6 Cara Mudah Jaga Kebersihan Dan Kesehatan Usus

Cara Mudah Jaga Kebersihan Dan Kesehatan Usus - Usus merupakan salah satu organ dalam sistem pencernaan yang berfungsi menyerap sari-sari makanan yang akan digunakan sebagai energi  sebelum makanan dibuang melalui saluran pembuangan. Peran usus dalam sistem pencernaan cukup vital untuk itu wajib bagi kita semua untuk menjaga kesebersihan dan kesehatan usus.

Usus kita setiap harinya akan dilewati oleh makanan yang kita konsumsi. Jadi usus sangat berpotensi terserang penyakit, terlebih ketika kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat atau mengandung bahan kimia, seperti pengawet, pemanis buatan, minyak, lemak dan lain sebagainya. Hal yang terparah adalah menyebabkan kanker usus. Untuk itu kita harus menjaga kesehatan usus kita dengan cara mengkonsumsi makanan sehat.

Selain mengkonsumsi makanan sehat, kita juga perlu menjaga kebersihan dan kesehatan usus dengan cara lainnya. Nah berikut cara mudah jaga kebersihan dan kesehatan usus.
6 Cara Mudah Jaga Kebersihan Dan Kesehatan Usus
Cara Mudah Jaga Kebersihan Dan Kesehatan Usus

1. Mengkonsumsi makanan segar

Yang pertam yang harus anda lakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan usus adalah dengan mengkonsumsi makanan segar. Makanan segar yang bebas dari pengawet akan membuat usus menjadi lebih sehat, makanan mudah dicerna sehingga usus akan menjadi bersih dan sehat. Untuk itu pilihlah makanan yang masih dalam keadaan segar.

2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung bakteri probiotik

Tidak semua bakteri berbahaya untuk kesehatan, ada bakteri baik yang justru menyehatkan, salah satunya yaitu bakteri probiotik. Bakteri probiotik mampu meningkatkan produksi bakteri baik di dalam usus, nah bakteri baik tersebut akan menjaga kesehatan usus, sehingga usus akan menjadi lebih sehat.

3. Mengurangi konsumsi gula

Gula atau makanan manis memang tak baik untuk kesehatan,  gula atau makanan manis dapat menyebabkan diabetes, selain itu juga dapat meningkatkan asam lambung, serta mendorong empedu bekerja lebih keras. Sedangkan didalam usus, gula akan menumbuhkan bakteri jahat yang akan merusak usus, sehinggga usus akan terancam penyakit. Untuk itu baiknya kita kurangi dalam mengkonsumsi gula agar usus kita tetap sehat.

4. Makan dengan porsi kecil namun sering

Cara berikutnya yaitu dengan makana porsi kecil namun sering. Hal ini akan membuat sistem kerja usus menjadi lancar. Berbeda ketika anda jarang makan, ketika sekali makan dengan porsi besar, hal tersebut akan membuat usus harus bekerja keras. Akibatnya kinerja usus menjadi terganggu, dan usus beresiko terserang penyakit.

5. Kurangi stress

Stres memang tidak baik untuk kesehatan, sters selain dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan serangan jantung, stres juga berdampak pada kesehatan usus. Menurut para peneliti, stres dapat membuat usus meradang yang kemudian akan mengganggu sistem saraf parasimpatis yaitu saraf yang berfungsi mengonstrol gerakan usus.

6. Istirahat yang cukup

Cara terakhir yaitu dengan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup tidak hanya menyehatkan usus, namun juga menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Istirahat yang ideal adalah tidur 8 jam dalam semalam. Istirahat yang cukup sangat baik untuk mengontrol rasa lapar dan kenyang, sehingga baik juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Demikianlah informasi tentang 6 Cara Mudah Jaga Kebersihan Dan Kesehatan Usus. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef