4 Peyakit Mematikan yang Disebabkan Hipertensi

Penyakit mematikan yang disebabkan oleh hipertensi - Hipertensi atau penyakit darah tinggi adalah suatu kondisi dimana tekanan darah yang mengalir dalam tubuh kita menjadi lebih tinggi dan diatas tekanan pada normalnya. Biasanya untuk sistolik normalnya dalam kisaran 100-140 mmHg, dan untuk diastolik normalnya kisaran 60-90 mmHg.

Berbicara tentang hipertensi, banyak hal yang menybabkan terjadinya hipertensi. Dan yang paling umum adalah karena pola hidup yang tidak sehat, yaitu makan tidak teratur dan sembarangan, istirahat kurang, jarang olahraga, dan sebagainya. Ketika tekanan darah mulai naik, ketika itu pula resiko penyakit berbahaya akan datang dan mengancam kesehatan.

Ada banyak penyakit berbahaya yang akan mengancam seseorang yang menderita hipertensi. Darah yang tinggi akan dapat memicu beberapa masalah dalam tubuh seseorang. Dan masalah itu akan menyebabkan beberapa penyakit mematikan seperti berikut ini:

4 Peyakit Mematikan yang Disebabkan Hipertensi
Peyakit Mematikan yang Disebabkan Hipertensi

1. Gangguan jantung

Hipertensi dalam tingkatan tertentu dapat menyebabkan penebalan jantung hingga sampai tahap pembengkakan. Inilah yang akan membuat fungsi jantung menjadi terganggu. Menurunnya fungsi jantung atau gagal jantung dalam tahap yang berat dapat membuat penderitanya mengalami sesak napas meski hanya diam.

2. Stroke

Stroke ada hubungannya dengan jantung, dan penyakit ini juga berhubungan dengan hipertensi. Hipertensi yang tinggi dapat menyebabkan meningkatnya resiko stroke. Hal ini terjadi akibat kurangnya oksigen secara mendadak di sel otak yang disebabkan oleh penyumbatan atau peahnya pembuluh darah otak. Gejala stroke yang bervariasi seperti bicara pelo, bibir miring, lumpuh sebelah badan bahkan hingga kematian.

3. Kebutaan/gangguan penglihatan

Pada penderita hipertensi, hal yang juga ditakutkan akan terjadi adalah masalah kebutaan atau gangguan penglihatan. Penglihatan akan semakin berkurang hingga mencapai pada titik kebutaan. Gejala awal yang ditimbulkan adalah pandangan buram atau penglihatan menjadi ganda. Banyak orang yang tidak menyadari hal ini. Ini adalah gejala yang patut diwaspadai.

4. Gagal ginjal

Gagal ginjal juga akan mengintai bagi mereka yang menderita hipertensi. Hal ini disebabkan karena banyak orang yang takut kalau obat-obatan hipertensi dapat menyebabkan gagal ginjal. Padahal sebenarnya obat-obatan hipertensi baik untuk ginjal dan dapat mencegah kerusakan ginjal. Oleh sebab itu pengobatan sangatlah penting agar hipertensi teratasi dan terbebas dari gagal ginjal.

Demikianlah informasi tentang 4 Peyakit Mematikan yang Disebabkan Hipertensi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef