Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin dan Mineral

Tanda tubuh kekurangan vitamin dan mineral - Setiap orang pasti ingin hidup sehat. Untuk mendapatkan kesehatan, tentu harus menjaga pola hidupnya dengan baik dan benar. Salah satunya adalah dengan memenuhi asupan giz, vitamin, dan mineral dari makanan yang dimakan.

Berbicara tentang vitamin dan mineral. Memang tubuh kita sangat membutuhkan asupan nutrisi tersebut. Sebab, kedua asupan itu merupakan asupan yang dapat mendukung kesehatan tubuh. Jika tubuh kekurangan vitamin dan mineral, tubuh akan mengalami masalah, yaitu kesehatan tubuh menjadi menurun dan muncul beberapa gejala yang menunjukkan ketidaksehatannya tubuh kita. Oleh sebab itu sangat penting bagi kita untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral.

Mungkin mengenai vitamin dan mineral, banyak yang bertanya tentang bagaimana cara kita mengetahui tubuh kita kekurangan vitamin dan mineral? Sebenarnya mudah, yaitu dengan merasakan apakah kita mengalami hal yang aneh dalam tubuh kita? Misalnya, daya tahan tubuh sering menurun, sering terserang penyakit, dan lain sebagainya. Nah, berikut ini beberapa tanda tubuh kekurangan vitamin dan mineral:
Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin dan Mineral
Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin dan Mineral

 



1. Mudah merasa lelah


Anda sering merasa lelah? Jika iya, itulah salah satu tanda tubuh anda kekurangan asupan nutrisi seperti kalsium. Kurangnya asupan kalsium dalam tubuh dapat menyebabkan kelelahan. Untuk mencegah kelelahan secara terus-menerus, konsumsilah beberapa jenis makanan yang dapat membantu, seperti susu, yoghurt, almon, dan buncis.

2. Sering kram

Sering mengalami kram juga merupakan tanda tubuh kekurangan nutrisi vitamin. Kekurangan vitamin E dapat membuat tubuh mudah mengalami kram. Dengan mengkonsumsi vitamin E akan membantu memperlambat proses penuaan. Konsumsilah vitamin E dari kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, telur, dan sereal.

3. Rambut, kulit, dan kuku bermasalah

Bila kuku anda terlihat rapuh dan mudah pecah, itu tanda anda kekurangan biotin. Bila kulit mengalami peradangan, iritasi, hingga mengelupas, itu tanda anda kekurangan nutrisi. Termasuk juga jika rambut anda mengalami kerapuhan dan menipis, itu tanda anda kekurangan gizi dan nutrisi. Anda dapat mendapatkan semua nutrisi yang anda butuhkan itu dalam biji-bijian, telur, susu, kacang-kacangan, dan salmon.

4. Kebiasaan BAB berubah

Tubuh yang kekurangan niasin dapat menyebabkan terjadinya masalah kesehatan, salah satunya adalah masalah BAB, yaitu sembelit, diare, mual, dan muntah. Anda dapat menemukan asupan niasin dari daging, ikan, telur, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan roti. Konsumsilah secara rutin hingga kebiasaan BAB anda menjadi teratur.

5. Mudah memar

Kandungan vitamin C dalam tubuh yang berkurang dapat menyebabkan kerusakan sel dan dapat mengakibatkan seseorang mengalami mudah memar. Faktor dari luar dipicu oleh polusi udara, asap rokok, dan sinar ultraviolet. Konsumsilah vitamin C secara rutin sebagai antioksidan peningkat daya tahan dan kekebalan ubuh. Anda bisa mendapatkan vitamin C dari jeruk, pepaya, jambu, paprika kuning, strawberry, dan kale.

Demikianlah informasi tentang Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin dan Mineral. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef