Penyebab dan Cara Mencegah Pikun di Usia Muda

Penyebab dan cara mencegah pikun di usia muda - Siapa sih yang ingin jadi pelupa? Tentu tidak ada yang ingin menjadi seorang pelupa. Sebab pelupa itu tidak enak dan sangat merugikan. Ketika anda lupa saja dengan satu janji yang telah anda buat, maka anda pun akan merugikan mereka yang anda berikan janji dan juga merugikan anda sendiri.

Berbicara tentang pelupa atau biasa disebut dengan pikun, biasanya terjadi pada orang yang sudah masuk usia tua. Tapi tidak menutup kemungkinan terjadi pada usia muda. Ini terjadi karena pola hidup atau kebiasaan hidup yang tidak sehat. Biasanya pikun di usia muda disebabkan karena sering stres atau depresi. Inilah yang akan membuat hidup seseorang menjadi berantakan.

Selain itu, ada lebih banyak lagi hal yang menyebabkan seseorang menjadi pelupa atau pikun. Anda perlu tahu penyebab ini agar tidak terjebak dalam beberapa penyebab yang dimaksudkan. Berikut beberapa penyebab kepikunan di usia muda:
Penyebab dan Cara Mencegah Pikun di Usia Muda
Penyebab dan Cara Mencegah Pikun di Usia Muda

  • Depresi
  • Pendidikan rendah
  • Kekurangan aktivitas fisik
  • Tekanan darah tinggi
  • Obesitas
  • Merokok

Cara mencegah pikun di usia muda

Nah, setelah anda mengetahui beberapa penyebab dari kepikunan di usia muda, tentu yang perlu anda lakukan untuk mencegahnya adalah dengan menghindari penyebab tersebut. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah pikun:

1. Tidur cukup

Tidur yang cukup setiap harinya akan dapat membanu mencegah pikun pada diri anda. Bahkan atensi dan konsentrasi akan menurun bila anda kurang tidur. Tidurlah diwaktu yang tepat dan bangun yang tepat serta lakukan yang sama pada hari kemudian. Ini akan membantu menguatkan ingatan anda.

2. Memory tricks

Jika anda memang merupakan orang yang sulit mengingat, lakukanlah memory triks untuk membantu anda mengingat hal baru. Misal, ketika anda ingin membeli beberapa jenis sayur, bayangkan atau imajinasikan bentuk sayur-sayuran tersebut seolah-olah anda benar-benar sedang menatapnya.

3. Olahraga

Olahraga secara rutin juga dapat membantu mencegah pikun. Lakukanlah olahraga selama 30 menit setiap harinya. Bukan hanya baik untuk tubuh, tapi juga untuk otak. Olahraga mampu mencetuskan pelepasan protein BDNF yang mampu menunjang kehidupan sel saraf di otak.

4. Bersosialisasi

Selain olahraga, anda juga perlu untuk bersosialisasi. Orang yang jarang bersosialisasi akan lebih cenderung beresiko mengalami stres atau depresi. Sehingga dapat menurunkan daya ingat pada otak. Semakin baik anda bersosialisasi, semakin baik pula daya ingat yang anda miliki.

5. Hindari stres

Seperti halnya poin 4, stres adalah salah satu hal yang dapat menyebabkan kepikunan. Oleh sebab itu hindari stres dan beberapa hal yang menyebabkan stres. Tapi bukan berarti anda menghindari masalah, selesaikan masalah dengan baik dan ketenangan serta kesabaran. 

6. Berhenti merokok

Merokok memang bisa membuat anda lebih tenang, tapi ingat, merokok juga bisa menyebabkan kepikunan. Hal ini disebabkan karena ada kemungkinan rokok menyebabkan terjadinya stroke kecil pada otak si perokok.

7. Mengkonsumsi makanan sehat

Selain menghindari stres dan rokok, anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Tidak hanya makanan yang enak saja, bahkan justru makanan yang enak dan instan itu kebanyakan tidak menyehatkan. Pilihlah makanan buah, sayur, ikan, minyak zaitun untuk dijadikan menu makanan harian anda. Makanan ini mampu menurunkan resiko kepikunan hingga 20 %.

Demikianlah informasi tentang Penyebab dan Cara Mencegah Pikun di Usia Muda. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef