Penyakit yang Disebabkan Karena Stres Berkepanjangan

Penyakit yang disebabkan karena stres berkepanjangan - Setiap orang pasti pernah mengalami stres, namun tingkatan stres stiap orang berbeda-beda. Hal itu biasanya tergantung dengan kuatnya hati mereka dalam menangani masalah dan seberapa besar masalah yang mengujinya. Apabila tidak kuat, maka otomatis stres akan menyerang.

Berbicara tentang stres, tahukah anda apakah yang akan terjadi bila seseorang terlalu sering mengalami stres? Bukan hanya kesehatan mental saja yang terganggu dan menurun, tapi juga kesehatan fisik tubuh anda menjadi menurun. Terlalu banyak memikirkan masalah dapat membuat tubuh kita menjadi bermasalah. Bahkan banyak orang yang bilang kalau terlalu banyak pikiran dapat membuat seseorang cepat tua. Dan itu memang benar. Sebab, stres dapat mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit. Sehingga kulit akan tampak lebih tua jika mengalami stres berkepanjangan.

Selain itu, apa saja sih dampak yang akan terjadi bila mengalami stres berkepanjangan? Apakah ada penyakit yang akan menyerang dikala seseorang stres? Tentu saja ada, berikut ini beberapa penyakit yang disebabkan karena stres berkepanjangan:
Penyakit yang Disebabkan Karena Stres Berkepanjangan
Penyakit yang Disebabkan Karena Stres Berkepanjangan

1. Rambut rontok

Pada rambut yang normal, biasanya rata-rata rambut rontok sebanyak 50 - 100 helai per hari. Namun jika mengalami stres berat maka bisa rontok sebanyak tiga sampai empat kali dari semula. Untuk mengatasinya, anda perlu menerapkan hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan seperti ikan salmon yang mengandung protein, vitamin D, dan asam lemak omega-3. Walnut dan biji-bijian juga baik untuk mencegah rambut rontok. Dan yang penting, hindarilah stres berkepanjangan.

2. Pikun

Orang yang sering mengalami stres memang akan terganggu otak dan pikirannya. Mereka akan menjadi lebih mudah lupa dan susah mengingat suatu hal yang pernah dilihat atau dihafalkan. Bukan hanya itu, kefokusan seseorang pun akan menjadi lebih berkurang jika mengalami stres berkepanjangan. Ini karena hormon stres, cortisol yang menurunkan kinerja otak pre-frontal cortex yang berkaitan dengan penyimpanan ingatan jangka pendek. Stres berat juga bisa menyebabkan kepikunan jangka panjang, serta dapat mengganggu kinerja otak.

3. Menurunkan libido

Berdasarkan peneliti yang telah dilakukan, dijelaskan bahwa hormon stres, cortisol, bisa menurunkan libido atau hasrat seksual pada wanita. Lakukanlah olahraga secara rutin untuk meningkatkan aliran darah pada daerah intim dan kembali meningkatkan libido. Selain itu, yang paling penting adalah menghindari stres berkepanjangan. Jangan sampai stres menyebabkan penurunan libido.

4. Merusak kulit

Bukan hanya merusak kesehatan pikiran saja, namun juga dapat merusak kesehatan kulit. Ketika anda mengalami stres, tubuh akan melepaskan hormon seperti cortisol yang bisa meningkatkan produksi minyak tubuh. Hal ini juga memicu masalah kulit seperti eczema. Apabila anda mengalami stres berat sebaiknya perhatikan perawatan kulit anda. Sebab, kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap kosmetik.

5. Nyeri otot

Nyeri otot bisa terjadi kapan saja. Bukan hanya saat anda lelah saja, akan tetapi juga bisa terjadi saat anda mengalami stres. Ya, stres bisa meningkatkan tekanan otot dan memicu nyeri pada otot-otot tubuh Anda. Stres yang berat bisa memicu rasa sakit pada pundak, leher, punggung, dan bahkan pada rahang. Oleh sebab itu kita harus menjaga pola hidup sehat dan hindari stres berkepanjangan.

Demikianlah informasi tentang Penyakit yang Disebabkan Karena Stres Berkepanjangan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef