Manfaat Luar Biasa Memaafkan untuk Kesehatan

Manfaat luar biasa memaafkan untuk kesehatan - Kata 'MAAF', itu memang kata yang terdengar sangat sederhana. Namun anda harus tahu kalau kata maaf tersebut memiliki arti yang sangat besar dan sangat dalam. Jika ada seseorang mengucapkan kata maaf pada anda, itu berarti tandanya dia telah membuka pintu perdamaian dan juga kasih sayang kepada anda.

Yang perlu anda tahu adalah 'memaafkan itu lebih baik daripada dimaafkan'. Jadi, meskipun anda salah atau tidak salah, meminta maaf itu lebih baik daripada anda menunggu dia meminta maaf. Meminta maaf atau memaafkan menyimpan banyak manfaat yang bisa anda rasakan. Namun sayangnya banyak orang yang tidak menyadari akan hal ini.

Anda pernah merasa hati anda menjadi lebih tenang ketika memaafkan seseorang? Itulah salah satu manfaat yang anda dapatkan, namun anda tidak menyadarinya. Berikut ini beberapa manfaat luar biasa dari memaafkan untuk kesehatan:

Manfaat Luar Biasa Memaafkan untuk Kesehatan
Manfaat Luar Biasa Memaafkan untuk Kesehatan

1. Menurunkan tingkat stres

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Hope Collage, bahwa memaafkan orang lain akan mengeluarkan hormon kortisol lebih rendah. Hormon ini akan keluar saat kita mengalami stres. Hormon ini akan mengakibatkan perubahan proses metabolisme tubuh, gula darah akan menjadi naik dan terjadi resistensi hormon insulin. Sehingga jika anda mudah memaafkan, maka akan lebih terhindar dari stres.

2. Menurunkan tekanan darah

Ketika anda memaafkan orang lain yang pernah salah kepada anda, tekanan darah anda akan menjadi turun. Sedangkan ketika anda memulai dendam, maka tekanan darah akan menjadi naik. Jika anda tidak mau memaafkan, maka akan cenderung menaikkan darah dan bisa sampai penyakit stroke. Mudahlah memaafkan agar tekanan darah anda bisa stabil.

3. Menjaga jantung tetap sehat

Memaafkan orang lain bisa menjaga kesehatan jantung anda. Hal ini pernah ditunjukkan oleh suatu studi, bahwa orang yang sering mendendam cenderung memiliki denyut jantung yang lebih tinggi. Sementara mereka yang lebih mudah memaafkan, cenderung lebih rendah detak jantungnya. Jika anda ingin jantung anda tetap sehat, maka mudahlah memaafkan.

4. Menurunkan rasa sakit

Apakah anda memiliki rasa sakit pada emosional maupun fisik? Dengan memaafkan setiap kesalahan orang lain, sakit yang anda rasakan tersebut akan perlahan sembuh. Hal ini pernah ditunjukkan pada sebuah penelitian di University Medical Center, bahwa orang yang memiliki sakit punggung dan yang mudah memaafkan memiliki tingkat kesembuhan lebih banyak daripada mereka yang memiliki sakit punggung tapi memiliki sifat pendendam.

5. Memperpanjang hidup

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahwa orang yang cenderung memaafkan akan bisa hidup lebih lama dari pada mereka yang mereka yang tidak mau memaafkan atau pendendam. Artinya, mereka yang tidak suka memaafkan orang lain, kesehatannya akan lebih terganggu, baik itu kesehatan emosional maupun kesehatan fisiknya. 

Demikianlah informasi tentang Manfaat Luar Biasa Memaafkan untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef