Gejala Diabetes Yang Sering Diabaikan, Waspadalah

Gejala Diabetes Yang Sering Diabaikan - Diabetes atau kencing manis merupakan salah satu penyakit mematikan yang dapat membunuh siapa saja. Penyakit ini tak terlihat dan sering kali tak dirasakan, sehingga diabetes sering disebut sebagai penyakit "silent killing" membunuh secara diam-diam. Hal ini dikarenakan gejala tak disadari dan disaat tak terduga dapat memberikan efek yang sangat mematikan.

Diabetes sering kali dikenal sebagai penyakit yang menyerang orang tua saja. Namun anda sebagai kaum muda juga tetap wajib waspada. Pola hidup yang tak sehat serta banyaknya makanan yang mengandung bahan kimia dan kadar gula yang tinggi akan membuat siapapun terancam penyakit diabetes. Parahnya banyak orang yang tak sadar dan menganggap remeh gejala dari penyakit diabetes.

Nah sahabat, sebelum keadaan semakin buruk, saat kita mengalami gejala diabetes, kita wajib melakukan pemeriksaan dan pengobatan. Lalu apasaja gejala dari penyakit diabetes. Berikut Gejala Diabetes Yang Sering Diabaikan.
Gejala Diabetes Yang Sering Diabaikan, Waspadalah
Gejala Diabetes Yang Sering Diabaikan, Waspadalah

1. Mudah lapar dan haus

Gejala diabetes yang pertama dan sering diabaikan adalah mudah lapar dan haus. Tubuh mudah lapar dikarenakan kadar insulin yang tidak seimbang. Insulin sendiri berfungsi untuk mengeluarkan glukosa dari dalam makanan ke dalam sel tubuh yang kemudian diubah menjadi energi. Selain mudah lapar tubuh juga mudah haus. Hal ini dikarenakan diabetes meningkatkan kadar gula darah dan menghambat ginjal menerima glukosa, akibatnya tubuh akan terus mengeluarkan urin.

2. Sering buang air kecil

Gejala berikutnya yaitu tubuh sering mengeluarkan urin atau buang air kecil. Seperti yang sudah disinggung pada poin sebelumnya, dimana diabetes menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat dan menghambat ginjal menerima glukosa, akibat tubuh akan sering membuang urin atau buang air kecil. 

3. Berat badan turun derastis

Meskipun tubuh merasa sering lapar makan trus, namun tubuh malah semakin kurus dan berat badan menurun derastis,  hati-hati hal ini bisa jadi salah satu gejala penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan prankreas berhenti bekerja, sehingga tubuh mencari cara lain untuk memecah glokosa yaitu dengan cara memecah lemak dalam tubuh dan membuat tubuh kehilangan banyak berat badan.

4. Sering merasa mual dan muntah

Gejala diabetes berikutnya yaitu sering merasa mual dan muntah. Mual dan muntah memang gejala dari banyak penyakit, dan biasa dianggap sepele. Namun anda harus tetap waspada karena mual dan muntah juga salah satu gejala dari penyakit diabetes. Hal ini terjadi karena tubuh tanpa insulin akan menyedot lemak yang menyebabkan meningkatkan keton di dalam tubuh. Saat kebanyakan keton tubuh akan mual dan muntah. 

5. Mati rasa

Diabetes juga menyebabkan tubuh mati rasa, terutama bagian kaki. Hal ini dikarenakan kadar gula yang tinggi akan menyebabkan kerusakan saraf pada sistem tubuh, akibatnya bagian tubuh akan mengalami mati rasa, biasanya terjadi pada kaki. Jika anda merasakan hal ini baiknya segera periksa ke dokter.

Demikianlah informasi tentang Gejala Diabetes Yang Sering Diabaikan. Jangan pernah anggap sepele gejala diatas, karena bisa berakibat fatal. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef