Cara Mudah Mencegah Penyakit Stroke

Cara mudah mencegah penyakit stroke - Salah satu penyakit yang paling mengerikan adalah penyakit stroke. Sebab, dengan seketika orang yang terkena stroke akan mengalami ketidaknormalan pada beberapa saraf yang ada didalam tubuh. Entah itu bagian kepala, tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya. Bahkan lebih parahnya lagi orang yang terkena stroke langsung bisa meninggal dunia. Hal itu tergantung tingkat keparahan stroke yang dideritanya.

Berbicara tentang stroke, penyakit ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti darah tinggi, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Penyakit stroke bisa datang kapan saja tanpa diduga oleh si penderitanya. Untuk itu kita harus melakukan perubahan pada pola hidup kita menjadi lebih sehat agar terhindar dari serangan stroke.

Untuk menghindari atau mencegah datangnya penyakit stroke, anda bisa melakukan banyak hal, dan tentunya yang paling utama adalah pola hidup sehat dan jadilah manusia yang selalu aktif. Dengan demikian, risiko terkena penyakit stroke akan lebih kecil. Selain itu, berikut ini beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit stroke:
Cara Mudah Mencegah Penyakit Stroke
Cara Mudah Mencegah Penyakit Stroke

1. Makan makanan sehat

Konsumsilah makanan-makanan sehat. Tentunya makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang cukup. Terapkan diet dan konsumsilah makanan seperti buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.Makanan-makanan tersebut dapat membantu mengurangi resiko stroke. Sehingga dapat membantu anda menghindari penyakit stroke. Jangan lupa juga untuk membatasi makanan berlemak jenuh dan lemak trans.

2. Aktivitas fisik

Jangan lupakan aktivitas fisik anda. Olahragalah secara teratur setiap harinya. Jangan sampai anda melewati hari-hari anda dengan tidak berolahraga. Aktivitas fisik sangatlah penting untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kolesterol baik. Oleh sebab itu anda harus rutin berolahraga. Sebab, olahraga dapat mendongkrak kesehatan secara keseluruhan pembuluh darah serta jantung anda, sehingga mengurangi risiko stroke.

3. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi merupakan penyebab utama penyakit stroke. Jika anda memiliki riwayat darah tinggi, anda harus bisa mengontrol pola hidup anda dengan baik dan sehat. Hal ini dilakukan agar tekanan darah anda tetap stabil dan tidak mengalami lonjakan kenaikan yang tinggi. Anda juga perlu mengkonsumsi berbagai macam makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

4. Berhenti merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan yang kurang baik untuk kesehatan. Bahkan jika merokok itu menjadi kebiasaan sehari-hari, dapat menyebabkan berbagai macam masalah gangguan kesehatan, bahkan bisa mencapai penyakit stroke. Oleh sebab itu sangat disarankan bagi anda untuk menghindari rokok. Baik itu menghindari merokok maupun orang yang sedang merokok.

5. Menurunkan berat badan

Berat badan yang lebih bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit stroke. Sebab, berat badan yang lebih, bisa meningkatkan risiko darah tinggi, penyakit kardiovaskular, dan diabetes. Semua penyakit itu merupakan faktor penyebab penyakit stroke. Segeralah untuk menurunkan berat badan anda dengan cara yang baik dan sehat.

6. Hindari minuman beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol adalah minuman yang menjadi penyebab datangnya serangan stroke. Apalagi jika anda memiliki riwayat penyakit darah tinggi, tentu alkohol ini akan lebih mudah mendatangkan stroke. Sebab, alkohol yang diminum dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan memicu detak jantung tak teratur, sehingga akan memicu serangan jantung.

7. Mengobati kondisi yang mendasari

Jika anda mendapati diri anda memiliki riwayat penyakit yang berisiko menyebabkan stroke, maka segeralah untuk mengobati penyakit tersebut. Seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, kelainan irama jantung, dan diabetes. Dengan mengobati penyakit yang dapat memicu stroke, tentu akan dapat menjauhkan anda dari serangan penyakit stroke tersebut.

Demikianlah informasi tentang Cara Mudah Mencegah Penyakit Stroke. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef