4 Kebiasaan Sepele Yang Dapat Membuat Ginjal Rusak

Kebiasaan Sepele Yang Dapat Membuat Ginjal Rusak - Ginjal merupakan salah satu organ dalam yang sangat penting sekali yang berfungsi untuk menyaring kotoran dan racun melalui urine. Ginjal juga berfungsi untuk mengatur jumlah air dalam tuhuh dengan cara membuang air melalui urine ketika air dalam tubuh berlebihan. Hal inilah yang membuat ginjal sangat penting dalam kesehatan tubuh kita. Bisa dibayangkan jika ginjal kita rusak dan tak bisa berfungsi dengan baik, tentu tubuh kita akan banyak mengalami masalah kesehatan.

Mengetahui akan pentingnya fungsi ginjal, tentu kita harus selalu menjaga kesehatan ginjal kita dengan baik. Namun sayangnya banyak orang yang tak mengerti bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal dengan baik. Akhirnya mereka sering melakukan aktivitas yang dapat mengamcam kesehatan ginjal mereka, dan yang lebih parahnya, aktivitas tersebut menjadi kebiasaan sehari-hari, tentu hal ini harus segera kita hentikan agar ginjal kita tidak rusak atau bermasalah.

Lalu kebiasaan apa sajakah yang dapat merusak ginjal, namun banyak tidak disadari orang. Berikut Kebiasaan Sepele Yang Dapat Membuat Ginjal Rusak.
Kebiasaan Sepele Yang Dapat Membuat Ginjal Rusak
Kebiasaan Sepele Yang Dapat Membuat Ginjal Rusak

1. Kurang minum air putih

Kebiasaan pertama yang sering dilakukan orang dan sangat mengancam kesehatan ginjal adalah kebiasaan kurang minum air putih. Kekurangan air putih akan membuat tubuh menjadi dehidrasi, dan fungsi ginjal dalam membuang racun akan terganggu. Untuk itu kita diwajibkan untuk minum air putih sehari minimal 8 gelas untuk menjaga keseimbangan dan fungsi organ tubuh kita menjadi lebih sehat dan baik.

2. Kebiasaan menunda buang air kecil

Buang air kecil atau urine merupakan sisa-sisa racun yang harus dibuang. Namun karena kesibukan atau lain sebagainya, orang sering menunda buang air kecil. Hal ini tentu akan membuat ginjal bermasalah. Urin yang ada dalam kandung kemih dan tidak segera dibuang akan menyebabkan bakteri berkembang, hal ini juga akan menyebabkan tekanan pada ginjal hingga akhirnya ginjal bermasalah dan rusak.

3. Berlebihan dalam mengkonsumsi obat

Obat berfungsi untuk mengobati penyakit di dalam tubuh kita. Namun berlebih dalam mengkonsumsi obat juga akan membuat tubuh kita bermasalah, terutama organ ginjal. Obat yang berlebihan akan membuat ginjal berkerja keras dan dalam waktu yang lama akan menyebabkan gagal ginjal akut, tentu hal ini akan sangat menakutkan sekali. Untuk itu, kurangi dalam mengkonsumsi obat-obatan.

4. Berlebihan dalam mengkonsumsi garam

Tidak hanya obat-obatan saja, namun berlebihan dalam mengkonsumsi garam atau makanan asin juga sangat berbahaya bagi kesehatan ginjal kita. Ketika natrium masuk ke dalam tubuh kita dengan jumlah yang besar, ginjal akan bekerja keras untuk mengeluarkannya. Hal ini akan menyebabkan penurunan fungsi ginjal yang ditandai dengan retensi air atau tekanan darah tinggi secara terus menerus. Untuk itu mulai dari sekarang untuk kurangi dalam mengkonsumsi garam atau makanan asin.


Demikianlah informasi tentang Kebiasaan Sepele Yang Dapat Membuat Ginjal Rusak. Mulai dari sekarang untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut agar gindal anda tetap sehat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef