Daftar Makanan yang dapat Melawan Anemia

Daftar makanan yang dapat melawan anemia - Anemia adalah suatu gangguan darah dimana jumlah sel darah merah atau kadar hemoglobin dalam darah rendah. Hemoglobin itu sendiri adalah protein yang ada dalam sel-sel darah merah yang membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Untuk mengatasi masalah anemia, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan. Dan yang paling utama adalah menerapkan pola hidup sehat setiap harinya. Dan salah satu penerapannya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, tentunya yang mendukung pencegahan serta pengobatan anemia secara alami.

Berbicara tentang makanan yang dapat mendukung pencegahan atau pengobatan dan bahkan melawan anemia, anda perlu mengkonsi beberapa jenis makanan yang memang masuk dalam kategori makanan tersebut. Berikut ini daftar makanan yang dapat melawan anemia:

Daftar Makanan yang dapat Melawan Anemia
Daftar Makanan yang dapat Melawan Anemia

1. Bayam

Bayam kaya akan kandungan vitamin A, B9, C, E, zat besi, kalsium, serat, dan beta karoten.Kandungan tersebut dapat membantu menyembuhkan anemia dan mampu melawan anemia. Sehingga anda akan terhindar dari penyakit anemia. Konsumsilah bayam secara rutin.

2. Kacang

Kacang kaya akan kandungan zat besi. Kacang ini sangat cocok bagi anda yang sedang diet. Dengan mengkonsumsi dua sendok selai kacang dapat memasok 0.6 mg zat besi. Dan minum segelas jus jeruk bersama dengan roti yang mengandung selai kacang dapat membantu penyerapan zat besi dengan baik.

3. Seafood

Seafood merupakan makanan yang dapat meningkatkan hemoglobin dalam tubuh. Makanan ini mampu melawan anemia dengan baik. Untuk seafood anda bisa memilih salmon, ikan tuna, dan lainnya seperti tiram dan kerang. Konsumsilah 3 kali dalam sepekan.

4. Telur

Telur sangat kaya akan kandungan proteinnya yang mampu meningkat kesehatan tubuh. Telur juga mampu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Dan juga sifat antioksidannya dapat membantu melestarikan vitamin dalam tubuh bila anda menderita anemia.

5. Tomat

Vitamin C, E, dan beta karoten yang terkandung dalam tomat dapat membantu penyerapan zat besi juga menyehatkan kulit serta rambut. Anda bisa mengkonsumsinya dalam keadaan mentah atau diolah. Dengan mengkonsumsi secara rutin akan dapat mencegah anemia dalam tubuh anda.

6. Delima

Buah delima kaya akan zat besi dan vitamin C yang dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh. Bukan hanya itu, delima juga dapat meningkatkan konsentrasi hemoglobin dan mampu mencegah anemia. Konsumsilah buah delima secara rutin untuk menghindarkan anemia.

7. Daging merah

Daging merah mengandung zat besi dan vitamin B12 yang dapat membantu mencegah anemia. Konsumsilah daging merah secara rutin agar anemia bisa teratasi. Namun ingat, tetap dalam takran dan jangan berlebihan.

8. Kacang kedelai

Kacang kedelai adalah termasuk tumbuhan dalam jenis kacang-kacangan yang juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Kacang kedelai sangat rendah lemak dan tinggi protein  yang dapat membantu melawan anemia. Rendam kacang kedelai dalam air semalaman agar asam fitat berkurang.

9. Apel

Kandungan vitamin C pada apel juga tidak kalah dari jeruk. Anda bisa mengkonsumsi apel untuk meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi apel secara rutin dapat melancarkan penyerapan zat besi. Sehingga bisa melawan anemia dengan baik.

Demikianlah informasi tentang Daftar Makanan yang dapat Melawan Anemia. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef