Hikmah Luar Biasa Sedekah Dibulan Ramadhan

Hikmah Luar Biasa Sedekah Dibulan Ramadhan - Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, penuh pahala, penuh pengampunan dan bulan seribu bulan. Tak heran bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling istimewa dan di tunggu-tunggu oleh semua umat islam didunia ini, dan dibulan Ramadhan ini semua umat islam akan berlomba-lomba dalam melakukan amal ibadah seperti beramal, sedekah, membaca Al-Qur'an dan tak ketinggalan yaitu ibadah puasa dan sholat terawih.

Dibula Ramadhan yang penuh berkah ini, semua amalan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Salah satu amalan yang paling di anjurkan selama bulan Ramadhan yaitu amalan sedekah. Bersekah pada kaum fakir miskin, tetangga atau kepada orang yang membutuhkan. Bagi orang yang mengetahui akan hikmah dan pahala bersedekah saat bulan, pasti mereka tidak akan berfikir panjang untuk mengeluarkan uang mereka demi bersedakah.

Nah, sahabat sebagai motovasi anda semua, kali ini kita akan memberikan informasi tentang hikmah bersedekah selama bulan Ramadhan. Berikut Hikmah Luar Biasa Sedekah Dibulan Ramadhan.
Hikmah Luar Biasa Sedekah Dibulan Ramadhan
Hikmah Luar Biasa Sedekah Dibulan Ramadhan

Pahala yang berlipat ganda

Seperti yang telah dijelaskan diatas, dibulan Ramadhan ini semua amalan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, begitu juga dengan amalan sedekah. Firman Allah dalam Al-Qur'an "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (Ganjarannya) kepada mereka, bagi mereka pahala yang banyak" (QS. Al hadid 18).

Membersihkan harta

Tidak hanya tubuh kita dan pakean kita saja yang dibersihkan, namun harta kita juga wajib kita bersihkan. Cara membersihkannya yaitu dengan membayar zakat atau bersedekah. Sedekah ibarat air yang membasuh harta kita, sehingga harta kita menjadi berkah dan semakin banyak. Seperti hadist Rasulullah "Harta tidak akan berkurang dengan bersedekah, dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya (Hr. Muslim).

Diampuni dosanya

Sedekah juga merupakan cara ampuh untuk mendapatkan ampunan Allah atas semua dosa kita. Dengan bersedekan, dosa kita akan dihapus, seperti sabda Rasulullah SAW "Sedekah bisa menghapus dosa seperti air yang memadamkan api" (Hr. Tirmidzi di shahihkan Al Albani dalam shahis At Tirmidzi).

Dibukakan pintu surga

Hikmah sedekah berikutnya yaitu akan dipermudah jalan menuju surga. Hal ini seperti yang telah jelaskan pada hadits Rasulullah SAW "Orang yang memberikan menyumbangkan dua harta dijalan Allah, makam mereka akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga, 'Wahai hamba Allah, kemarihkan untuk menuju kenikmatan'. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan sholat, ia akan dipanggil dari pintu sholat, yang dari kalangan mujahid akan dipanggil dari pintu mujahid, jika dia golongan orang yang gemar bersedekah, makan akan dipanggil dari pintu sedekah" (Hr. Bukhari, Muslim)

Terbebas dari siksaan kubur dan api neraka

Orang yang paling beruntung adalah orang yang bisa selamat dan bebas dari siksa kubur dan api neraka. Nah dengan bersedekah akan menyelamatkan kita dari siksa kubur dan api neraka. 
"Sedekah akan memedampan api siksaan di dalam kubur"(Hr. Tabrani)
"Jauhilah api neraka walau hanya bersekedah sebiji kurma, jika tidak kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah" (Hr. Al Bukhari)

Rasa bahagia

Sedekah juga akan menjadikan hidup kita menjadi bahagia dan barokah. Dengan bersekah, kita akan membantu kesulitan orang lain, dan hal ini tentu akan membuat kita dan orang yang kita bantu merasa bahagia. Sedekah menjadi sumber kebahagiaan. Untuk itu perbanyaklah bersekah, terlebih dibulan Ramadhan.

Demikianlah informasi tentang Hikmah Luar Biasa Sedekah Dibulan Ramadhan. Perbanyaklah bersekedah di bulan yang penuh berkah ini. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef