Awas Ternyata Makanan Ini Penyebab Sakit Gigi

Awas Ternyata Makanan Ini Penyebab Sakit Gigi - Banyak orang biang lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi. Hal tersebut memang tidak salah, karena sakit gigi memang terasa sangat menyiksa. Sakit gigi membuat seluruh tubuh tersiksa, mood menjadi buruk dan mudah emosi, terlebih ketika mendengar suara keras. Sakit gigi juga membuat kita kesulitan untuk makana, minum atupun berbicara. 

Sakit gigi disebabkan karena ada masalah pada gigi sepert gigi berlubang, retak atau lain sebagainya. Hal ini biasanya diawali dengan kebiasaan malas membersihkan gigi, sehingga banyak sisa makanan yang menempel pada gigi sehingga menyebabkan karang gigi yang kemudian menjadi sarang bakteri. 

Sakit gigi juga bisa disebabkan karena makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Tanpa kita sadari ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan sakit gigi, bahkan bisa jadi makanan tersebut adalah makanan favorit anda. Nah, agar anda tidak salah dan bisa menghindari makanan-makanan penyebab sakit gigi. Berikut kami berikan informasi tentang makanan penyebab sakit gigi.
Awas Ternyata Makanan Ini Penyebab Sakit Gigi
Awas Ternyata Makanan Ini Penyebab Sakit Gigi

Aneka gula dan permen

Orang tua selalu melarang anaknya untuk makan permen terlalu banyak, hal ini dikarenakan permen adalah makanan nomor satu penyebab gigi rusak dan sakit gigi. Tidak hanya permen saja, namun juga aneka gula atau makanan manis. Untuk menghindari sakit gigi atau kerusakan gigi karena makan permen atau gula, baiknya anda segera gosok gigi setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

Minuman bersoda dan pemanis buatan

Minuman bersoda juga salah satu minuman penyebab kerusakan ada gigi. Minuman bersoda ataupun alkohol mengandung asam juga pemanis buatan yang tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan gigi. Selain itu minuman bersoda juga mengandung fosfor dan asam sitrat yang dapat membuat email gigi semakin menipis. Untuk menghindari hal tersebut, baiknya anda berkumur setelah minum minuman bersoda atau minuman yang menganung pemanis buatan.

Teh dan kopi

Teh dan kopi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun mengkonsumsi teh dan kopi secara berlebihan juga tidak baik, terlebih untuk kesehatan gigi. Teh dan kopi sering kali meninggalkan noda pada gigi yang membuat gigi menjadi kuning dan menghitam. Kandungan asam tanat pada teh atau kopi juga membuat kerusakan pada email gigi, belum lagi dengan kandungan kafein juga gula pada teh dan kopi. Untuk lebih amannya, anda bisa mengkonsumsi teh hijau, teh hijau baik untuk gigi dan kesehatan mulut, namun jika anda tetap ingin mengkonsumsi teh dan kopi, baiknya sehari secangkir saja tidak lebih.

Buah-buahan asam

Buah-buahan merupakan sumber makanan yang memiliki banyak nutrisi dan vitamin yang baik sekali untuk kesehatan tubuh kita. Namun, perlu anda ketahui, buah asam ternyata kurang baik untuk kesehatan gigi dan bisa menyebabkan sakit gigi. Hal ini dikarenakan kandungan asam pada buah asam dapat menyebabkan kerusakan imail gigi yang akhirnya membuat gigi menjadi berlubang. Namun bukan berarti anda tak boleh mengkonsumsi buah asam. Anda tetap bisa mengkonsumsi buah asam, hanya saja, baiknya anda segera berkumur setelah memakan buah asam.

Keripik

Keripik merupakan cemilan favorit kebanyakan orang, termasuk saya sendiri. Rasanya yang nikmat dan gurih membuat kita tak mau berhenti menikmatinya. Namun anda perlu hati-hati, keripik sering kali nyangkut pada gigi yang kemudian menjadi sarang bakteri dan menyebabkan gigi berlubang. Belum lagi kandungan pati pada keripik akan diubah menjadi gula oleh enzim pada mulut. Untuk itu anda harus segera gosok gigi setelah mengkonsumsi keripik.

Acar

Acar juga menjadi salah satu makanan penyebab sakit gigi. Hal ini dikarenakan acar sering kali berasa asam. Seperti yang telah dijelaskan diatas, dimana asam merupakan salah satu penyebab kerusakan pada gigi. Kandungan asam pada acarlah yang membuat acar cukup berbahaya bagi gigi.

Demikianlah informasi tentang Makanan Ini Penyebab Sakit Gigi. Meskipun demikian, makanan tersebut tetap aman untuk gigi asalkan anda ragin membersihkan gigi dan periksa ke dokter gigi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef