuk kesehatan otak. Dengan rajin mendengarkan musik akan membuat otak menjadi lebih tajam.

6. Meditasi

Tips terakhir untuk menjaga ketajaman otak hingga usia lanjut yaitu dengan rajin melakukan meditasi. Maditasi akan meningkatkan kesehatan pikiran dan tubuh. Peneliti mengungkapkan bahwa dengan meditasi akan meningkatkan ke focusan dan ketajaman otak serta menurunkan stress.

Demikianlah informasi tentang Tips Sederhana Menjaga Ketajaman Otak Hingga Usia Lanjut. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef