Makanan Minuman Yang Bikin Diare Semakin Parah

Makanan Minuman Yang Bikin Diare Semakin Parah - Diare merupakan salah satu penyakit umum yang pastinya pernah dialami semua orang. Diare meskipun bukan penyakit kronis, namun bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Diare sendiri merupakan penyakit yang disebabkan karena keracunan makanan, bakteri, mengkonsumsi makanan terlalu pedas, masam dan lain sebagainya.

Ketika diare menyerang, tentu akan menganggu segalanya. Tidak hanya menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman, diare juga akan menganggu aktivitas kita. Hal ini dikarenakan kita akan bolak-balik ke toilet saat menderita diare. 

Diare biasanya akan sembuh dengan sendirinya, atau untuk mempercepat penyembuhan, anda bisa minum obat diare yang bisa dibeli diapotek terdekat, namun jika diare lebih dari 3 hari baiknya anda konsultasi ke dokter. 

Berbicara tentang diare, memang diare bisa sembuh dengan sendirinya. Namun jika anda salah dalam mengkonsumsi makanan, justru diare akan semakin parah. Ada beberapa makanan yang menyebabkan diare semakin parah. Berikut Makanan Minuman Yang Bikin Diare Semakin Parah.
Makanan Minuman Yang Bikin Diare Semakin Parah
Makanan Minuman Yang Bikin Diare Semakin Parah

Makanan pedas

Seperti yang telah dijelaskan diatas, dimana salah satu penyebab diare adalah makanan pedas dan masam. Nah, ketika anda menderita diare, baiknya anda hindari makanan pedas atau makanan masam. Hal ini dikarenakan kedua makanan tersebut akan memperburuk kondisi diare anda. Makanan pedas atau masam akan mengiritasi lapisan perut dan usus yang kemudian akan menyebabkan makanan bergerak lebih cepat sehingga diare semakin parah.

Makanan berbahan susu

Susu sangat baik untuk kesehatan, namun susu tidak baik untuk anda yang sedang menderita diare. Tidak hanya susu, namun juga semua makanan berbahan susu seperti keju, cream, mentega dan lain sebagainya. Susu mengandung enzim laktase yang memperburuk sistem pencernaan.

Kubis atau kembang kol

Kubis atau kembang kol juga tak baik untuk penderita diare karena makanan terserbut menyebabkan akumulasi gas disaluran pencernaan yang tentunya akan memperparah keadaan diare.

Makanan bebas gula

Makanan bebas gula juga makanan yang wajib anda hindari saat diare. Hal ini dikarenakan zat pemanis pengganti gula atau yang disebut lytasin bersifat pencehardu perut, yang kemudian menyebabkan pembentukan gas didalam perut yang membuat perut menjadi kembung dan diare semakin parah.

Kafein

Cara terbaik agar diare cepat sembuh anda harus menghindari kafein. Kafein menyebabkan sistem pencernaan tidak mencerna makanan dengan baik, sehingga membuat makanan bergerak lebih cepat dan diare semakin parah.

Alkohol

Semua tahu jika alkohol tidak baik untuk kesehatan, terlebih bagi mereka yang sedang menderita penyakit tertentu seperti diare. Alkohol berdampak buruk bagi penderita diare dikarenakan alkohol menyebabkan iritasi usus dan menurunkan kemampuan dalam menyerap air.

Demikianlah informasi tentang Makanan Minuman Yang Bikin Diare Semakin Parah. Baiknya anda hindari makanan-makanan tersebut jika ingin diare yang anda derita cepat sembuh. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimaksih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef