Cara Mudah Atasi Hidung Tersumbat

Cara mudah atasi hidung tersumbat - Hidung yang tersumbat memang sangat mengganggu aktivitas, khususnya saat kita bekerja sehari-hari. Pekerjaan menjadi kurang lancar dan bisa bekerja secara maksimal. Itulah mengapa banyak orang yang mengeluhkan akan datangnya gangguan hidung tersumbat.

Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh banyak faktor, yaitu faktor cuaca, faktor imunitas tubuh yang menurun, dan faktor pola hidup yang idak sehat. Pola hidup yang kurang sehat seperti makan tidak teratur dan tidak memperhatikan kandungan gizi, serta jarang menggerakkan tubuh, itu juga bisa memicu timbulnya gangguan hidung tersumbat. Apalagi kalau dibarengi dengan cuaca yang hujan atau cuaca tidak menentu, pasti akan lebih mudah terkena flu dan hidung tersumbat.

Nah, untuk mengatasi masalah hidung yang tersumbat, sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Cara-caranya cukup sederhana dan tidaklah sulit. Anda hanya perlu menggunakan bahan-bahan alami. Berikut ini beberapa cara mudah atasi hidung tersumbat:
Cara Mudah Atasi Hidung Tersumbat
Cara Mudah Atasi Hidung Tersumbat

1. Uap air hangat

Jika anda mengalami masalah hidung yang tersumbat, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan uap air hangat. Cara ini dapat membantu mengurangi rasa sakit pada sinus dan melegakan hidung anda yang tersumbat. Uap air ini dapat membantu menjaga kelembaban hidung secara perlahan dan melegakan jaringan yang teriritasi pada hidung.

2. Kompres air hangat

Selain menghirup uap air hangat, anda juga bisa mengkompreskan hidung anda dengan air hangat yang telah anda hirup tadi. Hidung dan kening anda dikompres dengan air hangat secara perlahan. Cara ini mampu membuka saluran hidung anda yang tersumbat. Ulangi cara ini beberapa kali sampai hidung anda terasa lebih lega.

3. Mandi

Mungkin saja hidung anda yang tersumbat itu disebabkan oleh kotoran yang menumpuk didalamnya. Nah, jika itu masalahnya, anda bisa mengatasinya dengan cara mandi, yaitu mandi dengan air hangat. Uap air hangat ini mampu melunakkan kotoran hidung dan lendir didalamnya. Dengan demikian, anda bisa membersihkan kotoran dalam hidung anda dengan lebih mudah.

4. Tetap hidrasi

Saat hidung anda tersumbat, tentu yang dilakukan adalah mengencerkan lendir dalam hidung dan mendorongnya agar bisa keluar. Nah, salah satu cara untuk mengencerkan lendir adalah tetap menjaga tubuh anda tetap terhidrasi, yaitu dengan minum air putih atau air mineral. Akan lebih maksimal lagi jika anda minum air putih hangat. Ini akan dapat membantu mengencerkan lendir dan mendorongnya cepat keluar.

5. Saline spray

Anda juga bisa memanfaatkan saline spray atau nasal spray. Saline spray dapat membantu melembabkan lubang hidung dan mengencerkan lendir pada hidung anda. Obat kongestan ini dapat membantu meredakan iritasi dan bermanfaat sebagai dekongestan. Dengan cara ini juga akan dapat membantu mencegah peradangan.

Demikianlah informasi tentang Cara Mudah Atasi Hidung Tersumbat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef