Penyebab Anak Berbohong dan Cara Mengatasinya

Penyebab anak berbohong dan cara mengatasinya - Semua orang tua pasti mengingkan anak yang memiliki tingkah laku baik, sopan, santun, dan jujur, baik itu jujur kepada diri sendiri, orang tua, maupun orang lain. Siapa sih yang ingin anaknya menjadi anak berbohong? Tentu tidak ada.
Nah, berbicara tentang kebohongan yang dilakukan anak, memang di zaman sekarang ini banyak kita temui anak kecil yang berani berbohong, bukan hanya berbohong kepada teman-temannya, orang tuanya sendiri pun terkadang dibohongi. Lalu, apa penyebab dari tingkah laku dari sang anak tersebut yang suka berbohong? Sebenarnya ada banyak hal yang menjadi penyebab anak mau berbohong. Salah satunya adalah karena faktor lingkungan atau pergaulan.
Memang dalam pergaulan, kita harus memperhatikan betul dengan siapa dan dimana anak kita bergaul. Jika salah bergaul dengan orang-orang yang suka berbohong, maka kemungkinan besar anak kita juga akan menjadi seorang pembohong. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Nah, berikut ini ada beberapa penyebab dan cara mengatasi anak yang suka berbohong:
Penyebab Anak Berbohong dan Cara Mengatasinya
Penyebab Anak Berbohong dan Cara Mengatasinya

1. Takut dihukum

Berdasarkan studi yang telah dilakukan bahwa memberikan hukuman kepada anak hanya akan membuat sang anak menjadi lebih berbohong. Sebab, ketika ada suatu masalah yang bisa membuat anda marah, sudah pasti anak akan menyembunyikannya karena takut mendapat hukuman dari anda. Ketika anda bertanya kepada anak tentang hal itu, tentu anak akan berbohong untuk menghindari hukuman dari anda.
Lalu bagaimana cara mengatasinya? Yaitu dengan mencoba menerima penjelasannya dan alasan mengapa dirinya melakukan kesalahan itu. Tunjukkan dan jelaskan bahwa apa yang anak lakukan itu adalah suatu kesalahan, jangan membentaknya. Jelaskan dan berikan saran serta arahan dengan kasih sayang. Karena bentakan keras atau hukuman dari orang tua justru akan membuat anak trauma. Jika anda sudah menasihati dengan kasih sayang namun anak masih saja mengulanginya, bolehlah diberi hukuman namun yang sewajarnya.

2. Orang tua yang terlalu menuntut

Biasanya, ada sebagian orang tua yang memang sukanya menuntut-nuntut anaknya harus bisa ini dan itu, harus melakukan ini dan itu, serta tidak boleh ini dan itu, dan sebagainya. Hal ini akan membuat sang anak merasa tertekan dan tidak memiliki sedikit ruang kebebasan. Anak akan merasa dirinya seakan tidak bisa bernafas. Ketika anak mulai tidak kuat, dia akan memberanikan diri untuk berbohong kepada orang tua untuk tidak melakukan apa yang disuruh oleh orang tuanya. Karena dia merasa capek.

Lalu bagaimana solusi terbaiknya? Yaitu dengan memberikan kelonggaran untuk sang anak. Jangan terlalu menekan dirinya untuk selalu melakukan ini dan itu yang bukan merupakan keinginannya. Memang terkadang kita harus melakukan tekanan sedikit untuknya agar dia menjadi anak yang baik, namun jangan terlalu memaksa. Biarkan anak memilih namun orang tua harus tetap mengarahkan. Setelah anak memilih dan itu pilihan yang positif, maka barulah orangtua mensuport atau memberi dukungan kepada sang anak.

3. Ingin dipuji

Hal ini biasanya dilakukan sang anak karena sebelumnya belum pernah mendapatkan pujian dari orangtuanya atas apa yang telah dilakukan sang anak itu sendiri. Akhirnya anak berani mengarang cerita bohongan seperti cerita dia memiliki prestasi baik atau sebagainya. Keinginan untuk mendapat perhatian dan ingin diakui inilah yang membuat anak berani berbohong.

Lalu bagaimana mengatasinya? Yaitu dengan memberikan pujian atas apa yang telah ia raih meski masih dibawah standar. Sebab, anak membutuhkan pujian untuk membuat dirinya menjadi lebih percaya diri. Ketika dia mendapatkan pujian dari anda, dia akan merasa anda telah mengakui akan keberadaannya disamping anda, dan dia pasti akan merasa ingin mempertahankan dan lebih meningkatkan lagi atas apa yang ia lakukan dan ia raih. Namun disamping anda memberikan pujian, anda juga perlu memberikan saran dan arahan agar dia bisa lebih meningkat lagi.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Anak Berbohong dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef