Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Minuman Yang Wajib Dihindari Ibu Hamil

Minuman Yang Wajib Dihindari Ibu Hamil - Kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan, terlebih pasangan yang baru menikah. Kehamilan merupakan momen yang sangat membahagiakan. Namun saat masa kehamilan, ada beberapa kebiasaan yang harus dirubah, agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga.

Hal yang paling perlu diperhatikan saat sedang hamil adalah pola makan. Saat hamil, anda tak boleh makan atau minim sembarangan. Baiknya anda konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan anda dan janin anda dan hindari makanan atau minuman yang bisa membahayakan kesehatan kehamilan anda.

Berbicara tentang hal tersebut, ada beberapa daftar minuman yang wajib anda hindari saat masa kehamilan. Hal ini ddikarenakan minuman tersebut dapat membahayakan kesehatan ibu serta janin yang dikandungnya. Berikut Minuman Yang Wajib Dihindari Ibu Hamil.
5 Minuman Yang Wajib Dihindari Ibu Hamil
5 Minuman Yang Wajib Dihindari Ibu Hamil

1. Minuman beralkohol

Minuman pertama yang jelas tak boleh diminum ibu hamil adalah minuman beralkohol. Bagi orang sehat saja, alkohol berdampak buruk, apalagi bagi ibu hamil. Alkohol akan menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang janin, dan hal ini sangat berbahaya sekali. Baiknya anda hindari alkohol saat hamil.

2. Minuman bersoda

Minuman bersoda merupakan minuman yang banyak digemari oleh masyarakat. Namun perlu anda ketahui, minuman bersoda tidak boleh diminum oleh ibu hamil. Minuman bersoda mengandung bahan kimia, serta pemanis buatan yang berbahaya bagi janin serta kesehatan ibu hamil. Jika anda ingin minuman segar, baiknya anda minum minuman yang alami saja seperti jus buah.

3. Minuman berkafein

Minuman berkafein seperti kopi juga masuk dalam daftar minuman yang tak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan kafein dapat meningkatkan keguguran pada janin. Jikapun anda ingin minum kopi atau teh baiknya sedikit saja ya.

4. Minuman susu yang belum dipasteurisasi

Minuman berikutnya yang tak boleh dimimun ibu hamil yaitu susu yang belum dipasteurisasi. Nah, jika anda membeli susu kemasan, baiknya anda cek dulu labelnya. Selalu pilihlah susu yang sudah terbebas dari bakteri jahat yang membahayakan.

5. Teh hijau

Tak perlu diragukan lagi akan manfaat teh hijau untuk kesehatan, teh hijau memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan, namun bagi ibu hamil baiknya anda jangan mengkonsumsi teh hijau. Hal ini dikarenakan teh hijau mampu meningkatkan metabolisme, sedangkan saat hamil, metabolisme sudah tinggi, dan hal ini bisa berbahaya, selain itu teh hijau juga akan menghambat proses penyerapan asam folat yang dapat beresiko pada ibu dan juga janin.

Demikianlah informasi tentang Minuman Yang Wajib Dihindari Ibu Hamil. Bagi ibu hamil, baiknya anda hindari minuman-minuman tersebut. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.