Hal yang Harus Anda Hindari Jika Ingin Memiliki Anak Cerdas

Hal yang harus anda hindari jika ingin memiliki anak cerdas - Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak yang cerdas. Bukan hanya cerdas, tapi juga memiliki adab, sopan santun, serta baik kepada orang lain. Itulah keingian setiap orang tua pada umumnya. Lalu bagaimana caranya agar bisa memiliki anak yang seperti diharapkan?

Memang terkadang kenyataan tidak sesuai dengan harapan. Namun setidaknya kita bisa berusaha. Dalam hal apapun, termasuk keinginan untuk memiliki anak yang cerdas. Jika anda ingin memiliki anak yang cerdas, baik, dan sopan santun, tentu sebelumnya anda harus berusaha untuk menjadi orang seperti itu. Jika anda saja tidak berusaha untuk menjadi orang cerdas, baik, dan memiliki sopan santun, maka akan sangat sulit untuk memiliki anak yang juga baik, cerdas, dan sopan santun. Sebab, sifat, sikap, dan kecerdasan anak sebagian besar diturunkan dari orang tuanya.

Setelah anda memiliki anak, tidak cukup bila hanya berkeinginan saja. Anda harus bisa mendidik anak anda dengan baik. Bukan hanya mendidik saja, tapi anda juga mempraktikkan apa yang anda didikkan pada anak anda. Dan yang paling penting, hindarilah beberapa hal berikut ini jika anda ingin memiliki anak cerdas:

Hal yang Harus Anda Hindari Jika Ingin Memiliki Anak Cerdas
Hal yang Harus Anda Hindari Jika Ingin Memiliki Anak Cerdas

1. Menuruti semua kemauan anak

Biasanya hal ini selalu dilakukan oleh pasangan muda yang baru jadi orang tua atau baru memiliki anak satu. Karena merasa belum sempurna dan selalu merasa bersalah, mereka akhirnya menuruti semua keinginan sang anak, karena mereka berpikir kalau itu (menuruti semua keinginan anak) merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Padahal tidak semua keinginan harus dituruti, sebab itu akan menjadikan anak manja, kalau sudah dewasa menjadi egois, arogan, dan sebagainya.

2. Menyuruh tanpa memberi contoh

Anda sebagai orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak anda bukan? Salah satunya adalah menyuruhnya kepada hal-hal yang baik yang bisa mendukung masa depan yang baik. Namun disamping itu, anda juga harus bisa memberikan contoh yang terbaik untuk anak agar anak bisa meniru anda. Kalau anda tidak mau memberikan contoh baik, bagaimana anak mau berperilaku baik?

3. Memaksakan kehendak pribadi pada anak

Memang sebagian orang tua ada yang menginginkan sang anak mengikuti jejak atau pilihan orang tuanya. Ketika anak merasa tidak cocok dan tidak mau, akhirnya orang tua memaksakan kehendak pribadinya kepada anak. Akhirnya orang tua pun selalu mengatur-ngatur anak dengan kehendaknya sendiri tanpa memikirkan kehendak yang dimiliki anaknya sendiri.

4. Terburu-buru menyelamatkan anak

Orang tua saat ini banyak yang terburu-buru menyelamatkan anak dari berbagai macam situasi. Padahal anak juga perlu untuk menghadapi dan belajar menyelesaikan situasi yang dihadapi. Jadi, jika anak sedang menghadapi situasi apapun yang sekiranya bisa dihadapinya, maka biarlah ia menghadapinya sendiri. Jika dia sudah terlihat tidak mampu, maka barulah anda menolongnya.

5. Mencegah anak mengambil risiko

Orang tua mana yang ingin anaknya terluka atau menderita? Tentu tidak ada. Namun bukan berarti anda harus selalu melindunginya dari segala risiko yang dihadapinya sampai-sampai kita tidak memperbolehkannya untuk mengambil risiko. Segala risiko yang dihadapi sang anak bisa mengajarkannya menjadi sosok yang kuat dan tangguh serta berani bertanggung jawab. Bayangkan saja kalau dari kecil tidak dibolehkan mengambil risiko, kalau sudah besar kemungkinan akan jadi anak yang pengecut atau mudah takut.

6. Tak berbagi pengalaman

Hanya memberikan nasehat kepada anak tidaklah cukup. Anda juga harus memberinya contoh dari masa lalu anda. Ceritakanlah masa lalu anda seperti apa, pengalaman anda saat masih muda itu sejauh mana, lalu jelaskan pelajaran apa yang anda dapat dari pengalaman anda. Dengan begitu, anak pasti secara perlahan akan mengerti tentang diri kita sebagai orang tua. Dan kita pun bisa menjalin hubungan baik dengan sang buah hati. 

Demikianlah informasi tentang Hal yang Harus Anda Hindari Jika Ingin Memiliki Anak Cerdas. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef