Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

Nutrisi yang wajib dikonsumsi ibu hamil - Bagi para wanita, memang sangat penting untuk mengetahui berbagai macam nutrisi dan gizi yang dibutuhkan saat masa kehamilan. Sebab kalau sudah tiba saatnya masa kehamilan, wanita harus benar-benar memenuhi nutrisi dan gizi yang dibutuhkan.

Berbicara tentang ibu yang sedang hamil, ada banyak hal yang harus diketahui oleh sang ibu hamil. Salah satunya adalah macam-macam nutrisi dan gizi yang dibutuhkan. Selain itu juga perlu memiliki pengetahuan mengenai olahraga yang perlu dilakukan secara rutin saat masa kehamilan. Saat masa hamil tidak boleh sembarangan makan makanan dan tidak boleh berlebihan berolahraga. Hal itu akan berpengaruh pada bayi yang dikandungnya.

Ada beberapa jenis nutrisi yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Nutrisi ini tidak boleh ditinggalkan setiap harinya. Usahakan untuk selalu menyediakan makanan setiap hari yang mengandung nutrisi dan gizi yang telah menjadi ketentuan. Berikut ini nutrisi yang wajib dikonsumsi ibu hamil:
Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil
Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

1. Asam folat

Nutrisi pertama yang penting untuk dikonsumsi seorang ibu hamil adalah asam folat. Asam folat sangat penting dikonsumsi sebelum kehamilan dan trimester pertama untuk membantu cacat saraf. Nutrisi ini sangat direkomendasikan untuk semua wanita selama 12 minggu pertama kehamilan. Konsumsilah makanan atau minuman yang mengandug asam folat selama kehamilan.

2. Omega 3

Omega 3 bisa didapatkan dari berbagai macam makanan seperti ikan laut, yaitu ikan tuna dan sebagainya. Omega 3 akan memberikan kontribusi untuk perkembangan otak dan mata bayi. Jadi, konsumsilah makanan yang mengandung omega 3 dari ikan maupun sayur untuk meningkatkan kesehatan bayi.

3. Vitamin D

Vitamin D juga sangat penting untuk dikonsumsi ibu hamil. Kandungan vitamin D ini dapat memelihara tulang yang normal melalui kalsium dan penyerapan fosfor. Oleh sebab itu wanita yang hamil harus melengkapi diet hariannya dengan mengkonsumsi vitamin D. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari susu atau makanan dan minuman lainnya.

4. Zat besi

Wanita hamil membutuhkan makanan atau minuman yang mengandung zat besi. Zat besi ini dapat mendukung pembentukan sel darah merah yang normal. Nutrisi ini akan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat saat masa kehamilan. Untuk mendapatkan zat besi anda bisa memilih bayam, kangkung, kacang-kacangan, telur, susu, dan lainnya.

5. Iodine

Iodin atau yodium adalah suatu mineral yang berkontribusi untuk fungsi kognitif. Konsumsilah iodine pada saat 12 minggu pertama kehamilan ibu. Ini bertujuan untuk perkembangan otak bayi. Untuk mendapatkan iodine, anda bisa mengkonsumsi rumput laut, susu sapi, dan telur. Konsumsilah secara rutin setiap hari.

Demikianlah informasi tentang Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef