Makanan Yang Dapat Menurunkan Resiko Depresi

Makanan Yang Dapat Menurunkan Resiko Depresi - Stres atau depresi saat ini sering sekali menyerang seseorang. Hal ini tak lepas dengan bertambahnya masalah  hidup seperti tuntutan hidup, kebutuhan ekonomi dan hal tersebut tidak didukung dengan penghasilan yang mencukupi. Hal tersebut diperparah dengan target pekerjaan yang harus diselesaikan secepatnya.

Tidak hanya orang dewasa saja, stres atau depresi juga kerap dialami oleh anak mudah bahkan anak remaja. Tuntutan sekolah yang diharuskan untuk menguasai semua mata pelajaran, belum lagi dengan kisah asmara kerap membuat anak muda stres dan tak jarang mengalami depresi. Keadaa ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas lainnya.

Stres memang hal yang wajar, semua orang pasti pernah mengalami stres setiap hari dengan tingkatan yang berbeda-beda. Namun stres yang berlebihan akan menyebabkan depres, hal inilah yang akan berdampak berbahaya baik bahaya bagi kesehatan tubuh maupun kesehatan psikis seseorang. Hal yang paling menakutkan adalah saat orang mengalami depresi, orang tidak bisa berfikir jernih sehingga nekat melakukan hal-hal diluar batas seperti menyakiti diri sendiri atau bahkan bunuh diri.

Stres memang tak bisa di hindari, namun stres dapat kita kurangi. Ada beberapa cara untuk mengurangi stres seperti liburan, bernyanyi, mendengarkan musik, melakukan hoby atau olah raga, selain itu stres juga dapat kita kurangi dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Ada makanan tertentu yang dapat menurukan stres dan juga depresi. Berikut Makanan Yang Dapat Menurunkan Resiko Depresi.
Makanan Yang Dapat Menurunkan Resiko Depresi
Makanan Yang Dapat Menurunkan Resiko Depresi

1. Sayuran hijau dan mengurangi junk food

Makanan pertama yang dapat menurunkan resiko stres dan depresi adalah sayuran hijau. Sayuran hijau sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh dan psikis seseorang. Sayuran hijau kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin. Sebaliknya, junk food seperti gorengan, keripik makanan olahan dapatt merusakn suasana hati dan menimbulkan inflamasi pada tubuh tak terkecuali otak sehingga akan memicu depresi.

2. Ikan

Ikan adalah sumber makanan yang kaya akan kandungan omega 3. Omega 3 dapat membantu mengurangi gejala depresi. Konsumsilah ikan untuk menurunkan depresi, ikan yang banyak mengandung omega 3 diantaranya adalah ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, ikan teri dan masih banyak lagi jenis ikan lainnya.

3. Jamur dan telur

Makanan berikutnya yang baik untuk menurunkan resiko stres dan depresi adalah jamur dan telur. Jamur dan telur kaya akan vitamin D yang baik untuk mengatur suasana hati dan menjaga fungsi optimal otak dan saraf.

4. Makanan frekmentasi

Makanan frekmentasi seperti tempe dan yogurt juga sangat baik untuk menurunkan resiko stres dan depresi. Hal ini dikarenakan makana frekmentasi mengandung probiotik yang selain baik untuk usus juga baik menurunkan depresi dengan mengurangi inflamasi tubuh.

5. Coklat hitam

Makanan terakhir yang baik untuk menurunkan resiko stres dan depresi adalah coklat hitam. Hal ini sudah dibuktikan oleh para peneliti jika coklat hitam dapat menurunkan stres, depresi dan meningkatkan mood. Flavonoid yang terkandung pada coklat hitam akan membuat sistem saraf menjadi rileks dan pikiran menjadi tenang.

Demikianlah informasi tentang Makanan Yang Dapat Menurunkan Resiko Depresi. Konsumsilah makanan-makanan tersebut agar stres anda dapat terkurangi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef