7 Cara Jitu Hentikan Kebiasaan Mendengkur

Cara Jitu Hentikan Kebiasaan Mendengkur - Kebiasaan mendengkur meskipun sepele namun sangat berbahaya jika dibiarkan. Tidak hanya itu saja, kebiasaan mendengkur juga sangat menganggu orang lain yang ada disekitarnya. Mendengkur bisa menjadi indikasi kesehatan yang kurang baik, untuk itu anda tak boleh anggap sepele kebiasaan mendengkur.

Mendengkur disebabkan oleh relaksasi dari otot-otot langit-langit lunak atap mulut. lidah dan juga tenggorokan. Jaringan ditenggorokan bisa terlalu rileks sehingga sebagian memblokir jalan nafas dan bergetar ketika udara melewatinya. Semakin sempit jalan nafas anda, maka getaran akan lebih instens dan menyebabkan suara mendengkur semakin keras.

Berbicara tentang mendengkur, mendengkur tidak hanya indikasi kesehatan yang menurun, namun menurut penelitian kebiasaan mendengkur juga menjadi salah satu penyebab utama perceraian di Amerika Serikat dan Inggris. Mengetahui akan dampak buruk dari kebiasaan mendengkur, anda harus bisa menghentikan kebiasaan mendengkur secepatnya.

Untuk menghentikan kebiasaan mendengkur, ada beberapa cara jitu untuk mengatasinya. Berikut Cara Jitu Hentikan Kebiasaan Mendengkur.
7 Cara Jitu Hentikan Kebiasaan Mendengkur
7 Cara Jitu Hentikan Kebiasaan Mendengkur

1. Menurunkan Berat Badan

Kebiasaan tidur mendengkur salah satunya yaitu disebabkan karena berat badan berlebih atau perut buncit. Hal ini dikarenakan tumpukan lemak pada leher sering kali menutupi saluran pernafasan sehingga orang gemuk sulit bernafas saat tidur, akibat keluar suara atau mendengkur. Untuk mengatasi masalah mendengkur, tentu anda harus menurunkan berat badan sedikit demi sedikit.

2. Hindari minuman beralkohol

Cara berikutnya agar bebas dari kebiasaan mendengkur adalah dengan menghindari kebiasaan minum alkohol. Semua juga tahu, alkohol sangat tidak baik untuk kesehatan, dan jik alkohol diminum lima jam sebelum tidur akan menyebabkan anda mendengkur sangat parah. 

3. Perbanyak minum air putih

Setelah anda bisa menghindari minuman beralkohol, selanjutnya yaitu anda memperbanyak minum air putih. Air putih dapat mengatasi masalah tidur yang anda alami, dan air putih juga akan mencegah dehidrasi saat anda tidur, sehingga masalah mendengkur dapat teratasi.

4. Mandi dengan air hangat sebelum tidur

Mandi dengan air hangat sebelum tidur juga akan membuat anda terbebas dari mendengkur. Hal ini dikarenakan air hangat akan membuka lebar-lebar saluran pernafasan anda, sehingg nafas menjadi lancar dan anda terbebas dari mendengkur.

5. Atur pola tidur dengan baik

Kabiasaan mendengkur salah satunya disebabkan karena kurang tidur atau pola tidur yang buruk, kualitas tidur yang buruk dan lain sebagainya. Dalam hal ini cobalah anda untuk tidur dengan benar dan nyenyak dimalam hari. Selain itu, jangan biarkan anda beraktivitas sebelum tidur agar pikiran bisa rileks dan nyaman, sehingga bisa tidur dengan nyenyak.

6. Rubah posisi tidur

Kebiasaan mendengkur biasanya disebabkan karena posisi tidur yang salah seperti terlentang sehingga lidah dan langitlangit menghalangi tenggorokan dan jalan nafas, sehingga menyebabkan orang mendengkur. Cobalah untuk tidur dengan posisi miring.

7. Ganti bantal atau sarung bandal

Kebiasaan mendengkur anda mungkin bisa jadi sebabkan karena anda alergi terhadap bantal atau sarung bantal yang anda gunakan. Cobalah untuk anda ganti bantal atau sarung bantal. atau setidaknya anda cuci seminggu sekali.

Demikianlah informasi tentang 7 Cara Jitu Hentikan Kebiasaan Mendengkur. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef