Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Alami Dan Cepat Mengobati Gusi Bengkak

Cara Alami Dan Cepat Mengobati Gusi Bengkak - Gusi bengkak merupakan salah satu masalah mulut yang umum dialami semua orang, meskipu umum, gusi bengkak sangat menyiksa sekali. Sama halnya dengan sakit gigi, gusi bengkak membuat kita merasa tak nyaman, sakit dan semua anggota tubuh merasakan sakit. 

Gusi bengkak merupakan kondisi dimana terjadi pembengkakan pada gusi. Dalam beberapa kasus, gusi bengkak terjadi dalam ukuran yang sangat besar, sehingga menutupi gigi serta membuat pipi menjadi agak menonjol. 

Masalah gusi bengkak tak boleh diremehkan dan harus segera diatasi. Hal ini dikarenakan rasa sakit yang ditimbulkan serta menyebabkan badmood sehingga aktivitas sehari-hari akan terganggu. Hal ini pula yang menyebabkan orang mudah emosi saat menderita gusi bengkak atau sakit gigi.

Untuk mengobati gusi bengkak, anda bisa langsung konsultasi pada dokter, terutama dokter spesialis gigi. Namun, anda juga dapat mengobati sendiri masalah gusi bengkak dengan menggunakan bahan alami. Nah, berikut Cara Alami Dan Cepat Mengobati Gusi Bengkak.
5 Cara Alami Dan Cepat Mengobati Gusi Bengkak
5 Cara Alami Dan Cepat Mengobati Gusi Bengkak

1. Garam

Bahan alami pertama yang sangat ampuh dalam mengobati masalah gusi bengkak adalah garam. Sudah bukan rahasia lagi jika garam ampuh mengobati masalah mulut seperti sakit gigi atau gusi bengkak. Hal ini dikarenakan kondisi yodium yang tinggi pada garam dapat membunuh bakteri penyebab gusi bengkak dan sakit gigi, selain itu juga dapat merontok karang gigi yang menjadi sarang kuman dan bakteri. Selain itu, garam juga dapat menjadi penghilang bau mulut. Cara menggunakannya sangat mudah sekali, anda campurkan 2 sdm garam dengan  segelas air, kemudian anda gunakan untuk berkumur sesaat setelah anda gosok gigi. Dengan demikian, gigi dan mulut anda akan bersih dan masalah mulut dapat teratasi.

2. Lemon

Bahan alami berikutnya yang ampuh untuk mengatasi masalah gusi bengkak dan juga sakit gigi adalah lemon. Lemon kaya akan vitamin C serta antioksidan yang dapat membunuh bakteri serta mengobati sariawan. Sementara itu, lemon juga mengandung asam yang berfungsi sebagai alkali alami yang menjadi keseimbangan pH pada mulut. Cara mengobati gusi bengkak dengan lemon sangat mudah sekali, anda peras lemon dan ambil airnya, kemudian anda campurkan dengan air hangat dan gunakan untuk berkumur 3 kali dalam sehari.

3. Jeruk nipis

Jeruk nipis hampir sama dengan lemon. Jeruk nipis juga ampuh membasmi bakteri penyebab bau mulut, sakit gigi dan gusi bengkak. Jeruk nipis bisa menjadi sulusi ketika anda tidak bisa mendapatkan lemon. Cara menggunakannya sama dengan lemon, anda peras jeruk nipis, kemudian anda campurkan dengan air hangat dan gunakan untuk berkumur.

4. Daun jambu biji

Daun jambu biji juga baik untuk mengatasi masalah gusi bengkak. Daun jambu biji dapat bermanfaat sebagai anti bakteri yang dapat membunuh bakteri pada mulut dan menjaga kesehatan mulut. Dengan daun jambu biji, masalah gusi bengkak dapat dengan cepat kempes dan sembuh. Cara menggunakannya sangat mudah sekali, anda bisa mengunyah daun biji secara langsung, atau anda rebus daun jambu biji dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

5. Belimbing wuluh

Bahan alami terakhir yang ampuh untuk mengatasi masalah gusi bengkak adalah belimbing wuluh. Belimbing wuluh mengandung asam yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dan gusi bengkak. Cara menggunakannya anda bisa mengunyah langsung belimbing wuluh yang masih mentah atau tumbuk belimbing wuluh yang masih mentah dan tempelkan pada gusi yang bengkak.

Demikianlah informasi tentang Cara Alami Dan Cepat Mengobati Gusi Bengkak. Bahan alami tersebut dapat menjadi solusi obat untuk mengatasi gusi bengkak yang sedang anda alami. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.