4 Penyakit yang Mengancam Kesehatan Jantung

Penyakit yang mengancam kesehatan jantung - Jantung adalah salah organ tubuh yang memiliki peran sangat penting bagi tubuh kita. Peran utama jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Jika kesehatan jantung terganggu, maka jantung pun tidak akan terpompa dengan maksimal. Oleh sebab itu kita harus selalu menjaga kesehatan jantung agar tetap berfungsi dengan normal dan bekerja maksimal.

Untuk menjaga kesehatan jantung, yang paling utama kita lakukan adalah menerapkan pola hidup sehat, makan teratur dengan kandungan gizi yang cukup, dan juga jangan lupa olahraga teratur serta istirahat cukup. Dengan begitu, anda bisa menjaga kesehatn jantung serta kesehatan keseluruhan tubuh anda.

Berbicara tentang jantung, apa saja sih penyakit yang bisa mengancam kesehatan jantung? Mungkin banyak orang yang belum mengetahui hal ini. Untuk menambah pengetahuan dan untuk berjaga-jaga, berikut ini empat penyakit yang dapat mengancam kesehatan jantung:

4 Penyakit yang Mengancam Kesehatan Jantung
4 Penyakit yang Mengancam Kesehatan Jantung

1. Kegemukan atau obesitas

Orang yang mengalami kegemukan biasanya akan berakhir dengan diabetes. Hal ini akan menjadi faktor utama yang menyebabkan penyakit jantung. Sebab, orang yang gemuk atau obesitas menyimpan tumbukan lemak yang banyak dalam tubuhnya. Hal ini akan mempengaruhi tekanan darah dan mengganggu kerja insulin. Insulin berguna untuk memproses glukosa  yang berasal dari makanan yang anda konsumsi. Jika insulin tidak berkerja dengan baik, maka dapat menyebabkan diabetes yang berujung pada penyakit jantung.

2. Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi dimana tekanan darah seseorang mengalami peningkatan yang cukup tinggi yang melebihi batas maksimal. Ketika seseorang mengalami hipertensi, jantung akan bekerja lebih keras memompa darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang akan menyebabkan jantung menjadi lebih tebal dan kaku. Ini akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada jantung secara perlahan.

3. Kolesterol tinggi

Kolesterol dalam tubuh ada yang baik dan ada yang jahat. Kolesterol baik ini akan membantu menjaga kesehatan tubuh anda. Dan kolesterol jahat akan menjadi penyebab datangnya penyakit, salah satunya adalah jantung. Kolesterol adalah zat lemak yang ditemukan di semua sel tubuh. Kolesterol yang tinggi tersebut dapat menyebabkan penumpukan lemak di lapisan dalam arteri yang membentuk plak. Hal ini dapat mempersempit aliran arteri yang beresiko terkena stroke.

4. Diabetes

Bagi seseorang yang menderita diabetes akan mengalami penyakit jantung kardiovaskular dua kali lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak menderita diabetes. Hal ini menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang membuat penderitanya sangat rentan terserang hipertensi. Namun, banyak penderita diabetes tidak menyadari hal ini. Mereka baru sadar setelah sarah dan pembuluh darah rusak dan kemudian terserang penyakit jantung.

Demikianlah informasi tentang 4 Penyakit yang Mengancam Kesehatan Jantung. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef