5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Penyebab menstruasi tidak teratur -  Siklus menstruasi yang tidak terartur memang terkadang membuat hati tidak tenang. Sebab hati kita pasti akan merasa khawatir jangan-jangan ini tanda ada yang bermasalah pada kesehatan kita. Memang itulah yang terjadi.

Berbicara tentang siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak menentu, selalu menjadi perhelatan kesehatan yang dialami setiap wanita. Bagi wanita yang sudah menikah, mungkin keterlambatan menstruasi menjadi tanda kalau dirinya sudah masuk awal kehamilan. Namun juga bisa saja kalau keterlambatan ini merupakan tanda adanya masalah dalam tubuh. Ya, yaitu kesehatan yang menurun dan sebagainya.

Ada banyak penyebab yang membuat siklus menstruasi tidak beraturan. Dan penyebab ini juga mungkin sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Jika anda mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, coba lihat apakah anda pernah melakukan lima penyebab dibawah ini:
5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur
5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

1. Stres

Stres adalah salah satu faktor penyebab siklus menstruasi anda tidak teratur. Adapun stres yang dimaksud bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya stres karena pekerjaan yang menumpuk dan sebagainya. Perkembangan hormon stres memiliki efek negatif terhadap siklus menstruasi wanita. Oleh sebab itu kelolalah stres dengan baik.

2. Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon disebabkan karena adanya fluktuasi hormonal yang mempengaruhi siklus mensruasi. Jika anda mengalami hal demikian, maka anda harus segera konsultasi pada dokter terdekat untuk diberikan penanganan yang tepat.

3. Penurunan atau kenaikan berat badan

Biasanya wanita yang mengalami penurunan atau kenaikan berat badan secara ekstrim atau seketika, maka akan mengalami ketidakteraturan siklus menstruasi juga. Hal ini berkaitan antara lemak dan siklus menstruasi. Segeralah konsultasi pada dokter anda terdekatuntuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jangan lupa selalu lakukan usaha untuk menormalkan kembali berat badan.

4. Olahraga berlebihan

Olahraga memang merupakan aktivitas yang sangat baik, namun jangan sampai anda berolahraga berlebihan. Olahraga berlebihan dapat berdampak buruk pada siklus menstruasi. Ya, siklus menstruasi pada diri anda akan terganggu dan tidak teratur. Olahragalah secara teratur jangan jangan sampai berlebihan meski itu menyenangkan bagi anda.

5. Eating disorder

Wanita yang menderita bulimia atau anoreksia, biasanya akan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Jika anda ingin memperbarui atau memperbaiki agar siklus menstruasi anda bisa teratur kembali, maka yang perlu anda lakukan adalah merubah gaya hidup menjadi lebih baik dan menjalankan diet yang tepat agar permasalahan ini bisa dicegah.

Demikiankah informasi tentang 5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef