Penyebab Gusi Bengkak Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gusi Bengkak Dan Cara Mengatasinya - Gusi bengkak merupakan keadaan yang sangat tidak mengenakan. Hal ini dikarenakan gusi bengkak menyebabkan rasa sakit luar biasa, terlebih ketika sedang makan. Tidak hanya sakit pada gusi saja, namun juga sakit pada gigi. Bisa anda bayangkan betapa menderitanya sakit gusi dan gigi. Selain itu, gusi bengkak juga kerap menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

Keadaan gusi bengkak adalah salah satu gejala dari kondisi gingivitis kronis atau peradangan gusi kronis. Pembengkakan terjadi karena adanya luka pada gusi yang harus segera diatasi. Keadaan seperti ini jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan masalah serius, yaitu kondisi infeksi gusi yang dapat menghancurkan gigi serta jaringan lunak pada gusi.

Nah untuk mengetahui lebih lanjut tentang masalah gusi bengkak, berikut kami akan berikan informasi tentang penyebab gusi bengkak dan cara mengatasinya.
Penyebab Gusi Bengkak Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Gusi Bengkak Dan Cara Mengatasinya

Adanya plak dan tartar

Penyebab pertama gusi bengkak adalah karena adanya plak dan tartar. Plak merupakan lapisan tak terlihat pada gigi dan gusi yang terbentuk oleh bakteri dan sisa makanan. Plak gigi disebabkan karena malas menggosok gigi, sehingga gigi menjadi kuning atau hitam. Plak gigi jika terus menumpuk dapat menyebabkan gigi berlupang juga dapat menyebabkan infeksi. Sedangkan tartar adalah plak gigi yang telah mengeras atau biasa disebut dengan istilah karang gigi. Tartar gigi sulit diatasi. Untuk mengatasi hal ini anda bisa menggunakan baking soda dan lemon atau anda bisa pergi ke dokter gigi.

Adanya sisa makanan yang menempel

Sudah bukan rahasia lagi jika sisa makanan yang menempel pada gigi dan gusi merupakan penyebab utama sakit gigi dan gusi. Sisa-sisa makanan yang menempel terutama pada sela-sela gigi ini akan menjadi sarang bakteri yang akhirnya menyebabkan sakit gigi luar biasa, jika dibiarkan akan menyebabkan gusi bengkak. Untuk mengatasi hal ini baiknya anda rajin menggosok gigi, sehingga sisa makanan akan bersih.

Iritasi

Iritasi atau alergi juga merupakan salah satu penyebab gusi bengkak. Reaksi alergi terhadap bahan yang terkandung pada pasta gigi, makanan, obat-obatan dan lain sebagainya dapat menyebabkan iritasi, kemerahan hingga pembengkakan. Banyak orang yang tak menyadari hal ini. Untuk mengatasi hal ini, anda harus tahu anda alergi terhadap apa, kemudian anda harus menghindarinya.

Perubahan hormon

Bagi beberapa orang terutama kaum wanita bahwa perubahan kadar hormon dapat menyebabkan gusi bengkak. Hal ini normal dan biasa terjadi sementara, jika terjadi dalam waktu yang panjang, bisa juga dikarenakan kehamilan.

Obat-obat tertentu

Obat yang anda konsumsi juga dapat memberikan efek samping gusi bengkak. Obat tersebut diantaranya obat tekanan darah tinggi. Dalam hal ini anda bisa berkonsultasi pada dokter gigi.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Gusi Bengkak Dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat, Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef