Gejala Liver Bermasalah Yang Wajib Anda Waspadai

Gejala Liver Bermasalah Yang Wajib Anda Waspadai - Liver atau hati merupakan organ dalam yang sangat vital karena memiliki peranan penting dalam tubuh kita. Ya liver atau hari merupakan organ dalam yang berfungsi menyring darah dari sistem perncernaan sebelum membawanya ke bagian tubuh yang lainnya. Hati atau liver akan memilah dan akan membuat zat berbahaya dalam tubuh seperti obat atau racun yang berbahaya.

Liver atau hati sangat penting sekali untuk menunjang aktivitas dan fungsi organ tubuh yang lainnya, untuk itu kita harus selalu memastikan kesehatan liver. Namun sayangnya tak banyak orang paham akan kondisi liver yang bermasalah, sehingga banyak orang yang tak sadar jika memiliki liver yang bermasalah.

Nah agar hal tersebut tak terjadi pada diri anda juga keluarga anda, baiknya anda mengetahui tanda atau gejala liver bermasalah. Berikut Gejala Liver Bermasalah Yang Wajib Anda Waspadai.
Gejala Liver Bermasalah Yang Wajib Anda Waspadai
Gejala Liver Bermasalah Yang Wajib Anda Waspadai

1. Berat badan naik

Berat badan naik bisa disebabkan oleh banyak hal seperti malas berolah raga, pola makan yang buruk dan lain sebagainya. Namun jika berat badan naik secara tidak wajar, bisa jadi hal tersebut disebabkan karena keadaan liver yang bermasalah. Liver yang bermasalah tidak bisa menyaring atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh, akibatnya akan terjadi penumpukan racun pada lemak hingga akhirnya menyebabkan kenaikan berat badan.

2. Kulit dan mata menguning

Tanda berikutnya yang menjadi gejala liver bermasalah adalah keadaan dimana kulit dan mata menguning. Penyakit kuning ini disebabkan karena terjadi penumpukan bilirubin. Ketika liver tak bisa mengeluarkan bilirubin dengan sel-sel darah lama, akibatnya kulit dan mata menjadi kekuning-kuningan.

3. Mudah terkena alergi

Anda tak pernah mengalami alergi, namun tiba-tiba sering mengalami alergi,  bisa jadi hal ini dikarenakan liver anda bermasalah. Salah satu penyebab alergi adalah karena liver bekerja secara berlebihan. Saat zat masuk ke dalam aliran darah semakin banyak, maka otak akan menganggap sebagai alergi sehingga akan mengeluarkan zat anti body yang kemudia membuat kulit beruam-ruam atau gatal-gatal. 

4. Nyeri dibagian perut kanan bagian atas

Anda merasakan nyeri dibagian perut kanan atas, bisa jadi liver anda bermasalah. Ketika liver tidak bekerja secara efektif, maka anda akan merasakan nyeri yang luar biasa pada bagian perut kanan atas.

5. Bengkak di area kaki dan pergelangan kaki

Gejala terakhir dari liver bermasalah yaitu terjadinya pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki. Pembengkakan tersebut tak terasa sakit, namun anda wajib periksa ke dokter. Hal tersebut terjadi karena efek dari hipertensi yang disebabkan liver bermasalah.

Demikianlah informasi tentang Gejala Liver Bermasalah Yang Wajib Anda Waspadai. Jika anda atau keluarga anda mengalami gejala-gejala diatas, baiknya segera pergi ke dokter untuk memastikan kesehatannya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

wdcfawqafwef