Wajib Tahu Bahaya Main Ponsel Sebelum Tidur

Wajib Tahu Bahaya Main Ponsel Sebelum Tidur - Ponsel sudah menjadi kebutuhan wajib bagi semua orang dijaman sekarang ini, bahkan kita semua tak pernah bisa lepas dari yang namanya ponsel atau gadget. Memang tak dipungkiri ponsel atau gadget atau smartphone memberikan manfaat luar biasa bagi kita semua, kita dapat mengetahui berbagai informasi hanya dari barang sekecil itu. Namun banyak orang yang berlebihan dalam menggunakan ponsel hingga tetap menggunakan ponsel meskipun dalam keadaan tidur.

Ponsel memberikan manfaat luar biasa, namun juga dapat berdampak bahaya. Hal ini biasanya terjadi pada remaja yang terlalu berlebihan dalam menggunakan ponsel terutama sebelum tidur. Memang tak dipungkiri, ponsel biasanya barang terakhir yang kita sentuh sebelum tidur dan barang pertama yang kita sentuh setelah bangun tidur. Namun perlu anda ketahui, menggunakan ponsel sebelum tidur dapat berdampak bahaya bagi kesehatan anda. Nah berikut bahaya menggunakan ponsel sebelum tidur yang wajib anda ketahui.
Wajib Tahu Bahaya Main Ponsel Sebelum Tidur
Wajib Tahu Bahaya Main Ponsel Sebelum Tidur

Kurang tidur

Dampak pertama dari menggunakan ponsel sebelum tidur akan menyebabkan anda kurang tidur. Cahaya biru yang dikeluarkan ponsel akan mempengaruhi produksi melatonin, melatonin sendiri merupakan hormon yang membuat kita untuk tidur, sehingga banyak orang yang tidak bisa tidur hingga tengah malam karena bermain ponsel. 

Ketegangan mata

Ketika mata sudah lelah dan waktunya tidur, namun anda malah asyik bermain ponsel. Tentu keadaan ini sangat tidak baik untuk kesehatan mata, terlebih dengan keadaan ruangan yang gelap. Cahaya ponsel akan langsung menyerang mata dan menyebabkan ketegangan mata, mata akan menjadi sakit dan pusing, hal ini juga akan menyebabkan gangguan penglihatan.

Kerusakan retina

Cahaya yang keluar dari ponsel atau smarphone memiliki panjang gelombang terpendek, dan dalam jangka panjang dapat merusak retina mata. Tentu akan berdampak bahaya bagi mata anda.

Mempengaruhi otak

Selain mempengaruhi mata, menggunakan ponsel sebelum tidur juga akan mempengaruh otak. Ya, penggunaan ponsel sebelum tidur berdampak bahaya bagi otak kita. Hal ini juga akan berdampak pada sistem metabolisme.

Terserang kanker

Dampak terburuk dari bermain ponsel sebelum tidur adalah terserang kanker. Melatonin yang juga merupakan antioksidan akan terganggu oleh cahaya biru dari ponsel sehingga akan menyebabkan kanker. tentu hal ini akan sangat berbahaya sekali.

Demikianlah informasi tentang Wajib Tahu Bahaya Main Ponsel Sebelum Tidur. Setelah mengetahui hal tersebut, baiknya anda hentikan kebiasaan bermain ponsel sebelum tidur. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef