Tips Menghadapi Teman yang Berhutang Namun Sok tak Kenal

Tips menghadapi teman yang berhutang tapi sok tak kenal - Hutang, jika berbicara mengenai hutang memang tidak ada habisnya. Ya, itu berlaku bagi orang yang kebutuhannya belum bisa tercukupi, dan lebih khusus lagi bagi mereka yang berlebihan dalam berbelanja ataupun ingin memiliki apapun yang menurutnya bagus. Sehingga untuk memenuhi keinginannya tersebut terpaksa harus berhutang.

Sebenarnya hutang adalah suatu hal yang wajar jika hanya untuk mencukupi kebutuhan saja. Artinya tidak berlebihan dan tidak gunakan untuk hal yang tidak penting. Sebab, sekarang sudah banyak orang yang menjadikan hutang sebagai kebiasaan. Hutang sana dan sini hanya untuk bersenang-senang. Itulah yang merepotkan kita sebagai penghutang. Apakah anda pernah mengalami hal ini? Apalagi kalau yang dihutangi itu selalu berlagak tidak kenal ketika bertemu kepada kita hanya karena hutangnya belum lunas. Hmm.

Memang tidak semua orang seperti itu. Yang paling merepotkan adalah apabila hal itu terjadi pada teman kita sendiri. Dia berhutang kepada kita dan sudah dijanjikan tanggal sekian akan bayar. Namun setelah jatuh tempo dia belum juga bayar. Nah, ketika bertemu dengan anda, dia selalu berlagak tidak kenal agar anda tidak menagih hutangnya. Hmm. Lalu bagaimana cara mengatasi orang yang semacam itu? Bagaimana cara menghadapi teman yang memiliki sifat dan sikap seperti itu? Berikut ini beberapa tips untuk menghadapi teman yang berhutang namun sok tak kenal:

Tips Menghadapi Teman yang Berhutang Namun Sok tak Kenal
Tips Menghadapi Teman yang Berhutang Namun Sok tak Kenal

1. Kalau anda masih bisa bersabar, biarkan dia melakukan sesuka hatinya

Bagi anda yang masih kuat menahan kesabaran anda saat menghadapi teman semacam itu, maka bersabarlah. Anda pasti akan mendapatkan kebaikan atas kesabaran yang anda miliki. Meskipun dia selalu berlagak tak kenal ketika bertemu dengan anda, biarkanlah. Biarkanlah dia sadar dengan sendirinya. Namun anda juga tidak ada salahnya jika melakukan suatu hal untuk memperingatkannya secara tidak langsung. Jika memang tidak tidak kunjung sadar akan hutangnya, maka beralihlah ke langkah selanjutnya.

2. Bersikaplah jujur dan apa adanya, itu lebih baik

Selanjutnya adalah bersikap jujur dan apa adanya. Dia memang meminjam uang anda, tapi dia selalu berlagak tak kenal saat di depan anda. Padahal di sisi lain anda tidak ingin kehilangan pertemanan dengannya. Maka, bicaralah baik-baik dengannya empat mata. Bicaralah sesuai apa yang anda rasakan. Anda jangan takut untuk menagih hutang. Sebab, menagih hutang itu tidak salah, asalkan dengan cara yang benar dan halus. Setelah menagih hutang, jangan menjauh darinya, tetaplah ajak sosialisasi dan berkomunikasi dengan baik.

3. Uang dan hutang memang bisa menjadi perkara sensitif

Memang yang namanya uang dan hutang itu adalah perkara sensitif bagi siapapun. Akibat adanya uang dan hutang, hubungan persahabatan dan pertemanan bisa berpindah pada ambang kehancuran. Di sini, kita dituntut untuk tetap sabar, dan menjaga komunikasi dengan seseorang yang berhutang kepada kita maupun orang yang kita hutangi. Dengan adanya komunikasi yang baik, tentu hubungan akan tetap terjaga dengan baik.

4. Ajak bicara empat mata dengan anda

Jangan sampai anda mempermalukannya di tempat umum. Jika anda memerlukan kejelasan darinya, maka ajaklah berbicara empat mata. Hal ini lebih baik daripada anda memendam perasaan dan berpikir negatif tentang dirinya. Kenapa sikapnya jadi sok nggak kenal dan sebagainya? Atau mungkin dia punya alasan sendiri dengan sikapnya itu? Jikalau anda tidak merasa keberatan kalau dia belum bisa membayar hutangnya, maka terus teranglah kalau anda tidak marah dan tidak merasa keberatan. Demikian akan lebih baik.

Demikianlah informasi tentang Tips Menghadapi Teman yang Berhutang Namun Sok tak Kenal. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef